in

Melihat Sunrise yang Indah Dari Puncak Gunung Merbabu Via Gancik

Sumber Gambar: gunung.id

Pendakian Favorit di Jawa Tengah untuk pendaki pemula selanjutnya adalah Gunung merbabu yang mempunyai ketinggian 3142 Mdpl. Cukup tinggi memang, tetapi jalanan yang akan kamu lalui cukup ramah untuk para pendaki lho. Tidak heran bila banyak pendaki yang mencoba melihat puncak tertingginya.

Kurang lebih ada 5 sampai 7 jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu yang saat ini stastusnya sebagai Gunung yang tidak aktif lagi. Kali ini kita akan mencoba naik melalui gancik yang Basecampnya satu arah dengan jalur pendakian via Selo. Seperti apa pemandangannya, mari kita lanjutkan perjalanan menuju ke atas.

Menuju Ke Basecamp Gancik

Sumber Gambar: crazytravelmate.com

Menuju ke Basecamp Gancik kamu harus menempuh jalur menuju ke Selo. Setelah melalui pasar selo kamu lurus saja terus. Sudah ada papan petunjuk yang membantu kamu menemukan Basecampnya. Disini, sudah banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati mulai dari tempat istirahat, warung, kamar mandi, dan area parkir yang cukup luas.

Hati-hati menuju ke Basecamp kamu akan dipungut pungutan liar mulai dari 5 ribu rupiah selama 3 sampai 4  kali. Untuk harga simaksinya sendiri kurang lebih 11 ribu rupiah. Setelah mengisi berbagai persyaratan administrasi, kamu bisa menanjak ke atas. Disini pula sudah tersedia porter dengan harga 400 ribuan sampai 600 ribu rupiah saja.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: Instagram @mountaintraveller

Perjalanan pertama menuju ke pos 1 sebenarnya cukup nyaman. Hanya saja, jalurnya yang sempit dan berbagai dengan sepeda motor milik warga membuat kamu terkadang harus berhenti dan berdiri di pinggir. Pemandangan ladang warga yang ditumbuhi sayur mayur tampak mengesankan. Karena, dijamin rasa dan kesegarannya.

Sumber Gambar: ksmtour.com

Kamu juga bakal menikmati objek wisata Gancik Hill Top yang disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merapi yang tampak megah. Masuk jalur hutan kamu akan melihat begitu banyak kera-kera yang bermain dari satu pohon ke pohon yang lain.

Menuju ke Pos 2, kamu tidak lagi melihat pepohonan yang rapat. Dengan jalur tanjakan yang cukup melelahkan dan angin yang kencang menjadi sebuah tantangan yang tidak mungkin bisa kamu lupakan. di Pos 2 ini, kamu kembali disuguhkan dengan pesona merapi yang tidak ada habisnya.

Masuk ke Pos 3, jalur sudah melewati Bukit Teletubbies. Angin akan semakin kencang terasa. Salah satu yang harus kamu perhatikan di Pendakian Gunung Merbabu adalah badai yang sangat kuat dan sering terjadi. Jadi, kamu harus hati-hati ya.

Menuju ke Sabana 1 dan Sabana 2

Sumber Gambar: phinemo.com

Di Pos 3 kamu bisa mendirikan tenda dan menikmati berbagai perbekalan yang ada. Sebelum kamu menanjak menuju ke Sabana 1. jalur yang harus dilewati sudah menanjak dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat. Dengan Trek berupa bebatuan sudah ada tali webing dan pegangan yang akan memudahkan kamu.

Rasanya, menuju ke sabana 1 adalah jalur pendakian Merbabu yang sebenarnya. Rasa lelah memang tidak bisa dibohongi, kaki terasa pegal dan enggan untuk kembali berjalan. Menuju ke sabana 2, masih lebih ringan dibandingkan dengan Sabana 1.

Sumber Gambar: phinemo.com

Diantara keduanya kamu bisa memilih mana yang akan kamu gunakan untuk mendirikan tenda sebelum summit attack. Sabana 2, lebih dekat dengan puncak tetapi, hanya bisa menampung sekitar 50 an tenda. Dari sini pemandangan milky way tampak begitu menakjubkan.

Puncak

Sumber Gambar: gunung.id

Tanjakan menuju puncak hampir sama seperti Sabana 1, dengan jalur bebatuan dan sudut kemiringan yang mencapai 90 derajat. Angin pun tidak berhenti berhembus kencang, kadar oksigen juga sudah mulai menipis. Tetapi, pemandangan di belakang dan diatas menjadi sajian yang membuatmu kembali bersemangat.

Sumber Gambar: superadventure.co.id

Di jalur ini kamu bisa memilih menuju ke Puncak Kenteng Songo atau Puncak Trianggulasi. satu hal yang harus diperhatikan. 15 menit sebelum sampai di puncak, kamu akan melewati jalur sempit dengan jurang mengaga di kanan kamu. Setelah sampai di puncak, pemandangan mengesankan akan membayar semua rasa lelah yang ada. Panorama, gunung merapi, sindoro, sumbing, lawu, ungaran, dan prau tampak megah dan menawan.

Kesimpulan

Pendakian Gunung Merbabu Via Gancik memang tergolong masih baru. Tidak ada sumber air yang akan kamu temukan disini. Oleh karena itu, jangan lupa air minum yang cukup agar tidak kehausan selama di Merbabu. Jadi, kapan kamu akan mendaki gunung ini melalui Pos Gancik?