OUR NETWORK

Air Terjun Kuta Malaka, Keindahan Terpencil di Balik Hutan Aceh

Sumber: Instagram @88miqbll

Aceh selalu menyimpan keindahan di balik alam liarnya. Tak hanya memiliki banyak hutan tropis dan pegunungan hijau yang menyejukkan, Aceh juga memiliki banyak air terjun cantik yang tersimpan di balik lebatnya hutan belantara. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Aceh, salah satunya adalah Air Terjun Kuta Malaka.

Lokasi Air Terjun Kuta Malaka

Sumber: wahyuikramullah

Air terjun cantik ini berada di bukit Kuta Malaka, atau secara administratif berada di desa Samahami, kecamatan Kuta Alam, kabupaten Aceh Besar. Jika kamu berasal dari ibu kota provinsi Aceh, Banda Aceh, maka kamu harus menempuh perjalanan sejauh 45 menit atau dengan waktu tempuh sekitar satu jam untuk bisa sampai ke bukit Kuta Malaka.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, kamu masih harus menempuh perjalanan panjang yang berliku. Akses jalan yang belum diaspal membuat para pengunjung harus menggunakan sepeda motor arau mobil gardan ganda untuk menuju ke lokasi. Tak hanya itu, mereka juga harus melalui jalan yang berkelok-kelok, naik turun bukit, dan melewati beberapa sungai dengan kedalaman sekitar 80 cm. Tak ada jembatan di sungai tersebut, sehingga mau tidak mau para pengunjung harus terus memacu kendaraannya untuk membelah sungai tersebut. Perjalananmu menuju ke lokasi air terjun dipastikan akan semakin berat jika turun hujan, karena jalanan akan semakin licin dan tak jarang menyebabkan mobil atau motor terperosok atau selip. Meskipun demikian, perjalananmu tetap akan terasa menyenangkan karena ditemani oleh barisan pepohonan rindang dengan udara yang sejuk.

Oleh sebab itu, destinasi wisata ini akan sangat cocok bagi mereka yang memiliki jiwa petualang. Karena memang butuh pejuangan ekstra untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Kuta Malaka.

Pesona dan Fasilitas di Air Terjun Kuta Malaka

Sumber: Instagram@nadillah_bamoualim

Namun lelahmu selama berada di perjalanan akan langsung terbayar lunas ketika sampai di puncak bukit Kuta Malaka. Dari atas bukit, kamu akan disuguhkan keindahan alam berupa rangkaian perbukitan hijau, daratan kota Aceh, dan keindahan selat Malaka yang terlihat samar-samar dari kejauhan. Di sana kamu juga akan menemukan bangunan semi-permanen yang memang digunakan untuk tempat parkir kendaraan. Oleh sebab itu, kamu tak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraanmu.

Sumber: Instagram @gingimiss

Dari bukit Kuta Malak, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menembus hutan sejauh 200 meter dan melalui sekitar 400 anak tangga untuk bisa sampai ke lokasi. Begitu sampai, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan Air Terjun Kuta Malaka yang begitu menawan, bagaikan oase di tengah-tengah hutan. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan, yang di mana setiap tingkatannya memiliki ketinggian yang berbeda-beda, antara 3 hingga 6 meter.

Sumber: Instagram @banda_aceh

Aliran Air Terjun Kuta Malaka berasal dari mata air pegunungan, sehingga terlihat sangat jernih dan menyegarkan. Saking jernihnya, dasar telaga yang berada di bawah air terjun bisa terlihat dengan sangat jelas. Akan tetapi air akan sedikit keruh ketika di musim penghujan.

Namun sayang, destinasi wisata seindah Air Terjun Kuta Malaka belum dikelola secara maksimal. Oleh sebab itu, faasilitas di sana pun masih terbilang sangat minim. Kamu tak akan menemukan warung penjual makanan atau minuman di sana, sehingga kamu harus mempersiapkan perbekalan dari rumah.

Aktivitas di Air Terjun Kuta Malaka

SUmber: disbudpar.acehprov.go.id

Bagi kamu yang tak membawa perbekalan, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa menghabiskan waktumu untuk bermain air atau sekedar berenang di telaga yang berada di bawah air terjun. Tak perlu takut, karena aliran air terjun yang tak begitu deras membuat telaga tersebut cukup dangkal.

Tapi bagi kamu yang membawa perbekalan dari rumah, menikmatinya bersama keluarga di atas tikar sambil ditemani suara guyuran air terjun akan menjadi perpaduan yang pas. Suasana harmonis dan damai akan berbaur menjadi satu, dan menjadikanmu semakin betah untuk berlama-lama di sana. Namun ingat, selalu jaga kebersihan wisata alam, karena kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kuta Malaka

Untuk bisa menikmati keindahan lukisan Tuhan bernama Air Terjun Kuta Malaka, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Bagaimana, murah bukan?

Comments

Loading...