OUR NETWORK

Air Terjun Talun Sarulo, Bukti Keindahan Alam Jambi

Alam Indonesia itu memang indah, jadi kamu gak perlu liburan ke luar negeri jika hanya ingin menikmati pemandangan alam yang menawan. Nah, dari sekian luasnya wilayah Indonesia, ada salah satu kabupaten yang menyimpan keindahan alam menakjubkan, yakni Jambi. Ngomong-ngomong tahu kan di mana letak Jambi? Ya, Jambi adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan Sumatera Selatan, Bengkulu, Sumatera Barat, dan Riau.

Meskipun keindahan alamnya tidak seterkenal seperti Bali atau Lombok, namun Jambi tetap menjanjikan pemandangan yang menawan. Oleh sebab itu, berkunjung ke Jambi tidak akan lengkap jika kamu tak coba merasakan sendiri bagaimana keindahan alamnya. Banyak pilihan wisata alam di Jambi, mulai dari pantai yang eksotis, pegunungan yang hijau, hingga air terjun yang menyejukkan. Untuk kamu yang butuh suasana tenang dan damai untuk menyegarkan pikiran, air terjun rasanya adalah pilihan yang pas untuk dikunjungi. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Jambi, kamu wajib berkunjung ke Air Terjun Talun Sarulo. Belum pernah kenal dengan air terjun ini? Langsung saja simak ulasan yang berikut ini.

Lokasi Air Terjun Talun Serulo

Apabila dilihat secara administratif, Air Terjun Talun Serulo berada di Desa Pondok Delapan, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Sarolangun sendiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di sebelah selatan Kota Jambi dengan jarak sekitar 186 km. Dari pusat kota Sarolangun, kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 4 hingga 5 jam menuju ke Kecamatan Batang Asai. Lamanya waktu tempuh tak lepas dari kondisi jalan rusak dan bahkan sering kali tertutup oleh tanah longsor ketika musim hujan tiba. Meskipun demikian banyak pilihan untuk bisa menuju ke Batang Asai, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menggunakan travel dengan biaya sebesar 70 hingga 80 ribu rupiah per orang.

Setelah menempuh perjalanan panjang, kamu harus turun di Desa Pondok Delapan untuk kemudian berjalan membelah persawahan warga dan hutan belantara untuk menuju ke Air Terjun Talun Serulo. Persiapkan fisikmu, karena perjalanan menuju ke Air Terjun Talun Serulo akan memakan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan.

Pesona Air Terjun Talun Serulo

Sumber: @Mangaloksa Hasibuan

Usai menempuh perjalanan panjang yang melelahkan, kamu akan tiba di Air Terjun Talun Serulo. Air terjun yang masih perawan dan tersembunyi di balik hutan belantara Jambi. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun tetap memiliki keindahan yang mempesona dan airnya pun masih sangat segar serta menyejukkan. Ditambah dengan suasana yang sepi dan masih asri, berada di Air Terjun Talun Serulo benar-benar akan membuatmu lupa akan penatnya kehidupan di kota. Suara burung yang bersahut-sahutan dan suara gemericik air yang mengalun indah akan menemani sepanjang waktumu di Air Terjun Talun Serulo. Bebatuan besar yang berada di bawah air terjun seakan menambah indah lukisan Tuhan.

Aktivitas di Air Terjun Talun Serulo

Sumber: Instagram@rahimsaipul

Untuk menghilangkan rasa lelah selama di perjalanan, kamu pun bisa mandi atau sekedar bermain air di Air Terjun Talun Serulo. Karena memang air terjun ini tak memiliki aliran air yang deras dan kolam di bawahnya pun tidak terlalu dalam. Ditambah dengan air yang masih bersih dan sangat menyegarkan, mandi di Air Terjun Talun Serulo akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Untuk kamu yang tidak ingin basah-basahan, duduk di atas bebatuan sembari menikmati keindahan alam sekitar dan suara kicauan burung juga bisa menjadi pilihan yang pas. Mau foto? Jangan khawatir, dengan kondisi alam yang masih sangat alami membuat Air Terjun Talun Serulo memiliki banyak spot yang Instagramable.

Fasilitas di Air Terjun Talun Serulo

Sumber: @Mangaloksa Hasibuan

Lokasinya yang jauh berada di pedalaman hutan membuat Air Terjun Talun Serulo tak memiliki fasilitas pendukung untuk para pengunjung. Karena memang air terjun yang satu ini masih benar-benar alami, begitu pun dengan alam di sekitarnya. Oleh sebab itu ada baiknya kamu mempersiapkan semua perbekalan atau pun peralatan dari rumah atau ketika sampai di Desa Pondok Delapan. Meskipun tak ada fasilitas pendukung, dengan keindahannya Air Terjun Talun Serulo tetap layak menjadi destinasi wisata pilihanmu.

Comments

Loading...