OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Maluku Tenggara

Embal

Sumber: Instagram @ichaiiry22

Perkenalkan namanya, Embal. Ini makanan paling khas dari Maluku Tenggara. Embal terbuat dari bahan dasar singkong yang telah diolah menjadi tepung. Namun, tepungnya ini dibuat sendiri, loh.

Singkong yang sudah diambil dari hutan kemudian diparut. Hasil parutan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah karung, dan ditekan oleh batu lalu dibiarkan semalaman, supaya air dari singkongnya menjadi tepung. Nantinya si tepung inilah bisa yang digunakan untuk membuat embal.

Varian embal ada berbagai macam, diantaranya embal kacang, embal love, embal tumpeng dan masih banyak yg lainnya. Akibatnya, rasa embal pun jadi beragam. Ada yang hambar, asin dan manis.

Biasanya kalau yang hambar disajikan dengan ikan dan daun pepaya. Sementara khusus embal love dan kacang cenderung dimakan dengan cara dicelup pada the, susu dan kopi, supaya semakin nikmat. Kedua jenis Embal ini juga bisa bertahan sampai tiga bulan, loh! Makanya cocok banget diborong jadi oleh-oleh.

Sambal Colo-Colo

Sumber: Instagram @dapurfoody

Beralih ke sambal-sambalan.  Sambal colo-colo namanya. Sambal ini terbuat dari perpaduan cabe rawit merah dan hijau, tomat hijau, bawang merah, gula pasir, daun kemangi, jeruk lemon,  gula dan garam.

Sambal Colo-Colo terkenal akan rasa pedasnya yang segar sehingga sangat enak jika dimakan sebagai pelengkap dari ikan bakar. Bagi anda pecinta sambal, kuliner pedas yang satu ini pun tidak boleh gagal masuk keranjang oleh-oleh anda.

Kue Langar

Sumber: Instagram @permata.travel

Satu lagi makanan khas Maluku Tenggara yang terbuat dari bahan dasar singkong  yaitu Kue Langar. Kue ini dibuat dari singkong yang disangrai setengah matang lalu disirami dengan santan. Kemudian digumpal-gumpal hingga menyerupai anyaman barulah digoreng dengan minyak panas. Kebayangkan, gimana lezatnya? Nyam …nyam.

Oh, ya, kue ini juga memiliki banyak rasa, ada rasa cokelat, keju, pandan dan lain-lain. Selain itu hadir pula dalam bentuk stick. So, silahkan pilih sesuai selera anda.

Lat

Sumber: Instagram @pus_v

Bisa dibilang ini adalah salatnya masyarakat Maluku tenggara. Yup, makanan ini terbuat dari rumput laut segar yang ditambahkan irisan bawang putih, bawang merah, cabe serta perasan jeruk nipis.

Tekstur rumput laut pada Lat yang notabene menggelembung-gelembung akan pecah ketika dikunyah dimulut dan memberikan sensasi kenikmatan khas tersendiri.Dijamin Lat akan membuat lidah anda kecanduan ingin memakannya lagi dan lagi.

Ikan Asar

Sumber: Instagram @_yona27

Ikan ini juga bisa dibilang sebagai ikonnya Maluku. Dalam bahasa Indonesia asar berarti di asap. So, Ikan Asar jadinya adalah ikan yang dimasak dengan cara di asap ataupun dibakar sampai kering setelah dibumbui.

Bahan bakunya sendiri biasanya dari Ikan Sapuda, Ikan Komo, dan lain-lain. Akan lebih lezat lagi ketika Ikan Asar dimakan dengan Sambal Colo-Colo dan Embal. Rasanya lebih dari kata nikmat. Jangan terlewatkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh anda.

Sirsir

Sumber: Instagram @theafk1026

Nama yang cukup unik untuk sebuah makanan. Sayuran ini berupa tumisan bunga pepaya dan daun singkong yang ditambahkan dengan santan pukat. Rasanya segar bercampur sedikit pahit sehingga memberikan sensasi nikmat tersendiri ketika anda menyantapnya. Karena saking uniknya, masyarakat Maluku Tenggara juga sampai memiliki lagu tentang Sirsir, loh.

Ulat Sagu

Sumber: Instagram @thurson.joe

Bukan hanya sagunya saja yang diolah menjadi beragam jenis makanan, namun ulatnya pun ikut dimanfaatkan. Walaupun terbilang cukup ekstrim, Ulat Sagu sangatlah digemari oleh masyarakat Maluku Tenggara.

Oh, ya, Ulat Sagu juga kaya akan gizi yang yang tinggi. Sayangnya, tidak semua desa di Maluku Tenggara menjual kuliner yang satu ini. Jika anda beniat membelinya silahkan kunjungi Desa Waun dan Samawi. Dijamin pasti ada di sana.

Kasuami

Sumber: Instagram @frans_patadungan

Kasuami pun terbuat dari singkong. Namun, singkongnya sudah diparut dan diperas airnya keluar. Singkong tersebut lalu dipadatkan sampai menyerupai kerucut, lalu dikukus hingga mengeluarkan aroma wangi yang menggoda.  Soal, rasa pastinya tidak akan membuat lidah anda menyesal. Pokoknya manis dan lezat!

Sanole

Sumber: Instagram @asniatiahmad

Selain terkenal dengan Kue Langar, Maluku Tenggara pun punya satu lagi kue manis nan lezat yaitu Sanole.

Sanole terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa. Pada bagian tengahnya disisipkan gula merah, sehingga saat digigit menguarlah rasa manis yang nikmat dilidah.

Rujak Natsepa

Sumber: Instagram @bivbakingandcooking

Berbeda dari rujak pada umumnya, Rujak Natsepa mempunyai rasa pedas dan manis yang cukup unik. Bumbu kacang dan cabe merah di dalamnya menghadirkan pengalaman kenikmatan baru dalam menyantap rujak.

Cocok dijadikan pencuci mulut setelah makan nasi. Bawalah sekotak atau dua kotak, biarkan keluarga atau teman-teman dekat anda tahu betapa enaknya Rujak Natsepa ini.

 

Comments

Loading...