OUR NETWORK

Air Terjun Gurok Beraye, Destinasi Wisata Alam Cantik yang Terbengkalai di Belitung

Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang kemudian disebut dengan provinsi Bangka Belitung selalu menawarkan pemadangan alam yang menawan. Lokasinya yang dikeliling oleh lautan dan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan di sebelah utara membuat Bangka Belitung memiliki banyak pantai yang cantik dan unik. Dikatakan unik karena hampir semua pantai di Bangka Belitung tak akan ditemukan hiasan batu karang di bibir pantai seperti pada umumnya, melainkan bongkahan batu granit raksasa. Selain pantai di Bangka Belitung juga ditemukan banyak air terjun yang sangat menawan, salah satunya adalah Air Terjun Gurok Beraye.

Berada di Air Terjun Gurok Beraye akan membuatmu seolah-olah berada di dunia lain, sepi, sejuk, dan jauh dari hingar bingar kehidupan kota yang menjenuhkan. Tapi ngomong-ngomong apakah kamu pernah berlibur ke sana? Kalau memang belum, simak dulu uraian berikut ini mengenai Air Terjun Gurok Beraye, agar kamu tahu apa yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke sana.

Lokasi Air Terjun Gurok Beraye

Sumber: Instagram@setiawan_ddy

Air terjun ini sendiri berlokasi di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Jarak dari Kota Tanjung Pandan sekitar 25 km atau dengan waktu tempuh kira-kira selama 30 menit untuk bisa sampai di lokasi Air Terjun Gurok Beraye. Sementara jika datang dari Bandara H. A. S. Hanandjoeddin, Air Terjun Gurok Beraye hanya berjarak sekitar 14 km atau bisa ditempuh selama 20 menit. Namun sayangnya tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu ke sana, sehingga kamu pun harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Selama di perjalanan menuju ke Air Terjun Gurok Beraye disarankan untuk berhati-hati. Karena kondisi jalannya sendiri cukup sempit dan curam, bahkan pada beberapa bagian jalanan akan diapit oleh jurang yang cukup dalam. Hal yang wajar karena memang Air Terjun Gurok Beraye sendiri berada di lereng Gunung Tajam. Melihat kondisi yang ada, disarankan para pengunjung untuk menggunakan kendaraan jenis jeep atau MVP.

Pesona Air Terjun Gurok Beraye

Sumber: Instagram@gamatclothing

Setelah melalui perjalanan yang cukup menantang, kamu akan tiba di tempat parkir Air Terjun Gurok Beraye. Untuk menuju ke lokasi air terjun kamu hanya perlu berjalan beberapa meter saja. Air Terjun Gurok Beraye sendiri adalah sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi dan alirannya pun tidak terlalu deras. Tepat di bawah air terjun ada kedung atau kolam alam yang cukup luas. Air di sana pun sangat jernih karena bersumber langsung dari mata air Gunung Tajam, bahkan saking jernihnya kamu bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di kedung dengan mata telanjang.

Sumber: Instagram@lviaozz_

Lokasinya yang berada di pedalaman hutan dan di lereng gunung membuat Air Terjun Gurok Beraye memiliki suasana yang sejuk, sunyi, dan damai. Sehingga akan membuatmu betah berlama-lama di sana untuk menenangkan diri dari penatnya aktivitas sehari-hari di kota.

Selfie Under Water di Air Terjun Gurok Beraye

Sumber: Instagram@danu_sofwan

Melihat jernihnya air, kamu pun pasti akan tergoda untuk segera menceburkan diri di dalam kedung. Namun disarankan agar berhati-hati, mengingat kedung yang berada di bawahnya cukup dalam. Kamu yang tidak bisa berenang jangan coba-coba bermain air di dalam kedung. Namun untuk kamu yang bisa berenang patut mencoba pengalaman seru di kedung Air Terjun Gurok Beraye. Memanfaatkan kejernihan airnya, kamu pun bisa selfie under water di kedung sembari ditemani oleh ratusan ikan kecil yang lucu.

Jika tidak ingin basah-basahan, selfie di sekitar lokasi Air Terjun Gurok Beraye pun bisa menjadi pilihan yang pas. Karena memang alam di sekitarnya masih sangat alami dan jarang dijamah oleh manusia. Oleh sebab itu persiapkan memori penyimpanan yang besar sebelum berkunjung ke Air Terjun Gurok Beraye.

Fasilitas di Air Terjun Gurok Beraye

Sumber: mblusuk.com
Sumber: mblusuk.com

Meskipun cukup cantik, fasilitas di Air Terjun Gurok Beraye pun sangat minim. Banyak sampah berserakan di sekitar lokasi air terjun, yang tentunya itu sangat mengganggu pemandangan. Tak jauh dari air terjun kamu akan menemukan sebuah bangunan tua tanpa atap yang di dalamnya terdapat dudukan memanjang. Bangunan yang kini terbengkalai tersebut kuat dugaan pernah dijadikan sebagai warung. Sementara itu di sekitar lokasi air terjun juga terdapat kolam yang tak lagi terurus. Kolamnya pun sudah ditumbuhi lumut dan beberapa tanaman liar, menciptakan suasana yang cukup mistis. Namun beruntungnya di Air Terjun Gurok Beraye sudah ada toilet yang nampaknya adalah bangunan baru, akan tetapi tidak ada orang yang berjaga di sana.

Comments

Loading...