in

15 Destinasi Wisata Paling Populer Maluku Barat Daya

Pulau Maluku, pulau yang sudah tidak asing lagi bagi para traveller yang menggemari jalan – jalan. Apalagi bagi mereka yang menyukai laut dan pantai. Pulau Maluku memang memiliki banyak sekali destinasi wisata.

Kali ini Wisato akan secara spesifik membahas salah satu Kabupaten di Pulau Maluku yang memiliki destinasi wisata yang lagi – lagi sangat memanjakan mata. Kabupaten yang di maksud adalah Kabupaten Maluku Barat Daya. Terdengar cukup asing bukan? Tapi seperti halnya destinasi wisata di Pulau Maluku, destinasi – destinasi wisata yang berada di Kabupaten Maluku Barat Daya ini juga tidak kalah indah.

Bagi kalian yang mau pergi ke sini, Wisato akan memberikan info tentang 15 Destinasi Wisata Yang Paling Populer di Maluku Barat Daya.

1. Air Terjun Telaa

Sumber Gambar: Instagram @obeth_ritawaemahu

Air terjun yang sumber mata airnya berasal dari sebuah gua dengan nama Weopne yang dimana nama gua tersebut memiliki arti “Air Yang Melimpah” ini sepertinya tidak boleh kalian lewatkan. Sesuai dengan nama mata airnya berasal air terjun ini memang terkenal memiliki air yang sangat melimpah sehingga memiliki daya tariknya sendiri.

Air terjun ini sendiri terletak diantara dua desa yaitu Desa Telaa dan juga Desa Imroing. Selain digunakan sebagai tempat wisata banyak warga lokal memanfaatkan air yang melimpah ini untuk kebutuhan sehari – hari. Seperti memasak, digunakan sebagai sumber air minum atau untuk mencuci. Jadi buat kalian yang berkunjung ke sini harap dijaga kebersihannya ya.

2. Pulau Nus Eden

Sumber Gambar: Facebook @Jefox Lendert

Buat kalian yang ingin menyaksikan proses penyu bertelur secara alami maka pulau yang satu ini tidak boleh sampai lewat, Pulau Nus Eden namanya. Tapi tentu saja bagi kalian yang ingin menyaksikan fenomena langka ini kalian harus menyesuaikan waktunya ya. Jadi tidak setiap waktu bisa kalian saksikan.

Pulau yang terletak di Kawasan Romang Kabupaten Maluku Barat Daya ini merupakan pulau berpasir dan hanya dihuni oleh tumbuhan terutama Pandan Hutan. Pulau ini sendiri menjadi favorit warga lokal atau turis yang memiliki hobi memancing. Wajar saja karena Pulau Nus Eden memang terkenal dengan kekayaan bawah lautnya.

3. Pulau Moa

Sumber Gambar: @travel.wego.com

Kalau kalian mencari destinasi wisata dengan paket komplit mungkin kalian bisa mencoba pulau yang satu ini. Pulau Moa, pulau yang juga terletak di Kabupaten Maluku Barat Daya ini memiliki menu hiburan yang lengkap.bagaimana tidak? Di pulau ini kalian akan disuguhkan pemandangan mulai dari Padang Sabana hingga pantai yang masih belum banyak terjamah oleh orang ramai. Di sini kalian bisa menyaksikan segerombolan kerbau yang sengaja dilepas untuk mencari makan secara alami di padang rumput yang luas ini.

Selain itu di Pulau Moa ini banyak terdapat desa adat. Di desa adat ini kalian bisa melihat rumah tradisional yang beratapkan daun kelapa. Selain itu dinding rumahnya juga tidak menggunakan kayu apalagi semen melainkan menggunakan bahan dasar daun koli. Setelah itu di desa ini kalian juga bisa menyaksikan tarian tradisional penduduk Moa. Lengkap bukan?

4. Masbuar

Sumber Gambar: Instagram @generatie_babar

Jika kalian menyukai wisata taman laut kalian bisa mencoba destinasi wisata Masbuar. Destinasi yang satu ini memang terkenal dengan wisata taman lautnya. Ini dikarenakan hilir sungai wilayah ini sangat dekat dengan bibir pantai.

Sehingga tidak heran kalau banyak wisatawan yang ke sini untuk menikmati keindahan taman laut Masbuar yang menawan. Jadi bagi kalian yang sedang berada di Maluku Barat Daya tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sini.

5. Batu Payung Beach

Sumber Gambar: Instagram @indriyuliani

Mungkin kalian lebih mengenal Batu Payung Beach atau Pantai Batu Payung yang berada di Lombok. Akan tetapi jangan salah, Batu Payung Beach yang satu ini berada di Pulau Maluku Kabupaten Maluku Barat Daya. Walaupun kedua pantai ini sama – sama memiliki pemandangan yang sangat luar baisa indah tetapi dengan pesona dan keunikan yang berbeda.

6. Pulau Liran

Sumber Gambar: @triptrus.com

Pulau indah yang satu ini memang agak sedikit susah untuk dituju. Karena pulau yang satu ini merupakan salah satu pulau dibagian terdepan di Indonesia dan terletak di perbatasan. Sehingga banyak yang tidak mengetahui betapa indahnya pulau yang satu ini.

Bayangkan saja, saat siang hari pulau ini akan dikelilingi oleh air laut yang berwarna biru toska. Degrasi warna biru air laut itu pun semakin eksotis ketika dipadukan dengan pantai pasir putih dan bukit tandus yang mengelilinya. Sungguh pemandangan yang tidak akan kalian lupakan.

