OUR NETWORK

Air Terjun Mandin, Pesona Dibalik Hutan Borneo

Source Image: Instagram @mahimungi

Sebagai orang yang mengaku pecinta alam dan petulang, tentu saja tak lengkap apabila kamu belum coba menjamah alam Kalimantan Selatan. Alam Kalimantan Selatan memang didominasi oleh hutan yang lebat, lengkap dengan pohon-pohon yang berbatang besar. Namun mereka juga memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat mengagumkan, dan cocok untuk para petualang.

Apabila berwisata di Goa Batu Hapu dan Tahura Sultan Adam dianggap sudah terlalu biasa, kini saatnya kamu coba menjelajah ke Air Terjun Mandin. Air terjun yang terletak di balik hutan belantara Borneo itu benar-benar masih alami, dan jauh dari polusi. Kamu pun dipastikan tidak akan menyesal berkunjung ke air terjun yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Mandin

Sumber: Instagram @mahimungi

Secara administratif, Air Terjun Mandin berlokasi di Desa Gunung Raya, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Apabila datang dari Banjarbaru, rute terdekat justru bukan dari Tanah Bumbu, melainkan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kota Kandangan. Jarak tempuh Banjarbaru menuju ke Kandangan adalah sekitar 2 jam 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Setibanya di Kota Kandangan, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Lumpangi di Kecamatan Loksado. Setelah sampai di pertigaan Desa Lumpangi, ambil jalan lurus menuju ke Jalan Trans Kandangan-Batulicin menuju ke Desa Gunung Raya. Dari sana kamu tinggal tanya pada warga sekitar lokasi Air Terjun Mandin. Kendaraan pun bisa di bawa masuk hingga ke tepi Air Terjun Mandin, terutama sepeda motor, namun bagi kamu para pecinta petualang, ada baiknya kendaraan bermotormu dititipkan di rumah warga, untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki atau trekking menuju ke Air Terjun Mandin.

Pesona Air Terjun Mandin

Sumber: Instagram @suanang_gumbili

Setelah melalui perjalan yang cukup jauh dan melelahkan, kamu akan langsung disambut dengan pesona alam yang menawan di Air Terjun Mandin. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan membuat suasana di sekitar air terjun masih sangat asri dan alami, jauh dari hingar bingar klehidupan perkotaan yang gampang membuat penat.

Air Terjun Mandin memiliki bentuk yang unik, karena tidak terlalu tinggi dan cukup lebar. Tinggi Air Terjun Mandin kira-kira hanya sekitar 10 meter, sementara lebarnya antara 15 hingga 18 meter. Aliran airnya tidak cukup deras, namun yang jelas airnya sangat jernih dan terasa menyegarkan, sehingga akan menggoda para pengunjung untuk langsung menceburkan diri di dalamnya.

Menikmati Air Terjun Mandin

Sumber: Instagram @mahimungi

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan Air Terjun Mandin, kamu pun bisa menikmati keindahannya dari atas atau pun dari bawah. Alirannya yang tidak terlalu deras membuat para pengujung bisa dengan leluasa bermain air di Air Terjun Mandin. Namun, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya tidak bermain air sekitar 2 meter dari titik jatuhnya air terjun. Sementara untuk kamu yang bernyali lebih, bisa coba melompat dari atas air terjun.

Sumber: jalanwisata.id

Oh ya, jangan lupa untuk selalu membawa kamera berkualitas tinggi ketika berkunjung ke Air Terjun Mandin. Karena pesona alamnya yang sungguh menawan sangat sayang untuk dilewatkan hanya dengan pandangan mata sekilas.

Berkemah di Air Terjun Mandin

Kamu pun bisa berkemah di sekitar Air Terjun Mandin, hanya saja kamu harus meminta izin terlebih dahulu ke penjaga air terjun atau ke kepala desa setempat. Dijamin, akan menjadi pengalaman yang terlupakan, berkemah di tengah hutan belantara sambil ditemani suara gemericik Air Terjun Mandin. Untuk berkemah, kamu harus mempersiapkan semua peralatan dari rumah, karena tidak ada penyewaan alat-alat camping di sekitar lokasi.

Fasilitas Air Terjun Mandin

Sumber: Instagram @ediyasmi

Lokasinya yang cukup terpencil dan karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat, tidak ada fasilitas umum yang bisa kamu temui di sekitar lokasi. Di sana juga masih sulit untuk menemukan toilet, yang seharusnya menjadi fasilitas utama di tempat wisata.

Terlepas dari minimnya fasilitas, pemandangan yang disuguhkan membuat Air Terjun Mandin sangat layak untuk menjadi salah satu destinasi liburanmu. Kamu dijamin tidak akan menyesal berkunjung ke tempat yang satu ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…