OUR NETWORK

Air Terjun Lembah Anai, Air Terjun di tepi Jalan Sumatera

Sumber Gambar: travel.detik.com

 

Menjelajah Indonesia rasanya akan terasa kurang bila anda tidak mengunjungi Sumatera Barat. Di sini, anda akan disuguhkan dengan pesona bukit tinggi, Padang panjang, dan berbagai kota lainnya yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Air terjun lembah anai yang konon katanya, keberadaan objek wisata ini pun menggemparkan berbagai media. Jembatan kayu taman yang semula kokoh berdiri pun harus roboh karena, terjangan debit air yang begitu keras akibat hujan deras mengguyur kawasan ini.

Sumber Gambar: mediaindonesia.com

Sejumlah pohon pun berjatuhan karena, kondisi tanah yang longsor. Menariknya, tempat ini berada di samping jalan raya. Sehingga, siapa pun bisa menikmatinya dari jalan raya tanpa harus turun dari mobil. Selain itu, air terjun lembah anai merupakan bagian dari tujuh air terjun yang akan memanjakan mata anda.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati berbagai macam keindahan yang ditawarkan di Air terjun lembah anai. Anda hanya harus membayar uang sebesar 2 ribu rupiah saja. Harga yang murah bukan untuk sebuah wisata yang sangat mengesankan ini. Tetapi, bila anda tidak ingin membayar maka, anda bisa menikmatinya dari jalan raya saja.

Alamat dan Rute Lokasi


Objek wisata ini terletak di Singgalang, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Menuju ke objek wisata ini sebenarnya sangat mudah. Anda bisa masuk melalui bandara minangkabau dengan jarak kurang lebih 46, 5 km dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam 21 menit

Rute yang yang harus ditempuh menggunakan jalan lintas barat sumatera, atau jalan raya padang – bukit tinggi. Selama perjalanan anda akan menikmati berbagai macam keindahan dan pesona alam padang panjang yang membuat anda akan terpesona dan tidak bisa berkata-kata apa pun.

Fasilitas yang Ditawarkan

Sumber gambar: langgam.id

Saat anda tiba di tempat ini, anda akan disuguhkan dengan air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 35 meter. Debit airnya cukup deras disarankan jangan terlalu dekat bila tidak ingin terkena rintik air. Selain itu, anda juga akan melihat tingginya pepohonan hijau yang mengesankan. Selain itu, ada juga rel bekas yang dahulu pernah menghubungkan kota padang panjang dengan kota yang lainnya. Rel ini juga sebagai jalur pengangkut batu bara pada tahun 1881.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Sayangnya, rel ini pun sudah tidak lagi aktif karena, stasiun padang panjang sebagai penghubung terdekat dari objek wisata ini sudah di non aktifkan. Seperti halnya, Stasiun bukit tinggi yang juga sudah di non aktifkan pula. Lantaran produksi batu bara yang sudah tidak ada lagi.

Kawasan ini merupakan cagar alam yang di tetapkan oleh pemerintahan Hindia Belanda. Dimana, luasnya mencapai 221 hektar. Ditumbuhi beberapa tanaman langka dan juga beberapa satwa seperti, harimau, macan tutul, babi hutan,  dan berbagai spesies burung dan kera.

Sumber gambar: travel.okezone.com

Setelah puas menikmati berbagai macam keindahan alam Lembah anai.Saatnya untuk menikmati berbagai menu oleh-oleh yang tersedia di kawasan ini. Ada souvenir-souvenir cantik nan menawan yang bisa anda beli dengan harga yang cukup bersahabat.

Penginapan Sekitar

Rasanya menikmati objek wisata ini terasa sangat melelahkan. Jangan takut karena, di dekta objek wisata sudah hadir penginapan dengan fasilitas yang mumpuni. Penginapan tersebut bernama Puri Gevana Guest House. Terletak di Batipuh Baruah, Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27122.

Sumber Gambar: oyorooms.com

Pelayanannya cukup baik dan juga ramah. Selain itu, di sekitar penginapan anda akan disuguhkan dengan area sawah yang menyegarkan. Tempatnya pun sangat bersih dengan bed untuk tidur yang cukup empuk. Jarak dari tempat ini menuju ke Lembah Anai Waterfall kurang lebih 24 menit saja. Selain itu, dari tempat ini anda juga bisa ke desa wisata Kubu Gadang yang jaraknya hanya 5 menit saja berjalan kaki. Harga per malam per kamarnya mulai dari 225 ribu rupiah saja. Murah sekali bukan?

Air Terjun Lembah Anai adalah keindahan sempurna dari sumatera barat. Anda wajib membawa kamera yang mumpuni agar semua keindahan alam yang ada disini bisa anda abadikan ke dalam gambar dan foto. Bila, banyak wisatawan yang sudah datang ke tempat ini dan mengakui keindahannya. Lalu, bagaimana dengan anda? Kapan akan mengunjungi objek wisata ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…