spot_img

Air Terjun Bengbengan – Tersembunyi dan Masih Alami

Bagi kamu warga Bali atau kamu yang sudah punya rencana liburan ke Bali pasti sudah tau bahwa pulau yang dijuluki dengan sebutan “Pulau Seribu Pura ” ini kental sekali dengan nuansa Hindu. Wisata religi serta wisata sejarah yang ada di pulau ini  membuat Bali layak untuk kamu jadikan tempat refreshing sekaligus dapat mengulik kisah pulau ini dalam sisi sejarah, sisi agama bahkan mengulik wisata – wisata alam lainnya yang belum tersohor.
Namun tak hanya wisata religi dan wisata sejarahnya yang menjadikan Pulau Bali pantas tuk dikunjungi tetapi juga wisata airnya yang sangat banyak mulai dari wisata danau, wisata sungai dan tidak ketinggalan yaitu keindahan air terjunnya. Bila berkunjung ke Bali kamu harus menyempatkan diri mengunjungi Kabupaten Buleleng yang mempunyai wisata air terjun keren.
Buleleng sendiri adalah salah satu kabupaten yang lokasinya berada di kawasan tempat wisata Bali Utara yang beribukota di Singaraja. Kabupaten ini dikenal dengan penghasil pertanian terbesar di Bali berupa salak bali dan jeruk keprok Tejakula dan dari sisi wisata alamnya yang terkenal misalnya Pantai Lovina.
Kali ini Wisato.id tak akan membawa kamu tuk mengenal pantai yang ada di Buleleng tapi kali ini dijamin kamu akan terpukau dengan keindahan air terjun yang terkenal di sana karena kealamiannya yang dikenal dengan nama Air Terjun Bengbengan.

Air Terjun Bengbengan

Sumber Gambar: Google Maps @Chris Tournefeuille

Salah satu air terjun di Buleleng ini mungkin namanya masih terdengar asing di telinga wisatawan yang datang dari luar Pulau Bali atau bahkan wisatawan yang domisili di Bali. Air terjun ini memang belum tersohor namanya tetapi kecantikannya tak akan bisa berbohong, pasti akan membuat mata kamu tak bisa berpaling saat pertama kali tiba disana.
Air Terjun Bengbengan memiliki udara yang cukup dingin dan sejuk karena berada di daerah pegunungan. Kondisi airnya sendiri dingin sekali dan masih jernih sekali ibaratnya belum terkena campur tangan manusia. Ketika sekilas kamu melihat air terjun yang terhempas kebawah seolah air terjun ini berundak – undak sehingga menambah cantik saat dipandang.

Sumber Gambar: Google Maps @Chris Tournefeuille

Untuk bisa tiba di area air terjun ini memang harus sedikit masuk ke dalam desa warga dan melewati area persawahan, hutan dan kebun – kebun warga seperti kebun kopi dan kebun cengkeh, lalu kamu juga harus melewati jalan setapak namun tak perlu khawatir karena untuk melewati jalan setapak itu kamu bisa menggunakan motor jika kamu tak kuat berjalan kaki. Tetapi bila kamu adalah petualang sejati nampaknya harus coba untuk melewati jalan setapak dengan berjalanan kaki sambil melihat pemandangan kiri kanan mu yang dipenuhi pepohonan dan kebun warga serta merasakan udara sejuk selama berjalan kaki.
Area dan Air Terjun Bengbengan memang tidak begitu besar dan luas namun ekosistem sekitarnya yang masih natural akan menambah suasana asri ketika berada disana. Ketika sampai di air terjun ini kamu akan merasakan sensasi bak seperti hidup di hutan karena kondisi sekitarnya yang memang masih hutan alami dan air terjun ini juga minim fasilitas umum karena belum dikelola pemerintah.
Wisata air terjun ini sangat cocok didatangi buat kamu yang ingin benar – benar merasakan asrinya suasanya air terjun sambil berendam dan cocok juga buat kamu yang ingin jauh – jauh pergi dari suasana hiruk pikuk perkotaan.

Rute ke Air Terjun Bengbengan

Ada baiknya bila kamu berkendara dengan kendaraan roda 2 agar lebih mudah karena perjalanan ke lokasi air terjun harus memasuki desa dan perkebunan warga. Lokasi tepatnya berada di Desa Nangka, Lemukih yakni sekitar 45 menit bila memulai perjalanan dari pusat kota Singaraja melalui Jl. Raya Desa. Sedikit gambaran mengenai perjalanan menuju ke air terjun, kamu bisa saja menggunakan mobil namun harus memarkirkan mobil di jalan besar sekitar desa sebelum nantinya memasuki jalan setapak maka dari itu disarankan menggunakan motor agar bisa melewati jalan setapak dengan membawa motor tersebut hingga ke depan Air Terjun Bengbengan. Dalam perjalanan memasuki jalan setapak hingga tepat di depan air terjun kamu harus berhati-hati karena kondisi jalannya licin.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.