OUR NETWORK

Air Terjun Oehala, Air Terjun Menawan Dengan 7 Tingkat

Sumber: indonesiakaya.com

Sampai saat ini, air terjun masih dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang mampu menghadirkan keseruan dan keceriaan. Walaupun, harus berjuang menyusuri jalan setapak. Namun, semua usaha yang dilakukan tidak akan mengkhianati hasil. Salah satunya adalah air terjun oehala.

Airnya berasal dari mata air Gunung Mutis. Terasa dingin, jernih, dan sangat menyegarkan bila tersentuh oleh Kulit. Apalagi, bila kamu datang dari Kota Kupang yang memang terkenal dengan suhu panasnya. Masuk ke tempat ini serasa berada di surga saja.

Mengenal Air terjun Oehala

Objek wisata ini disebut atau juga dikenal sebagai Air Terjun Tujuh Tingkat. Maklum saja, setibanya disana, kamu akan melihat eksotisnya air terjun yang turun dari tingkat ke 7. Air dari tempat ini akan langsung bermuara ke Samudera Hindia. 

Sumber: tempatwisata.pro

Debit airnya sangat besar sehingga, disarankan jangan terlalu mendekat agar kamu tidak basah kuyup. Untuk bisa menikmati setiap keindahannya, kamu akan ditarik tiket masuk seharga 5 ribu rupiah. Ditambah dengan uang parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor. Dan, 5 ribu rupiah bagi yang membawa mobil.

Daya Tarik Air Terjun Oehala

Sumber: Instagram @ntagitatanzelia

Daya tarik utama objek wisata adalah air terjunnya yang mempunyai sebuah kolam alami, Tidak terlalu dalam memang sehingga, banyak wisatawan bisa memanfaatkannya untuk berenang atau juga berendam. Disini pula, kamu bisa melihat beberapa lopo.

Sumber: indonesiakaya.com

Bila di jawa bisa diartikan sebagai saung. Tempat istirahat khas Timor yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk dan menikmati nuansanya. Menariknya, atapnya menggunakan daun jerami lho. Jadi, masih asli dan sangat tradisional. Walau begitu, lopo ini bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto lho.

Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati pun cukup banyak lho. Ada ruang ganti, toilet dan mushola. Kondisinya memang tidak terlalu bagus. Tetapi, tetap layak untuk kamu gunakan. Semoga kedepannya, lebih diperhatikan lagi ya, semua fasilitas umum ini.

Cara Menuju ke Air Terjun Oehala

Kawasan ini terletak di Desa Oehala, Kota Soe, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. menuju ke objek wisata ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu pergi ke kupang terlebih dahulu. kalau kamu dari solo, ada maskapai yang akan mengantarmu ke sana.

Tetapi, maskapai tersebut akan transit terlebih dahulu ke Denpasar. Keberangkatan pagi sekitar pukul 7 pagi dengan harga mulai dari 1 juta 300 ribu rupiah. Perjalanan yang dibutuhkan hanya 3 jam saja. Dengan transit di Denpasar kurang lebih selama 30 menit.

Setelah sampai di Kupang kamu bisa menyewa kendaraan pribadi yang tidak jauh dari Bandara. Harganya mulai dari 200 ribu untuk mobil dan 100 ribu untuk motor. Perjalanan dari Kupang kurang lebih 110 kilometer. Atau ditempuh sekitar 3 jam sampai 4 jam lamanya.

Sumber: Instagram @arlettenikita

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan transportasi umum lho. Dengan naik bus dengan tujuan Kupang – Kefamenanu atau Kupang – Atambua. Turunlah di pertigaan Kapan. Menuju ke pertigaan ini kurang lebih 4 jam hingga 5 jam. Memang lebih lama, maklum saja bus ini lebih banyak berhenti untuk naik dan turun penumpang.

Setelah turun di perempatan, kamu bisa melanjutkan menggunakan ojek yang bisa kamu nego sendiri. Biasanya kamu harus membayar 35 ribu hingga 50 ribu rupiah. Kurang lebih selama 50 menit kamu akan sampai di area pintu masuk air terjun. Jangan senang dulu ya. Perjuanganmu tidak berhenti sampai disini saja.

Sumber: nativeindonesia.com

Kamu harus berjalan menuruni anak tangga kurang lebih jumlah 132 anak tangga. tidak lurus melainkan berkelok. Jadi, kamu harus berhati-hati ya. Apalagi, sehabis hujan, pasti licin dan bisa membuat kamu terjatuh.

Kesimpulan

Di area parkir sudah banyak warung-warung yang menjual makanan dan minuman yang sudah banyak dijual. Jadi, manfaatkan benar untuk membeli beberapa kebutuhan selama melakukan perjalanan ya.

Air Terjun Oehala adalah panorama lain Kota Soe yang memang tidak akan ada habisnya. Kota dingin ini memang sangat pantas dijadikan sebagai penghilang penat. Terutama saat beban kerja menumpuk. Bagaimana dengan keindahannya, sudah siap mengunjungi objek wisata ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…