OUR NETWORK

10 Wisata di Mimika yang Bikin Anda Susah Move On

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Sebentar lagi libur akan segera tiba, perayaan hari raya yang dinantikan bersama dengan keluarga adalah momen yang selalu ditunggu. Perayaan ini terasa hambar bila tidak pergi ke suatu tempat dan menikmati keindahan alam Indonesia. Salah satunya pesona kabupaten Mimika, Papua.

Mengunjungi Papua memang membutuhkan tenaga dan juga materi yang tidak sedikit. Tetapi, semua pengorbanan ini akan terbayar lunas. Saat kita melihat bentang alam Papua yang benar-benar menggoda, bagaikan sebuah emas yang siap untuk diambil begitu saja. Baiklah, berikut ini adalah 10 Objek Wisata di Mimika yang wajib anda kunjungi.

Kuala Kencana

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Kuala kencana adalah salah satu distrik yang seluruhnya adalah milik Freeport. Salah satu daya tarik dari kawasan ini adalah tugu cendrawasih yang dikelilingi oleh air. Pemandangan yang pastinya membuat kita semua takjub. Menariknya lagi, tugu ini merupakan hasil kerajinan rakyat Papua.

Untuk masuk ke Kuala Kencana memang membutuhkan proses yang sedikit rumit. Karena, sebenarnya kawasan ini tidak digunakan sebagai kawasan pariwisata. Sehingga, yang boleh masuk hanya mereka yang menggunakan tanda pengenal karyawan Freport.

Bila anda mengunjungi kota ini, jangan heran bila disini kita tidak akan menemui tiang listrik atau juga kabel telepon. Karena, disini sudah menggunakan underground utilities. Sehingga, semuanya berada di dalam tanah.

Mengunjungi Kuala Kencana memang membuat anda betah. Lantaran, kawasan ini masih sangat asri. Memang sudah dihuni oleh beberapa keluarga tetapi, kebersihan ketenangan dan kedamaiannya itu yang membuat kita semua enggan untuk beranjak dari sini.

Waterboom SP 3

Sumber Gambar: Instagram @faradisa_edutoys

Mau bermain air seperti layaknya di kota-kota besar di Jawa? Tenang, tidak usah khawatir karena, di Mimika sudah hadir Waterboom SP 3 yang menawarkan keceriaan dan keseruan yang sama. Walau, beberapa fasilitas memang belum ada. Namun, water slide dan ember tumpah masih mampu membius setiap pengunjung yang datang dan ingin menikmati hari libur mereka disini.

Masjid Raya Babusalam

Sumber Gambar: anugerahkubah.com

Tidak hanya wisata alam dan juga buatannya saja yang terkesan menarik tetapi, di Mimika kita juga akan di sambut dengan wisata religi nan mengesankan. Namanya adalah Masjid Raya Babusalam. Terletak di Jl. KH. Dewantoro, Keluaran Kwamki, Kecamatan Mimika Baru, Kabupaten Mimika.

Inilah masjid terbesar di Mimika yang terdiri dari 60 an masjid yang berdiri di kabupaten ini. keistimewaan dari masjid ini terletak di arsiktekturnya yang memang mengesankan. Dengan warna dominannya adalah hijau.

Gresberg Mine

Sumber Gambar: asiatimes.com

Mau lihat penambangan PT Freeport Indonesia? Datanglah ke Gresberg Mine dimana, kita akan disajikan dengan beberapa tambang raksasa yang bisa dilihat dari kereta gantung yang disediakan.

Disini ada beberapa mine tour. Termasuk mine tour untuk umum, yang lebih menarik saat bertemu dengan suku kamoro yang merupakan suku asli dari kawasan Freeport ini. bila tertarik anda bisa menghubungi pihak pengelola. Karena, tour ini hanya terbatas.

Kali Iwaka

Sumber Gambar: mimikakab.go.id

Kembali lagi ke Kuala Kencana. Dimana, banyak wisatawan yang akan menyerbu objek wisata ini, namanya adalah Kali Iwaka. Objek wisata ini bisa dikatakan sebuah sungai yang biasa digunakan untuk masyarakat berenang. Airnya sangat jernih. Ada pula satu spot yang menambah keseruan dari kawasan ini yaitu, sebuah pohon tumbang yang bisa dijadikan sebagai aksi melompat. Mengingat kedalaman air di sekitar pohon ini cukup dalam.

Wisata Keakwa

Sumber Gambar: suarapapua.com

Keakwa adalah sebuah pantai di pinggiran Mimika. Dimana, kita akan disuguhkan dengan kekayaan ikannya seperti kepiting, udang, konon katanya, objek wisata ini dahulu sebagai basis utama jepang melawan sekutu. Menariknya dari kawasan ini adalah kita bisa melihat sisa-sisa perang dunia peralatan tempur seperti tank, meriam, peluru dan masih banyak lagi.

Pantai Kampus Biru

Sumber gambar: burhansyah12.blogspot.com

Kampus biru adalah kawasan pantai yang teduh dan menenangkan hati, ombaknya cukup tenang sehingga, kita bisa duduk dipinggir dan menikmati semuanya. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah sore hari. Sembari menanti matahari terbenam di tanah papua.

Ipaya

Sumber Gambar: mimikakab.go.id

Tempat ini sedang di proyeksikan menjadi pusat kota pariwisata di Timika. Ipaya sendiri terdiri dari tiga kampung yaitu Ipiri, Paripi, dan Yaraya. Keunggulan dari ketiganya adalah kebudayaan dan adat istiadat yang masih dijunjung tinggi. Serta kawasan pantai yang cantik nan menawan.

Kali Pindah-Pindah

Sumber Gambar: seringjalan.com

Sesuai dengan namanya, kali atau sungai ini alirannya memang sering  berpindah-pindah. Airnya sangat jernih dan dingin menyegarkan. Sekelilingnya dilengkapi dengan bebatuan yang dimanfaatkan wisatawan untuk duduk. Selain itu, ada pula pohon cemara yang menambah keindahan tempat ini.

Taman Nasional Lorentz

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Taman nasional ini memang wajib menjadi daftar kunjungan anda karena, didalamnya ada 34 vegetasi yang hidup. selain itu, kita juga bisa menikmati pantai panorama, akar-akar hutan bakau yang berjajar rapi dan menghasilkan kawasan fotogenik.

Akhirnya, berakhir sudah perjalanan kita menyusuri setiap sudut kabupaten Mimika. Keindahannya tidak kalah dengan Bali atau Lombok bukan? Sekedar informasi, bagi anda yang ingin mengunjungi kabupaten ini, anda harus siap dengan uang sebesar 2,5 juta rupiah untuk sekali berangkat. Jadi, kapan anda sekeluarga akan menghabiskan waktu disini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…