OUR NETWORK

Pesona Banjarbaru yang Tercermin di Danau Seran

Source: Instagram @hendraar

Kalimantan Selatan kini sudah mulai berbenah, secara perlahan pemerintah setempat mulai memperhatikan sektor wisata untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pemasukan daerah. Maka tak heran, kini mulai bermunculan destinasi wisata baru di Kalimantan Selatan, lengkap dengan fasilitas yang sangat mendukung dan memanjakan para pengunjung. Ngomong-ngomong soal wisata, tentu saja wisata bahari masih menjadi andalan Kalimantan Selatan, karena memang secara geografis mereka berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah selatan dan Selat Makassar di sebelah timur. Pulau Derawan, Pulau Tanjung Kunyit, Pulau Birah Birahan, hingga Pantai Teluk Tamiang adalah sedikit dari banyaknya wisata bahari ternama di Kalimantan Selatan.

Sumber: Instagram @wargabanua

Di Kalimantan Selatan banyak juga danau buatan, yang tercipta akibat bekas galian tambang, salah satunya adalah Danau Seran yang berada di Banjarbaru. Walau pun tidak tercipta secara alami, namun Danau Seran mampu menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, cocok sebagai tempat berlibur di akhir pekan.

Sekilas Tentang Danau Seran

Sumber: Instagram @ihsan.kamrie

Wilayah Danau Seran dulunya adalah tempat penambangan nikel milik PT Galuh Cempaka. Setelah sumber daya alam dikeruk habis dan aktivitas penambangan berhenti, tempat ini dibiarkan terbengkalai begitu saja, hingga kubangan sisa galian terisi penuh oleh air hujan dan membentuk sebuah danau. Walau pun tidak ada lagi aktivitas penambangan di lokasi, namun lahan tersebut masih dalam penguasaan PT Galuh Cempaka hingga tahun 2034 mendatang.

Lokasi Danau Seran

Sumber: Instagram @itik_bejalanan

Secara administratif, Danau Seran terletak di Jalan Guntung Manggis, masuk ke dalam wilayah Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, lokasi persisnya danau ini berada di belakang Perumahan Fitria Residence. Apabila berkunjung dari Kota Bajarmasin, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 35 km dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam perjalanan darat. Perjalananmu menuju ke Danau Seran dijamin tidak akan membosankan, karena akan melewati areal persawahan hijau khas Kalimantan, ditambah dengan akses jalan sudah memadai, lebar dan teraspal mulus. Lokasi Danau Seran juga mudah dijangkau, karena terletak di dekat jalan raya. Hanya saja untuk menuju ke sana tidak ada angkutan umum, sehingga satu-satunya pilihan adalah menggunakan kendaraan pribadi, entah itu roda dua atau pun roda empat.

Pesona Danau Seran

Sumber: Instagram @hendraar

Setelah tiba di Danau Seran, pandanganmu akan langsung dimanjakan dengan alam yang hijau, lengkap dengan udara yang sejuk. Danau Seran memiliki luas sekitar 10 hektar, yang mana di bagian tepinya tumbuh banyak pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Air di danau tersebut juga cukup jernih dan tenang, terlihat sangat menyegarkan. Walau pun demikian, para pengunjung dilarang untuk berenang di danau, karena kedalamannya menyentuh angka 30 meter.

Sumber: Instagram @muhammad_rifansyh

Keunikan lain dari Danau Seran adalah keberadaan pulau mungil yang terletak tepat di tengah-tengahnya. Pulau itu pun banyak ditumbuhi pepohonan, menciptakan suasana yang sejuk dan damai. Terdapat pula beberapa ayunan yang diikatkan di antara batang pohon.

Berkunjung ke Pulau

Sumber: Instagram @itik_bejalanan

Tidak hanya bisa menikmatinya dari kejauhan, para pengunjung juga diizinkan singgah di pulau mungil tersebut, dengan cara menyebrang menggunakan perahu mesin, atau dalam bahasa setempat disebut perahu klotok. Hanya membayar biaya sewa sebesar 10 ribu per orang, perahu dengan kapasitas maksimal 10 penumpang itu pun siap untuk mengantarkanmu ke pulau tersebut.

Fasilitas di Danau Seran

Sumber: Instagram @kawanrimba

Danau Seran adalah tempat wisata yang sudah dikelola sedemikian rupa, sehingga memiliki fasilitas lengkap yang bisa memanjakan para pengunjung. Selain tempat parkir yang luas, kamu juga tidak akan kesulitan untuk menemukan toilet, atau pun warung-warung sederhana yang menjual aneka minuman dan makanan ringan dengan harga terjangkau, antara 10 hingga 15 ribu rupiah. Di sana juga telah tersedia sepeda air dan perahu, kamu pun bisa menyewanya dengan hanya membayar 20 ribu rupiah untuk berkeliling danau selama kurang lebih 30 menit. Tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan, menikmati Danau Seran di atas sepeda air sambil menikmati kesejukan alam sekitar.

Itulah sekilas tentang Danau Seran, sebuah danau cantik yang terletak di tengah alam Banjarbaru. Jangan meninggalkan apa pun di tempat wisata, kecuali jejak. Jangan mengambil apa pun kecuali gambar, dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…