OUR NETWORK

10 Wisata Menarik di Muna Barat, dari Pantai yang Menawan Hingga Danau

Muna Barat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Sulawesi Tenggara, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Muna pada tahun 2014 yang lalu. Letaknya yang berada di tepi laut membuat Muna Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang cukup menarik, terutama pantai.

Bagi kamu yang berkunjung ke sana, rasanya tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke 10 tempat wisata yang berikut ini. Dijamin kamu tidak akan menyesal, karena memang keindahannya yang tiada duanya.

Pulau Indo

Sumber: Instagram @jelajahsultra

Pulau Indo adalah salah satu pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Muna Barat. Pulau yang satu ini hanya dihuni oleh 100 jiwa. Yang menarik dari Pulau Indo adalah keberadaan pantai berpasir putih yang masih sangat bersih. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Indo, rutenya adalah menyebrang dari Desa Guali dengan menggunakan perahu nelayan, dengan tarif sewa sekitar 20 ribu rupiah. Meskipun memiliki panorama yang memukau, namun Pulau Indo masih merupakan destinasi wisata baru di Muna Barat, jadi jangan heran kalau pulau yang satu ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

Air Sangia

Sumber: Instagram @salwah1016_

Sumber: Instagram @dedewenas

Air Sangia adalah pemandian umum yang di mana airnya bersumber langsung dari mata air. Sehingga jangan heran, kalau air di sini masih sangat bersih, dan membuat pemandian ini terlihat dangkal. Padahal pemandian ini memiliki kedalaman yang cukup bervariasi. Selain berenang, di sini kamu juga bisa menaiki sampan dari bambu. Air Sangia sendiri terletak di Desa Kabangka, Kabupaten Muna Barat.

Danau Gempol

Sumber: Instagram @rusita_yasa

Sumber: Instagram @anjhulodhe

Kemudian ada Danau Gempol. Wisata di sini tidak ubahnya seperti wisata yang ada di Dusun Bambu, Lembang, Bandung Barat. Di sini kamu akan disuguhkan oleh pemandangan danau dengan air yang masih sangat jernih. Selain itu, di sana kamu juga bisa menyusuri jalan di atas danau yang dibuat dari bambu. Berkunjung ke Danau Gempol akan membawamu ke suasana pedesaan tempo dulu.

Desa Agro Wisata ‘Abadi Jaya’

Sumber: fauzihisbullah

Desa Agro Wisata adalah suatu wilayah yang dulunya merupakan kawasan transmigrasi. Sehingga tidak heran, kalau penduduk Desa Agro Wisata berasal dari suku yang berbeda-beda. Meskipun demikian, tidak pernah ada gesekan antar warga di desa ini. Berkunjung ke sini, kamu akan menjumpai banyak area persawahan dengan pemandangan yang alami dan udara yang sejuk. Tidak hanya sawah, di beberapa sudut Desa Agro Wisata juga terdapat kolam ikan. Juga ada beberapa perkebunan, seperti perkebunan melon, coklat, hingga sayur-mayur.

Pulau Apung “Pulau Bangkok”

Sumber: fauzihisbullah

Seperti namanya, Pulau Apung adalah wilayah yang berada di atas laut dengan pemandangan yang cukup menyejukkan mata. Untuk bisa sampai ke sana, kamu harus datang ke Pelabuhan Speed yang ada di Desa Pajala, dan kemudian menyebrang dengan menggunakan perahu nelayan dengan biaya sewa yang cukup terjangkau. Di sana, kamu bisa menikmati setiap sudut Pulau Apung dengan berjalan menyusuri jalanan yang terapung di atas laut dan melihat rutinitas yang dilakukan oleh Suku Bajo di atas Pulau Apung.

Pulau Gala

Sumber: formuna

Karena mayoritas wilayah Muna Barat adalah dataran rendah dan juga kepulauan, maka jangan heran kalau di sini banyak para pecinta alam yang menyalurkan hobinya dengan berpetualang menjelajah pulau yang ada di Kecamatan Tiworo Kepulaun, salah satunya adalah dengan berkunjung ke Pulau Gala. Pulau ini hanya didiami oleh beberapa jiwa, dan kehidupan mereka jauh dari dunia luar. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari memancing, diving, hingga mencoba masakan khas warga setempat.

Pulau Gala Kecil

Sumber: phinemo.com

Pulau Gala Kecil letaknya tidak jauh dari Pulau Gala. Dinamakan demikian karena ukuran pulaunya yang lebih kecil ketimbang Pulau Gala. Sama seperti pulau yang ada di Muna Barat lainnya, Pulau Gala Kecil juga memiliki banyak hamparan pasir putih bersih dan bebatuan yang menambah keeksotisan. Berbeda dari Pulau Gala, Pulau Gala Kecil tidak berpenghuni, sehingga alam di sana dijamin masih ‘perawan’.

Pemancingan Parura Jaya

Sumber: fauzihisbullah

Pernah lihat acara ‘Mancing Mania’ di salah satu stasiun tv swasta nasional? Nah, di Muna Barat juga terdapat banyak lokasi mancing dengan pemandangan alam yang masih alami. Jika ingin memancing dengan suasana alam yang masih asri, kamu bisa berkunjung ke Desa Parura Jaya. Tepat di poros menuju ke SP-9, terdapat lokasi pemancingan yang lokasinya masih sangat alami, karena bersebelahan dengan rawa besar.

Pantai Pajala

Sumber: Deskgram.net

Kemudian ada Pantai Pajala, yang menawarkan keindahan pesisirnya dan juga pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Ombak di Pantai Pajala juga cukup tenang, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot snorkling, mengingat pemandangan alam bawah lautnya juga tak kalah indahnya.

Pemandian Wakante

Sumber: wartasultra.id

Yang terakhir adalah Pemandian Wakante. Hampir sama dengan Air Sangia, Pemandian Wakante juga memiliki air jernih yang bersumber dari mata air. Dengan pemandangan sekitarnya yang begitu menyejukkan, tentunya berenang di sini tidak akan terasa membosankan.

Comments

Loading...