OUR NETWORK

Pantai Melasti di Krui – Lampung Hadirkan Nuansa Kental Ala Bali

Sumber: tripadvisor.co.id

Tahukah anda banyak sekali masyarakat Bali yang tinggal di Lampung. Masyarakat tersebut tersebar di berbagai wilayah, Ada yang berada di Lampung Tengah, Lampung Selatan, sampai Pesisir Barat juga Way Kanan

Apabila anda melalui daerah Kalianda, pasti akan mendapati rumah-rumah ala Bali yang berada di pinggiran Jalan Lintas Sumatera. Kebanyakan dari masyarakat yang tinggal di rumah tersebut memang berasal dari program transmigrasi pemerintah. Tidak heran jika pada akhirnya, ada beberapa tempat di Lampung yang kemudian diadopsi menjadi sangat kental dengan nuansa Bali.

Ambil contoh Pantai Melasti. Sebuah pantai yang sangat Bali sekali. Jadi untuk anda masyarakat Lampung yang ingin merasakan bagaimana rasanya berwisata seperti di pantai Bali, tinggal mengunjungi saja Pantai Melasti.

Lantas seperti apa, sih, potret Pantai Melasti itu? Berikut ulasan selengkapnya. Check this out.

Asal Muasal Dinamakan Pantai Melasti

Sumber: tripadvisor.co.id

Bagi anda yang beragama Hindu pasti tidak akan asing dengan istilah melasti. Yup, Melasti sendiri merupakan rangkaian dari perayaan hari raya Nyepi. Upacara ini biasanya dilaksanakan sebelum hari raya tersebut. Alasan kenapa kemudian pantai ini dinamakan Melasti, karena memang di pantai ini ada sebuah rumah ibadah agama Hindu berupa pura yang sering digunakan untuk menggelar upacara adat dan keagamaan. Pada saat perayaan tersebutlah, banyak sekali masyarakat yang memadati kawasan pantai ini.

Sumber: worldsurfin9.blogspot.com

Pura di Pantai Melasti bernama Tirta Bhuana. Warnanya merah mencolok. Kehadiran pura inilah yang membuat Pantai Melasti berbeda dari pantai lainnya yang berada di sekitaran Krui, Kabupaten Pesisir Barat. Hal ini juga memberikan kesan Bali dan seolah benar-benar seperti berada di pulau dewata. Apalagi jika sedang digelar upacara keagaamaan, suasana Bali pun akan terasa semakin kental.

Keindahan Pantai Melasti

Sumber: Instagram @swallowonwillow

Walaupun memang lebih sering digunakan untuk upacara keagamaan, bukan berarti wisatawan umum tidak boleh masuk ke pantai ini. Tetap saja boleh, dan asyiknya lagi, nih, anda tidak akan dikenai biaya sepeserpun untuk menikmati keindahan Pantai Melasti.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus. Air lautnya pun berwarna biru jernih sehingga sangat memanjakan mata anda. Pohon kelapa berjejer disekitar pantai dan menambah kesan ekstotis di obyek wisata ini.

Sumber: Instagram @wan_harp

Selain pohon kelapa masih banyak pohon lainnya yang bisa anda gunakan untuk berteduh ditepian pantai sembari menikmati panorama menawan Pantai Melasti, seperti pohon pinus. Di bawah pepohonan tersebutlah anda juga bisa bercengkrama bersama pasangan, sahabat atau keluarga sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Kenapa harus membawa bekal? Karena di pantai ini anda tidak akan menemukan pedagang yang berjualan. Anda bisa membeli beberapa makanan khas Lampung selama perjalanan. Makanan tersebut bisa disantap di pantai ini. Pasti menyenangkan bukan?

Sumber: liburanlampung.blogspot.com

Deburan ombak di pantai ini terbilang cukup keras, sehingga anda harus berhati-hati terlebih jika membawa anak-anak. Jangan biarkan buah hati anda mendekati bibir pantai sebab ditakutkan dapat terseret ombak. Ombak tersebut sudah beberapa kali menelan nyawa. Selain itu sangat tidak sarankan juga untuk berenang di Pantai Melasti. Tulisan “Dilarang Mandi” pun akan mudah anda temukan disekitaran pantai.

Bagi anda yang gemar ber-selfie, sangatlah cocok untuk mengabadikan moment bahagia di pantai ini bersama latar belakang Samudra Hindia. Hamparan pasirnya yang luas pun akan membuat hasil jepretan foto anda lebih memukau dan lebih instagramable.

Sumber: lampung.co

Biasanya selain berfoto dengan background pantai, wisatawan pun kerap memadati Pura Tirta Bhuana sebab memang sangat menarik untuk dibidik.

Oh, ya, jangan lupa juga untuk menikmati sunset di Pantai Melasti. Moment tersebut sangatlah indah di pantai ini, di tambah Pura yang terkena terpaan sang surya yang akan tenggelam memberikan suguhan yang begitu menawan.

Sumber: Instagram @jen.amri13

Lokasi Pantai Melasti

Pantai Melasti berlokasi di Bali Yoga, Marang, Kecamatan Pesisir Selatan. Tepatnya di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Nah, untuk mencapai lokasi ini sekarang sudah sangat gampang. Apalagi setelah dibukanya bandara di Kabupaten Pesisir Barat, sehingga wisatawan yang berminat untuk mengunjungi pantai ini dari luar provinsi pun dapat menyambanginya dengan mudah.

Sekian, ulasan singkat mengenai Pantai Melasti. Pantai menawan khas nuansa Bali. Jika sedang mencari tempat liburan seru yang menyenangkan, Pantai Melasti ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca ulasan keren lainnya terkait berbagai wisata kece di indonesia hanya di wisato.id

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…