OUR NETWORK

Air Terjun Suhom, Lukisan Tuhan yang Sangat Menawan di Aceh

Provinsi paling ujung di Indonesia, Aceh, memang sempat mengalami masa-masa kelam usai dilanda gelombang tsunami dahsyat pada tahun 2004 yang lalu. Bencana itu pun meninggalkan duka yang mendalam, karena memakan korban lebih dari 200 ribu jiwa. Akan tetapi dibalik peristiwa kelam tersebut, sebenarnya Aceh memiliki banyak keindahan alam yang sangat mengagumkan. Hal itu pun seolah-olah menjadi cara terbaik dari Tuhan untuk mengembalikan senyum warga Aceh.

Sumber: Instagram @zammilzam

Selain pantai yang indah, Aceh juga memiliki banyak air terjun indah yang berlindung dibalik lebatnya hutan. Oleh sebab itu, air terjun di Aceh mayoritas memiliki udara sejuk, suasana tenang nan damai, dan air yang begitu segar, karena belum tercemar oleh limbah. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Aceh, salah satunya adalah Air Terjun Suhom yang di mana pemandangannya bisa membuatmu takjub.

Lokasi Air Terjun Suhom

Sumber: Instagram @geopark_aceh

Air terjun ini sendiri berada di desa Kreung Kala, kecamatan Lhoong, kabupaten Aceh Besar. Dari Banda Aceh, yang menjadi ibu kota provinsi Aceh, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 75 km untuk bisa sampai ke lokasi. Akan tetapi akses menuju ke Air Terjun Suhom tak terlalu berat, karena jalannya sudah diaspal dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Meskipun demikian, para pengemudi harus tetap waspada, karena mereka akan menemukan banyak tanjakan dan tikungan curam selama di perjalanan. Oleh sebab itu, kondisi kendaraan yang fit dan penguasaan medan akan sangat dibutuhkan untuk menuju ke lokasi air terjun.

Sumber: Instagram @pringadisurya

Meskipun jauh dan cukup ekstrem, akan tetapi kamu dijamin tak akan pernah bosan selama di perjalanan. Karena kamu akan ditemani oleh panorama alam Aceh yang begitu mengagumkan selama di perjalanan, suara burung dan jangkrik yang saling bersahutan akan menciptakan suasana yang sangat damai.

Sumber: Instagram @tsgkasijadi

Lokasinya yang tersembunyi membuat banyak wisatawan yang tak mengetahui keberadaannya jika baru pertama kali berkunjung di sana. Karena ketika akan sampai, kamu harus melalui jalan yang cukup sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil. Oleh sebab itu, tak jarang para pengunjung harus bertanya kepada warga sekitar untuk bisa menemukan lokasi air terjun.

Pesona dan Fasilitas di Air Terjun Suhom

Sumber: Instagram@pringadisurya

Sekitar 100 meter mendekati lokasi air terjun, para pengunjung sudah bisa mendengar suara gemuruh air terjun dengan ketinggian 50 meter tersebut. Air Terjun Suhom sendiri dikelilingi oleh perbukitan dan tebing yang berdiri kokoh, sehingga mencipatakan suasana sejuk nan asri.

Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkatan, dengan ketinggian dan panorama yang berbeda-beda di setiap tingkatannya. Di sekitar air terjun juga terdapat banyak bebatuan besar, yang tak jarang digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai menikmati keindahan alam lukisan Sang Pencipta.

Sumber: Instagram @dhennysetyaji

Di bawah air terjun terdapat kolam dengan kedalam 2 hingga 5 meter, sehingga sangat tidak disarankan untuk digunakan berenang oleh anak-anak. Jika ingin bermain air, anak-anak bisa melakukannya di sungai yang menjadi terusan air terjun, karena memang cukup dangkal. Meskipun demikian, orang tua harus tetap mendampingi anak-anaknya, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk fasilitasnya sendiri terbilang sudah cukup lengkap. Selain telah disediakan area parkir yang luas, di sana kamu juga bisa dengan mudah menemukan toilet dan kamar ganti. Terdapat juga mushalla, yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah. Jika kamu lapar atau pun haus, di sana juga terdapat beberapa warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Aktivitas di Air Terjun Suhom

Sumber: makmurdimila

Selain berenang dan bermain air yang telah disebutkan di atas, di sana kamu juga bisa hunting foto. Karena memang alam di sekitar Air Terjun Suhom sangat menawan dan memiliki banyak landscape yang indah. Jika tidak membawa kamera atau smartphone, kamu pun bisa bersantai menikmati keindahan alam dari Air Terjun Suhom. Dengan kondisi alam yang masih asri dan udara sejuk berpadu dengan suara gemuruh air terjun, dijamin kamu tak akan bosan meskipun hanya duduk bersantai menikmati keindahannya.

Di musim-musim tertentu, di sana juga banyak ditemukan para penjual durian. Karena memang lokasi Air Terjun Suhom cukup dekat dengan areal perkebunan durian milik warga. Bersantai sembari menikmati kelezatan buah durian akan menjadi aktivitas yang pas.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Suhom

Dari informasi yang didapat, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah per orang untuk bisa masuk menikmati keindahan Air Terjun Suhom. Dengan tak merogoh kocek yang terlalu dalam, kamu sudah bisa mendapat keindahan alam yang cukup mengagumkan.

Comments

Loading...