OUR NETWORK

Air Terjun Maddenge, Air Terjun Unik Berhiaskan Tebing Raksasa di Camba – Kabupaten Maros

Sumber: travel.detik.com

Tahukah anda Kabupaten Maros banyak memiliki ragam air terjun yang cantik loh. Salah satunya yaitu Air Terjun Maddenge. Apakah anda pernah mendengar nama air terjun ini sebelumnya? Air Terjun Maddenge berlokasi di Desa Pattiro Deceng, tepatnya di Kecamatan Camba, Maros.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas air terjun tersebut. Penasaran apa saja daya pikat yang dimilikinya? Berikut ulasan spesial tentang Air Terjun Maddenge.

Populer Berkat Unggahan di Sosmed

Sumber: Instagram @_kakituli

Nama lain dari Air Terjun Maddenge adalah Air Terjun Pattiro Deceng. Kenapa bernama lain demikian? Ya , karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya di atas, lokasi Air Terjun Maddenge memang berada di desa dengan nama tersebut.

Sebelum terkenal, seperti sekarang air terjun ini hanya tersohor dikalangan warga sekitarnya saja. Namun setelah banyak yang membagikan keindahannya di jagat dunia per-sosmed-an, banyak yang penasaran dan mengunjungi obyek wisata ini. Alhasil Air Terjun Madengge pun kian populer.

Unik!

Sumber: Instagram @visitsulsesofficial

Air Terjun Maddenge termasuk berbeda alias unik dibandingkan air terjun biasa sebab luncuran airnya mengalir diantara celah tebing dengan ketinggiannya kurang lebih sekitar 6 meter.  Ya, tepatnya dua tebing berukuran raksasa. Di antara dua tebing tersebut juga mengalir aliran sungai yang biasa dijadikan wisatawan sebegai tempat berendam. Aliran sungai tersebut berasal dari mata air Gunung Bulusaraung

Saat berada di sini anda akan merasakan sensasi seperti tengah berada di dalam ruangan yang temboknya terbuat dari batu tebing dan beratapkan langit biru. Uh, sungguh memberikan kesan kebahagiaan tersendiri. Selain itu di sekitar air terjun anda juga bisa melihat pemandangan terasering, sehingga menambah nilai eksotisme saat berada di tempat ini.

Sumber: id-blog.zenrooms.com

Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Maddenge, seperti langsung menceburkan diri untuk menikmati air segar, menggelar tikar sambil makan-makan bersama sahabat, berfoto di berbagai titik spot atau  menggantung hammock di pohon untuk tidur-tiduran. Hihi. Lakukan apapun yang anda sukai, selagi itu dalam batas positif. Buatlah kebahagiaan sebanyak mungkin ketika berlibur di sini.

Sumber: Instagram @visit_sulses

Saking menyenangkannya mungkin anda akan lupa dengan waktu dan tanpa terasa tiba-tiba matahari sudah mau berpulang saja. Jangan khawatir, apabila masih enggan untuk berpisah, anda bisa menginap di sekitaran Air Terjun Maddenge ini dengan mendirikan tenda.

Rasakanlah sensasi menginap di hutan belantara. Jangan lupa jika ingin ber-camping di Air Terjun Madengge anda harus membawa jaket tebal sebab kondisi udara pada malam hari sangatlah dingin. Anda juga jangan terlalu khawatir dengan akan adanya gangguan dari hewan liar, sebab kera atau pun babi hutan sudah jarang dijumpai semenjak banyak warga yang bermukim serta berladang di area lereng perbukitan.

Cara Menuju Lokasi

Nah, untuk menuju obyek wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun empat. Berangkatlah terlebih dahulu ke Dusun Maddenge.  Jarak menuju daerah ini berbeda-beda, tergantung dari mana anda memulai perjalanan. Gunakan Google Maps supaya lebih mudah dan terarah serta cepat ketika akan menuju dusun ini.

Setelah melewati jalan masuk Taman Nasional Bantimurung Maros, anda tinggal lurus saja menuju jalan layang. Jalan ini merupakan jalan masuk di Camba Kabupaten Maros. Jalanannya cukup berbelok-belok, banyak tebing juga tikungan. Pastikan anda mengemudi dengan hati-hati. Walau begitu selama perjalanan tersebut ada yang menarik, loh. Dibeberapa titik anda akan menemukan sekelompok monyet keluar dari hutan menuju Jalan Poros Camba. Para monyet tersebut memang cukup bandel karena terkadang berhenti sembarangan, sehingga membuat jalanan jadi agak padat. Moment ini pun kerap kali dimanfaatkan pengendara dengan memotret monyet tersebut untuk dibagikan ke social media .

Setelah sampai di Dusun Maddenge, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati kawasan hutan jati sekitar 1 kilometer, lalu akan langsung tiba di air terjun ini.

Selain dengan menggunakan kendaraan pribadi anda juga bisa naik angkutan umum seperti naik mikrolet dari Kota Maros atau pun Makassar dengan arah tujuan menuju Camba. Tarifnya sekitar 50 ribu rupiah.

Demikianlah ulasan menarik tentang Air Terjun Maddenge. Menarik untuk dikunjungi bukan? Jika anda merasa memiliki pendapat yang sama, jangan ragu lagi apabila waktu libur telah tiba langsung agendakan untuk berlibur ke tempat ini.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…