7. Danau Tihu

Sumber Gambar: Instagram @andrian_lun

Danau Tihu atau dikenal juga dengan sebutan Telaga Tihu merupakan danau yang terletak di Pulau Wetar dan merupakan satu – satunya danau di pulau tersebut. Danau ini dikenal karena memiliki begitu banyak keragaman hayatinya.

Selain pemandangan yang indah, kekayaan alam yang eksotis dan melimpah danau ini sendiri memilki legenda yang cukup terkenal dan menarik.

8. Gunung Kerbau

Sumber Gambar: @dispar.malukuprov.go.id

Gunung Kerbau merupakan destinasi wajib apabila kalian sedang berada di Pulau Moa. Wajar saja karena Gunung Kerbau merupakan ikon pariwisata dari Pulau Moa. Jadi apa khasnya Gunung Kerbau ini?. Gunung Kerbau adalah salah satu lokasi terbaik ketika kalian ingin menyaksikan langsung gerombolan kerbau yang sedang berkeliaran bebas ketika mereka sedang mencari makan.

Tapi tentu saja selain itu pemandangan Gunung Kerbau dengan Padang Sabana yang terbentang luas juga merupakan salah satu daya Tarik yang tidak mau kalian lewatkan.

9. Sila Beach

Sumber Gambar: Instagram @ferinaww

Pantai pasir putih yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan luar. Pantai yang satu ini dapat kalian kunjungi apabila kalian sedang berada di Pulau Moa. Pantai Sila terkenal dengan kondisi pasir yang berwarna putih bersih. Maka kalian jangan heran kalau pantai yang satu ini begitu digemari oleh anak – anak muda ataupun mereka yang berwisata bersama dengan keluarga.

10. Pantai Kiasar

Sumber Gambar: Instagram @wartawisata.id

Pantai Kiasar merupakan ikon pariwsata yang ada di daerah Kisar dan merupakan pantai bersejarah yang ada di Desa Oirata. Uniknya lagi pantai ini diurus oleh masyarakat lokalnya sendiri secara swadaya sehingga menjadikan lokasi ini sangat mudah untuk ditata.

Ada beberapa fasilitas wisata yang sudah dibangun di destinasi wisata yang satu ini seperti gazebo yang didirikan untuk tempat istrirahat para wisatawan. Di tambah lagi ada sebuah taman yang dibuat di atas bukit untuk mereka yang ketenangan dengan nama Taman Meditasi Oirata.

11. Bukit Doa Getsemani

Sumber Gambar: Twitter @discover_maluku

Bukit yang satu ini bejarak kurang lebih 50 kilometer dari Pantai Kiasar. Kalian bisa menjangkau tempat ini dengan berkendara selama kurang lebih 30 menitan. Bukit Goa Getsemani sendiri merupakan wisata religi bagi umat Kristiani. Konon katanya dahulu dibukit ini digunakan sebagai tempat untuk menyembah berhala.

Yang kemudian bukit ini dibersihkan dan dibangun sebagai tempat wisata religi yang kita kenal saat ini. Buki Doa Getsemani sendiri selalu dipadati pengunjung khususnya umat Kristiani pada hari Minggu dan juga hari raya umat Nasrani.

12. Gerdaris Nyama

Sumber Gambar: Facebook @chiko.miko

Pantai yang satu ini merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang di Pulau Moa. Bayangkan saja pantai ini memiliki garis pantai sepanjang tujuh kilometer lebih. Pantai Gerdaris Nyama ini sendiri sering dikunjungi oleh warga lokal. Pantai ini menjadi favorit karena memiliki garis pantai yang Panjang sehingga kerap digunakan warga untuk melakukan permainan bola dan juga pacuan kuda tidak sedikit juga yang berenang.

13. Pantai Tonweru

Sumber Gambar: Instagram @devitarima

Pantai indah yang lagi – lagi berada di Pulau Moa. Pulau yang satu ini cukup unik karena kalian tidak hanya akan bertemu dengan pasir tetapi juga bebatuan dengan ukuran sedang yang berada di pesisir pantai. Selain dengan air lautnya yang inda tentunya.

14. Pantai Nyama

Sumber Gambar: Instagram @malukubaratdayahits

Pantai Nyama merupakan salah satu pantai di Pulau Moa yang berjarak kurang lebih 30 Km dari kota Tiakur. Pantai yang memiliki panjang ± 9 km dengan hemparan pasir yang sangat indah dan sejuk dipandang. Karena panjangnya, pantai ini dulu pada Perang Dunia II, Sekutu menjadikan Pantai Nyama sebagai landasan pesawat. Keunikan dari pantai ini terletak pada komposisi pasirnya, yaitu campuran dari pasir putih dan butiran pasir berwarna merah. Laut yang biru dan hembusan angin yang sangat sejuk karena terdapat beberapa pohon di sekitar pinggiran pantai dan beberapa tempat singgah berupa rumah kecil lengkap dengan tempat duduk permanen yang dapat dijadikan tempat untuk santai.

15. Pantai Metimarang

Sumber Gambar: @travelinkmagz.com

Buat kalian yang ingin mencari ketenangan dan menjauh sejenak dari hingar bingar perkotaan sepertinya Pantai Metimarang bisa menjadi salah satu solusinya. Pulau ini sendiri hanya menjadi tempat singgah sementara para nelayan apabila mereka sedang menangkap ikan. Setelah itu mereka akan pergi meninggalkan pulau ini.

Pulau yang minim penduduk apalagi dengan suara deburan ombak, laut yang indah dan juga desiran suara angin akan membuat liburan anda semakin tenang.

Nah, itulah 15 Destinasi Wisata yang bisa kalian temukan di Kabupaten Maluku Barat Daya. Kira – kira mana yang sudah menjadi incaran sahabat Wisato nih? Langsung saja masukan ke Bucket List kalian ya.