OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata Terbaik di Indragiri Hilir, Kamu Pasti Nyesel jika Melewatkannya

Indragiri Hilir atau yang bisa disebut dengan Inhil adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Riau, dan berbatasan langsung dengan selat Karimata. Meskipun demikian, Inhil justru tak memiliki destinasi wisata pantai yang menawan, karena memang sebagian besar pesisirnya adalah tanah yang berlumpur dan penuhi oleh hutan bakau. Namun bukan berarti Inhil tak memiliki destinasi wisata menarik, karena setidaknya masih ada 10 destinasi wisata menawan di Inhil yang wajib untuk kamu kunjungi. Jangan sampai menyesal karena telah melewatkannya!

Agrowisata Kelapa

Sumber: www.inhilnanmolek.com

Inhil adalah salah satu kabupaten penghasil kelapa terbesar di Riau. Hampir di setiap sudut Inhil kamu akan menemukan kebun kelapa milik warga atau pun pemerintah. Nah, jika kamu ingin berwisata sekaligus berlibur, tak ada salahnya kamu berkunjung ke agrowisata kelapa. Di sana kamu bisa berkeliling perkebunan kelapa dengan menaiki sampan yang melaju membelah sungai.

Air Terjun 86

Sumber: www.inhilnanmolek.com

Selanjutnya ada Air Terjun 86, yang masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini berasal dari Sungai Abang, sehingga tak mengherankan jika memiliki aliran air yang cukup deras. Ketika aliran airnya tak begitu deras, biasanya para pengunjung akan memanfaatkan kubangan di bawah air terjun untuk berenang atau sekedar bermain air.

Air Terjun Tembulun Rusa

Sumber: metroterkini.com

Kemudian ada Air Terjun Tembulun Rusa, yang terletak sekitar 2 km di sebelah utara desa Batu Ampar. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan kedalaman kedung 1,5 meter. Akses menuju ka Air Terjun Tembulun Rusa juga sudah cukup memadai, dan juga bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Jadi tak mengherankan, jika objek wisata ini sering kali menjadi jujugan para wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka.

Bukit Berbunga

Sumber: jalanwisata.id

Setelah itu ada Bukit Berbunga, objek wisata dengan keindahan alam yang mampu menyihir mata setiap pengunjung. Dari atas bukit dengan ketinggian 150 mdpl ini kamu bisa melihat keindahan alam berupa barisan pegunungan dengan hamparan pepohonan hijau yang rindang. Lokasinya yang berada di ketinggian juga membuat bukit ini memiliki suasana sejuk dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Event Wisata Menongkah

Sumber: www.inhilnanmolek.com

Di Inhil juga terkenal dengan suatu event yang bernama wisata menongkah, yang merupakan ritual budaya suku Duano. Para peserta di acara ini akan bersama-sama mencari kerang di padang lumpur dengan menggunakan sebilah papan yang terbuat dari pohon besar yang sudah tua. Jika dilihat secara sekilas, kegiatan Menongkah seperti halnya berselancar di padang lumpur.

Event Wisata Sampan Leper

Sumber: detikriau.org

Kemudian ada juga Sampan Leper, yang tak ubahnya seperti balapan mendayung perahu. Namun mereka melakukannya bukan di atas air, melainkan di atas lumpur. Event ini bisa dengan mudah kamu jumpai di Kuala Getek, Kecamatan Tembilahan.

Hutan Mangrove Mandah

Sumber: www.lantangriau.com

Sepeerti yang sudah disebutkan di awal, jika Inhil memiliki banyak kawasan pesisir yang berlumpur dan ditumbuhi hutan bakau. Salah satu kawasan hutan bakau yang terkenal di Inhil adalah Hutan Mangrove Mandah, yang memiliki pemandangan sejuk dari rindangnya pohon bakau. Kesejukan suasana yang ditawarkannya membuat tempat ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Inhil.

Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq

Sumber: cinta-wali.blogspot.com

Jika kamu ingin berwisata religi, kamu bisa berkunjung ke makam Syeikh Abdurrahman Siddiq. Beliau adalah seorang ulama besar di Inhil, yang kemudian Mufti pada masa Kerajaan Indragiri dan meninggal dunia pada tahun 1939 silam. Di samping makam sang ulama juga dibangun masjid Al-Hidayah, yang telah berdiri sejak awal abad ke-19.

Pantai Solop

Sumber: www.pantainesia.com

Selanjutnya ada pantai Solop, yang biasa disebut juga dengan pantai lumpur. Karena memang pantai ini tak dihiasi oleh pasir seperti halnya pantai pada umumnya, melainkan didominasi oleh lumpur. Waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah di saat senja, di mana pemandangan sunrise akan terlihat sangat menawan.

Telaga Mablu

Sumber: ifanobi.com

Yang terakhir adalah telaga Mablu, yang memiliki suasana hening dan udara yang sejuk. Kondisi itu lah yang membuat para pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di sana. Bagaimana, apakah kamu juga tertarik ke sana?

Comments

Loading...