Air Terjun Banyumala, Air Terjun Terindah Di Wanagiri

Wanagiri adalah nama salah satu Desa yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali. Jadi Wanagiri berbeda dengan Wonogiri yang terkenal dengan kelezatan baksonya dimana-mana. Wanagiri menyimpan sebuah Air Terjun maha karya dari Sang Pencipta. Air terjun yang indah ini akan membawa kita secara otomatis membasuh semua kepenatan di otak. Air terjun tersebut bernama  Air Terjun Banyumala. Air terjun yang menyuguhkan pemandian alam langsung dibawah jatuhnya air. Benar-benar sulit kalian temukan di tempat lain.

Baca Juga: Kampung Blekok, Surganya Burung Air Senusantara

Akses Jalan ke Air Terjun Banyumala

Jika sahabat wisato ingin mengunjungi air terjun Banyumala, tidak usah merasa bingung dan khawatir tersesat. Cara gampangnya kalian bisa mencari lokasi air terjun ini di google maps. Masukkan kata kunci pencarian sesuai namanya.

Akses Jalan Ke Area Parkir

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sahabat Wisato yang menuju lokasi air terjun dari Kota Denpasar akan menempuh perjalanan lebih kurang selama 3 jam. Temukan jalan pertigaan menuju Tamblingan, kemudian ikuti saja petunjuk arah. Sementara untuk kalian yang bertolak dari Bedugul, hendaknya memilih jalan ke arah utara sampai tiba di pertigaan yang ada. Pertigaan yang dimaksud disini adalah pertigaan di Kecamatan Busungbiu dan Kota Singaraja. Kemudian ambil jalan belok kiri tepat saat berada di jalan utama Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Selanjutnya sahabat wisato cukup lurus saja ikuti jalan sampai mendapatkan petunjuk arah jalan menuju air terjun Banyumala.

Petunjuk jalan inilah sebagai jalan masuk menuju lokasi air terjun dengan jarak sekitar 3,5 km. wisato lebih menyarankan kalian untuk menggunakan kendaraan roda dua dibanding roda empat karena akses jalan yang ada. Akses jalan yang ada menempatkan area parkir kendaraan roda empat lebih jauh dari area parkir kendaraan roda dua.

Akses Jalan Ke Lokasi

Sumber Gambar: Google Maps @Yuni Prema Vahini

Setibanya di area parkir, sahabat wisato lanjutkan saja perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 100 m menuju pos penjaga. Pos penjaga berisikan orang yang akan melayani setiap pembelian tiket oleh pengunjung. Silahkan membeli tiket masuknya dengan membayar uang sebesar Rp 20.000 untuk satu orang.

Sumber Gambar: Google Maps @Sherifa Mohamed

Setelah membayar tiket masuk, kalian telah resmi masuk ke dalam area air terjun. Sekarang saatnya melanjutkan perjalanan untuk menuju lokasi titik air terjun ini. Sahabat Wisato akan menemui jalan berupa tangga menurun yang terbuat dari tanah yang dibentuk tangga. Usahakan kalian memakai sepatu yang nyaman dan anti licin.

Selanjutnya yang harus sahabat wisato lewati adalah tangga buatan warga lokal yang terbuat dari kayu dan bamboo. Tangga ini cukup kokoh untuk dilewati jadi kalian tidak perlu merasa was-was tinggi saat melewatinya. Benar-benar akan menguji adrenalin kalian saat menuju lokasi wisata yang satu ini. Namun akan sangat seimbang dengan hasil yang kalian dapatkan.

Sumber Gambar: Google Maps @ Victoria

Selain tubuh yang segar dan sehat, sahabat wisato juga akan terhibur dengan pemandangan yang ada selama melakukan perjalanan. Hijaunya pepohonan dan barisan rapi batang-batang pohon di kebun warga semakin menghilangkan penat yang ada.

Lokasi Dan Jam Buka

Air terjun Banyumala berada di Desa Wanagiri, tepatnya di Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161. Kalian dapat mengunjungi air terjun di jam 08.00 Wita sd 18.00 Wita setiap harinya. Sebaiknya datanglah di hari-hari biasa bukan hari libur untuk menghindari kepadatan pengunjung.

Air Terjun Banyumala berada di dasar lembah dengan tiga sisi air terjun yang mengalir melewati tumbuhan liar di bebatuan. Untuk debit air sendiri tidak begitu besar dan deras. Dari ketiga sisi aliran air terjun, air terjun yang ditengahlah yang memiliki debit air terbesar, sementara air terjun di sisi kiri dan kanan lebih kecil. Jatuhan air terjun membentuk kolam buatan alam yang dapat dipakai untuk mandi dan berendam. Jernihnya air mampu membuat mata menembus apa yang ada di dasar kolam dengan kedalaman terdalam sedalam 2 m.  Kolam alami ini memiliki luas permukaan sekitar 20 m, enak untuk dijadikan seperti kolam renang pribadi.

Fasilitas Dan Kegiatan Wisata

Air Terjun Banyumala
Sumber Gambar: Traveler Baper

Di air terjun banyumala, sahabat wisato dapat menikmati semua fasilitas yang disediakan mulai dari tempat duduk sampai wc umum. Tempat ini juga bersih dan tertata rapi, perhatikanlah selalu sampah yang kalian bawa untuk di buang pada tempatnya. Untuk kegiatan wisata yang dapat dilakukan, sahabat wisato dapat berfoto selfie maupun grup di berbagai spot selfie. Selain berfoto kalian juga bisa berenang, mandi dan berendam di dalam air kolam alami yang tersedia.

Baca Juga: Bersama Dewi Tipang Menikmati Keindahan Danau Toba

 

 

 

.

 

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.