OUR NETWORK

Puncak Asmoro Banyuwangi, Wisata yang Menebar Cerita Cinta

Source Image: merdeka.com

Apa yang pertama kali kamu pikirkan tentang Banyuwangi? Mungkin, salah satunya adalah Kawah Ijen, yang memang sangat fenomenal dengan api birunya yang langka. Namun, Banyuwangi juga lebih dari itu, masih ada beberapa destinasi wisata popular lainnya di daerah berjuluk Sunrise of Java tersebut, seperti Pulau Merah, Pantai Plengkung, Teluk Hijau, hingga Alas Purwo yang terkenal akan cerita misterinya. Selain itu, masih ada juga beberapa destinasi wisata baru di Banyuwangi, yang keindahannya tak kalah, salah satunya adalah Puncak Asmoro.

Sumber: merdeka.com

Puncak Asmoro adalah sebuah bukit yang menyajikan pemandangan unik, lengkap dengan cerita mitosnya di masa lalu yang cukup mengharukan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang memang merindukan kesejukan alam dan suasana yang damai.

Asal Usul Nama Puncak Asmoro

Sumber: Instagram @ramadhan.0401

Puncak Asmoro, begitulah nama bukit yang satu ini. Cukup unik memang, karena dalam Bahasa Jawa kata Asmoro berarti asmara atau kisah cinta. Dinamakan demikian, karena konon pada tahun 1950’an ada sepasang kekasih yang sering menghabiskan waktu mereka di puncak sebuah bukit, yang kini dikenal dengan nama Puncak Asmoro. Sayangnya, hubungan asmara mereka harus kandas di tengah jalan, karena tidak mendapat restu dari orang tua. Keduanya pun sepakat untuk mengakhiri kisah cinta mereka tepat di Puncak Asmoro, tempat yang sering mereka singgahi untuk menghabiskan waktu bersama.

Lokasi Puncak Asmoro

Sumber: Instagram @asyraf_wafiuddin

Puncak Asmoro berlokasi di Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dari pusat Kota Banyuwangi, jarak menuju ke Puncak Asmoro kira-kira 13 km, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Untuk menuju ke Puncak Asmoro ada dua pilihan jalur, pertama melalui Lingkungan Lerek dengan medan yang cukup landai dan yang kedua melalui Lingkungan Kacangan yang memiliki jarak lebih singkat, namun medan yang dilalui cukup sulit karena banyak tanjakan tajam. Tidak sulit menemukan Puncak Asmoro, terutama untuk kamu yang pernah berkunjung ke wisata Sumbermanis atau pun Kedai Kopi Lego, banyak juga petunjuk arah yang akan mengantarkan wisatawan menuju ke lokasi.

Pesona Puncak Asmoro

Sumber: Instagram @ogie_ys

Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang cukup cantik. Sepanjang mata memandang akan terlihat pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata. Suasana di Puncak Asmoro juga cukup sejuk, karena area wisata dengan luas sekitar 1 hektar tersebut berada di ketinggian 630 mdpl.

Sumber: Instagram @akangrudie_

Apabila melemparkan pandangan ke sebelah timur, Selat Bali akan terlihat dengan samar-samar. Sementara di sebelah barat terlihat deretan Pegunungan Ijen berdiri cukup gagah, yang mana akan terlihat jelas keberadaan tiga gunung, yaitu Gunung Raung, Gunung Merapi, dan Gunung Meranti. Tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam di Puncak Asmoro adalah dengan menaiki gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Puncak Asmoro

Sumber: Instagram @saputraikrom

Bisa dibilang pagi dan sore hari saat weekday adalah watu terbaik untuk mengunjungi Puncak Asmoro. Saat pagi, kamu akan merasakan sejuknya udara pegunungan dan terlihat kabut tipis yang masih menyelimuti daerah di sekitarnya. Sementara di sore hari, suasana senja akan sangat menawan, memberikan suasana yang romantis dan menebarkan cerita cinta. Sementara itu, ketika hari kerja tempat ini jarang didatangi oleh para pengunjung, sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati setiap jengkal keindahan dari Puncak Asmoro, ditambah dengan suasana damai yang menentramkan. Berbeda saat akhir pekan atau hari libur, Puncak Asmoro akan dipadati wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Walau pun menyajikan pemandangan yang indah, namun para pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 2.000 rupiah per orang, ditambah 1.000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan roda dua. Bagaimana, murah bukan?

Fasilitas

Sumber: Instagram @osingstudio

Soal fasilitas jangan khawatir, karena fasilitas penunjang di Puncak Asmoro sudah cukup lengkap. Selain telah tersedia gardu pandang, di sana juga telah tersedia toilet dan gazebo yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat. Di puncak bukit juga terdapat beberapa warung yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Puncak Asmoro? Wisata murah meriah yang menyajikan pemandangan berkelas.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…