OUR NETWORK

Minang Fantasi, Tempat Hiburan Terbesar Di Sumatera

Sumber Gambar: pelangiholiday.com

Jika Jakarta memiliki Ancol, maka andalan Sumatera Barat adalah Mifan. Apa itu Mifan? Mifan adalah singkatan dari Minang Fantasi. Nah, objek wisata modern ini menawarkan banyak keseruan kepada pengunjungnya yang terbagi ke dalam 18 wahana waterpark dan drypark.

Wow, banyak sekali bukan? Tidak heran jika Mifan diklaim sebagai tempat hiburan terbesar di Sumatera dan terlengkap kedua di Indonesia. Mifan ini didirikan satu lokasi dengan Pusat Dokumetansi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Bagi anda yang penasaran seperti apa keseruan di Minang Fantasi? Berikan wisato.id sajikan ulasan selengkapnya.

Mengenal Lebih Dekat Minang Fantasi

Sumber Gambar: pelangiholiday.com

Mifan beralamat di Perkampungan Minangkabau Village, Silaing Bawah, Padang Panjang, Sumatera Barat. Jika anda datang dari Kota Padang, maka objek wisata ini bisa dicapai dengan menempuh jarak sekitar 68 KM. sementara jika anda berangkat dari Bukittinggi maka jarak yang ditempuh lebih sedikit lagi hanya 13 km saja.

Luas Minang Fantasi adalah 9,8 hektar. Objek wisata ini mulai beroperasi sejak Juni 2008 lalu. Dengan seluas itu, Mifan mampu menampung pengunjung sampai 25 ribu orang, loh. Uniknya, nih, lokasi Mifan benar-benar sangat alami dan hijau karena lokasinya berada di antara pegunungan bukit barisan. Selain, itu disana juga terdapat perkampungan Minangkabau yang bisa dipakai sebagai resort. Dengan kata lain Mifan berada pada konsep tradisional yang menjadikannya berbeda dengan objek wisata air lainnya yang kebanyakan cenderung menunjukkan sisi modern.

Sumber Gambar: instagram @elmineng_nasution

Minang Fantasi sendiri dikelola oleh sebuah perusahaan bernama PT Niagara Fantasy Island. Sebelum Mifan berdiri, lokasinya digunakan oleh The Minang Village. Dimana  dulunya dipakai untuk pusat penelitian Kebudayaan Minangkabau, juga sering digunakan untuk pelaksanaan perkemahan baik bersakala regional, nasional bahkan internasional. Nah, setelah Mifan berdiri bangunan dai Minang Village tersebut tetap dipertahankan namun fungsinya dirubah sebagai resort area.

Tahun 2019 pemerintah akan menggelar Kemah Budaya Nasional yang akan diikuti oleh berbagai peserta yang diambil dari seluruh provinsi di Indonesia, utusan dari beberapa negeri sahabat juga seluruh utusan kwacab di Sumatera barat. Acara ini bertujuan sebagai ajang mengenalkan lebih dekat budaya asli masyarakat Minangkabau.

Water Park dan Dry Park

Sumber Gambar: penginapan.net

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa wahana permainan yang terdapat di Mifan terbagi ke wahana permainan basah dan kering. Bagi anda yang suka dengan basah-basahan banyak permainan yang bisa anda coba seperti berbaring di atas pelampung sambil menikmati hijaunya perbukitan. Ini merupakan favorit para wisatawan dan sering dijadikan moment yang tepat untuk dijepret dan eksis ke social media. Sensasinya memang seru,  terlebih jika sambil berbaring tersebut sesekali anda membawa botol minuman berisi jus buah segar.

Tidak hanya itu bagi anda yang senang dengan permainan yang dapat memicu adrenalin maka cobalah untuk menaiki legend beach alias kolam ombak. Ketika berada di legend beach anda akan merasakan serta menikmati gelombang ombak buatan seolah sedang berada di tengah laut. Selain itu ada pula permainan. Anai Lazy River (kolam arus), Niagara Pool dan Open Slide yang tidak kalah serunya.

Sumber Gambar: junaydiimam.blogspot.com

Jika anda membawa si kecil maka bisa mencoba permainan khusus untuk anak-anak dan dewasa seperti bermain papan luncur terbuka, papan luncur berderet, kiddy pool, dan ember tumpah besar. Wah, dijamin deh pasti si kecil pun ceria sekali

Sumber Gambar: sumbar.travel

Bosan dengan water park, atau anda takut dengan air maka bisa mencoba wahana dry park-nya. Banyak wahana permainan yang bisa anda coba seperti menjadi pembalap dadakan di Go Cart, main Bombom Cart, Piring Terbang, Carousel, Outer Space Car dan masih bayak lagi.

Masih ingin berolahraga? Mifan menyediakan ruang biliar juga futsal. Apabila ingin nonton, tersedia pula bioskop empat dimensi. Lengkap sekali, bukan?

Bagaimana kalau lapar? Tenang, disana juga banyak tempat makan yang enak-enak, kok. Jika ingin lebih hemat maka anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah kemudian disantap dibawah pohon rindang ketika di Mifan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket ke Mifan adalah 40 ribu rupiah per orang. Harga ini berlaku dari senin sampai dengan jumat. Sementara untuk sabtu dan minggu atau libur nasional harganya lebih mahal lagi yaitu 50 ribu rupiah. Oh, ya, tiketnya bisa dipesan secara online dan offline ya. Jika sedang ada promo, baik itu dari pihak Mifan atau Travel Agent tarifnya bisa lebih murah lagi, loh.

Sumber Gambar: curcolbudol.com

Jam operasionalnya sendiri setiap senin sampai jumat buka pukul 10 pagi sampai 5 sore. Sedangkan weekend jauh lebih lama dari pukul 9 pagi sampai 6 sore.

Nah, untuk tarif penginapannya cukup bervariasi. Hal ini tergantung dengan ukuran dan jumlah hunian. Misalnya seperti Rumah Gadang Rajo Babandiang yang mampu menampung 50 orang, rumah ini disewakan dengan harga Rp 1,5 juta per malam. Lain lagi, dengan Rumah Gadang Rajo Maharam yang berkapasitas maksimal 40 orang, harga sewanya Rp 1,25 juta per malam.

Sumber Gambar: Instagram @thailookminangkabau

Apakah ada yang dibawah 1 juta? Ada, dong, anda bisa menginap di Rumah Gadang Pasisia, Rumah Gadang Tanah Datar dan Rumah Gadang Luhak Agam, tarif per malamnya hanya Rp 750 ribu dengan daya tampung maksimal 30 orang.  Setiap penginapan di Mifan juga telah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, perlengkapan makan, juga dapur.

Sumber Gambar: Instagram @rama_p13

Demikianlah ulasan lengkap tentang objek wisata keren, Minang Fantasi. Semoga bermanfaat bagi anda dan tunggu ulasan keren dan menarik berikutnya, ya. Hanya di wisato.id

Salam.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…