in

5 Panorama Fatumnasi yang Harus Kamu Kunjungi

Sumber Gambar: goodnewsfromindonesia.id

Bila ada yang menyebut bila, Nusa Tenggara Timur adalah negeri yang panas. memang benar. Tetapi, bila ada yang berkata seluruh kawasannya, berarti dia tidak mengenal kawasan ini dengan baik. Karena, ada tempat yang mempunyai suhu dingin layaknya di Eropa. Namanya adalah Kecamatan Fatumnasi.

Cara Menuju Ke Fatumnasi

Menuju ke Kecamatan Fatumnasi sendiri memang sangat seru dan menyenangkan. Apalagi, bagi kamu yang datang dari luar pulau. Dari Jawa misalnya yang harus naik pesawat dari Jakarta menuju ke Kupang terlebih dahulu, penerbangan langsungnya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam lamanya. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju ke Kota Soe

Jalan Darat adalah satu-satunya jalan yang harus kamu tempuh. Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati alam Nusa Tenggara yang memang mengesankan, Hanya saja, lebar jalan yang tidak memadai membuat perjalanan menjadi sangat panjang.

Sumber Gambar: bobobox.co.id

Banyak truk dan juga mobil pengangkut barang yang bisa kamu lihat di tempat ini. Mereka membawa semua kebutuhan yang ada. Sehingga, di waktu tertentu kemacetan tidak bisa terhindarkan walau tidak sampai mengular. Kondisi jalan memang sudah cukup baik.

Hanya saja, belum memakai aspal dengan kondisi berliku. Jadi kamu harus hati-hati melewati setiap lekukannya. Jangan lupa untuk mampir di daerah perbukitan yang instagramable. Kawasan yang memang belum diberi nama tetapi, lumayan untuk mengatur nafas

Keindahan Apa Saja di Fatumnasi

Setelah kamu mencapai desanya, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam panorama yang mengesankan. Satu hal yang pasti, semua penduduk di tempat ini sangat ramah lho. Termasuk anak-anaknya pula yang tidak malu menyapa para wisatawan. Berikut ini keindahan yang bisa kamu nikmati selama menjelajah Fatumnasi

1. Danau Nefo Kaenka

Sumber Gambar: Twitter @bknkrb

Tempat pertama yang bisa kamu lihat dan kunjungi di kawasan ini adalah Danau Nefo Kaenka. Tempat ini berada di ketinggian 1260 mdpl. Danaunya memang berwarna coklat. tetapi, pemandangan sekitar begitu menakjubkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi, yang bisa melindungimu dari paparan sinar matahari.

Sumber Gambar: nativeindonesia.com

Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat ini untuk makan siang. Soal menunya, disarankan untuk membelinya di Kota Soe. Karena, disana ada banyak warung makan yang bisa kalian santap. Tetapi, jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya ya. Suasananya yang sangat asri membuat kawasan ini selalu dirindukan oleh semua orang. bahkan, beberapa warga sekitar juga sering memanfaatkan danau ini sebagai tempat makan siang paling romantis.

2. Fatu Nausu

Sumber Gambar: kompasiana.com

Ada yang bilang pula Fatu Nausu, sebuah tebing besar menjulang tinggi. Kamu bisa melihat tengahnya seperti terbelah oleh sesuatu. Perlu diketahui bahwa, dahulu tempat ini adalah tempat penambangan marmer, kemudian dihentikan sehingga membentuk apa yang kamu lihat seperti sekarang ini. Kawasannya pun sangat instgramable, dimana tempat ini juga pernah menjadi tempat untuk melangsungkan upacara adat Lho. Harga tiket masuknya 20 ribu rupiah saja.

3. Bukit Nubui dan Fatu Kolen

Bukit Nubui adalah area perbukitan yang dipenuhi dengan warna hijau nan mengesankan. Hamparan rumputnya seperti sebuah karpet yang digelar. Waktu paling tepat ke tempat ini adalah sore hari dengan semilir angin sepoi-sepoinya.

Sumber Gambar: denaiguna.com

Ada lagi Fatu Kolen Sebuah batu besar berwarna hitam yang letaknya berada di tepi jalan. dimana, salah satunya tumbuh sebuah pohon. Konon, batu ini termasuk batu purba yang di beberapa bagian tertancap tiga salib.

4. Bekas Marmer Desa Tunua

Sumber Gambar: travel.detik.com

Tambang marmer di desa ini memang begitu giat digalakkan, tetapi pada tahun 2000 sudah mulai dihentikan. Sebenarnya, bukanlah tempat wisata resmi hanya saja, kawasan ini sangat sulit untuk ditolak. Sisa penambangan menghadirkan beberapa bongkahan batu. Luasnya sendiri mencapai 10,5 hektar lho. Semoga secepatnya, kawasan ini bisa diurus dengan baik hingga menjadi kawasan wisata yang menarik bagi para pengunjung yang datang ke Fatumnasi.

5. Gunung Mutis

Sumber Gambar: goodnewsfromindonesia.id

Terakhir, kamu bisa mendaki Gunung Mutis yang memiliki ketinggian 2427 mdpl. Merupakan Gunung tertinggi yang ada di Pulau Timor. Kamu bisa mendakinya dan melihat eloknya alam Nusa Tenggara Barat dari sini.

Kesimpulan

Fatumnasi adalah sebuah desa yang memiliki panorama luar biasa. Udara dinginnya memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berlibur dan sedikit menghilangkan penat. Jadi, sudah siap belum menjelajah kawasan ini?