in

Air terjun Arawai, Pesona Alam di Pedalaman Papua

Sumber Gambar: seputarwisata.com

Salah satu kawasan di Indonesia yang harus kamu kunjungi adalah wilayah Papua. Dimana, disini kamu bisa menemukan surga yang benar-benar indah dan menawan. Salah satunya adalah Air Terjun Arawai. Mungkin, kamu bingung dengan pesona alam Indonesia satu ini yang masih tersembunyi dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Konon katanya keindahan dari air terjun ini hampir sama dengan Air Terjun Jogan di Gunungkidul atau Air Terjun Banyu Tibo yang ada di Pacitan. Menariknya kawasan yang masih alami ini adalah tidak ada satu pun sampah yang bisa kamu lihat. Sungguh, kawasan ini benar-benar sangat menarik untuk dikunjungi.

Mengenal Air Terjun Arawai

Air Terjun ini jatuh langsung menuju ke air laut. Hal yang paling mengejutkan adalah air tawar yang menyegarkan, sangat jernih, bening, dan bisa diminum lho. Konon katanya, pesona wisata ini berasal dari Gunung Noch yang merupakan gunung tertinggi di Raja Ampat.

Sumber Gambar: seputarwisata.com

Debit airnya sangat deras, bahkan saat kamu datang di musim kemarau pun debit airnya pun juga sangat deras. Kalau kamu mau ingin masuk lebih kedalam lagi. Kamu bisa melihat keindaha yang lebih dari kawasan ini. Jaraknya kurang lebih jalan selama 10 menitan dari tempat kapal bersandar.

Cara Menuju ke Air Terjun Arawai

Menuju ke Objek wisata ini, kamu bisa menuju ke Raja Ampat terlebih dahulu. Saat ini tidak ada penerbangan langsung ke kawasan ini. Sehingga, kamu harus transit terlebih dahulu. Biasanya kamu akan diarahkan ke Sorong, dengan total biaya penerbangan mencapai 4 juta rupiah.

Waktu tempuhnya bisa mencapai 6 jam sampai 13 jam lamanya. Disarankan setelah sampai di Raja ampat kamu bisa mencari penginapan terlebih dahulu. Baru melanjutkan perjalanan menuju ke Dermaga Waisai. Nah, perjalanan menuju ke air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam lamanya.

Sumber Gambar: seputarwisata.com

Bahkan, saat kondisi air laut yang kurang bagus kamu bisa menempuhnya selama 2 jam. Selama perjalanan pemandangan yang akan kamu lihat tampak menawan. Keindahan yang benar-benar bagaikan di surga. Menuju ke kawasan ini kamu wajib menggunakan guide, karena hanya mereka yang mengerti mengenai lokasinya.

Untuk harga sewa kapalnya sendiri bisa mencapai 600 ribu lho. Biasanya kapasitasnya kurang lebih 10 orang. Jadi, semakin banyak teman, semakin murah kamu pergi ke tempat ini.

Keindahan Air Terjun Arawai

Sumber Gambar: lifestyle.okezone.com

Pesona keindahan Air Terjun Arawai memang tidak terlalu tinggi. Tetapi, kamu masih bisa melihat adanya kolam alami yang bisa kamu manfaatkan untuk sekedar berenang kecil-kecil. Suasana sekitarnya memang begitu mengesankan. Bahkan, kamu dibuat betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Menariknya lagi, pepohonan yang hampir menutup kawasan ini terlihat hijau yang menambah kesan asri. Ada beberapa bebatuan yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk-duduk dan sekedar menikmati pesona yang ada disini. Waktu terbaik mengunjunginya adalah pagi hari.

Sayangnya, aliran air terjun hanya ini saja. Diatasnya kamu tidak bisa melihat aliran air lagi. Disini, kamu bisa bermain air. Hanya saja, belum ada fasilitas yang terlihat disini. Jadi, disarankan untuk bawa perlengkapan berupa makanan dan juga minuman. Menikmati air terjun dengan beberapa cemilan memang terasa nikmat menggoda.

Apalagi dengan view yang semegah ini. Membuat siapa pun pasti enggan untuk beranjak pergi. Tidak semua wisatawan berkunjung ke tempat ini, sampai ke dalam seperti ini. Biasanya mereka hanya sampai di sandaran kapal dan enggan untuk menyusuri keindahan lebih dalam. Jadi, wajar saja bila tempat ini masih sangat asri dan alami.

Kesimpulan

Tempat ini sangat bersih, jadi jangan pernah buang sampah disembarang tempat ya. Karena, keindahan objek wisata ini akan luntur akibat sampah-sampah yang berserakan. Bawalah kantong plastik, tidak ada salahnya bila kamu melihat sampah juga diambil ya.

Air Terjun Arawai menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi bila sedang berada di Raja Ampat. Selain pesona pulau-pulaunya yang mengesankan ada juga banyak air terjun yang bisa kamu nikmati. Apalagi, pemandangan dan pesonanya pun benar-benar mengesankan. Banyak spot-spot menarik yang bisa kamu nikmati. Jadi, kapan kamu bisa mengunjungi Air Terjun Arawai?