OUR NETWORK

Taman Nasional Loh Liang, Tempat Hidup Para Komodo

Sumber: pegipegi.com

Saat ini, kawasan taman nasional semakin sering diserbu oleh wisatawan. Dimana, ada flora dan fauna endemik yang bisa ditemukan disini. Salah satunya adalah  Taman Nasional Loh Liang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Komodo.

Kawasan Pulau Terbesar di antara beberapa pulau yang ada disini. Disini pula kamu bisa melihat hewan komodo yang merupakan salah satu hewan predator terganas di dunia. Walaupun, bentuknya yang tinggi dan sedikit bongsor. Namun, kecepatan larinya bisa melebihi kuda dan penciumannya sangat tajam.

Seputar Taman Nasional Loh Liang

Tidak hanya komodo saja, kamu juga bisa melihat berbagai macam hewan lainnya seperti burung kakak tua, rusa, dan beberapa spesies fauna lainnya. Terdiri dari hutan-hutan yang mempunyai cuaca sangat panas. Jangan lupa pakai sunblock dan payung bagi yang tidak tahan dengan panasnya

Sumber: nasional.republika.co.id

Nama Loh Liang sendiri diambil dari sarang-sarang komodo yang bisa kamu temui disini dalam bentuk lubang. Karena, dalam bahasa labuan bajo tempat ini memiliki arti Teluk Lobang

Aturan yang harus kamu Patuhi

Sumber: nttpembaruan.com

Satu hal yang wajib kamu penuhi adalah beberapa aturan yang sudah dibuat oleh pihak pengelola. Aturan ini ditujukan agar para pengunjung aman dan tidak di kejar-kejar oleh hewan buas ini. Maklum saja, kehidupan liarnya membuat insting liar masih sangat tajam.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tidak boleh membuat kegaduhan apalagi berisik. Usahakan setiap langkahmu tenang dan meminimalisir suara. Bila Komodo ini merasa terancam, mereka tidak segan-segan menyerang lho.

Sumber: pegipegi.com

Selanjutnya adalah jangan memberi mereka makan. Di tempat ini sudah banyak rusa yang dilepas liar. Rusa inilah yang menjadi makanan utama mereka. Selanjutnya, jangan sampai terpisah dengan rombongan. Bila itu terjadi, tidak usah panik dan cari jalan menuju ke pantai.

Cara Menuju ke Taman Nasional Loh Liang

Menuju ke pulau komodo memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dimana, kamu bisa menggunakan kapal dari Labuan Bajo yang menempuh waktu kurang lebih 4 jam sampai 5 jam lamanya. Di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan laut dan pulau-pulau yang sangat mengesankan. 

Aktivitas Di Taman Nasional Loh Liang

Sumber: m.bizlaw.id

Hal yang bisa kamu lakukan disini adalah menjelajah hutan, melihat berbagai macam kehidupan fauna disini. Hanya saja, kamu wajib menggunakan guide. Agar kamu aman dari terkaman komodo. Satu hal yang harus diperhatikan adalah patuhi segala aturan yang ada.

Komodo sendiri akan meletakkan semua telurnya ke dalam sebuah lubang yang memiliki kedalaman 2 sampai 3 meter. Musim kawin hewan satu ini jatuh pada bulan juli hingga agustus. Dimana, setiap bertelur mampu menghasilkan lebih dari 30 telur lho. Biasanya akan menetas bulan Februari hingga Maret.

Sumber: phinemo.com

Ada tiga trek yang bisa kamu pilih mulai dari pendek, sedang, hingga tinggi. Hanya saja, kamu belum tentu bisa melihat komodo ini ya. Karena, hewan yang satu ini berada liar di alam bebas. Kita pun tidak tahu dimana keberadaannya.

Selain trekking, kamu juga bisa menikmati sajian pantainya yang menawan lho. Kegiatan wajib yang tidak boleh kamu lewatkan adalah permainan snorkeling. Karena, dunia bawah lautnya mempunyai pemandangan biota dan karang-karang yang tidak kalah mengesankannya.

Kesimpulan

Perlu diketahui di Pulau Komodo ini tidak ada sinyal sama sekali. Jadi, jangan terkejut ya, di tempat ini sudah tersedia beberapa fasilitas yang lengkap lho. Mulai dari restoran dan juga pusat wisatawan mancanegara.

Jangan lupa juga bawa perbekalan makanan dan minuman agar kamu tidak terlepas dari rombongan. Lebih baik kamu datang pagi-pagi. Karena, perjalanan tidak akan terlalu panas dan kesempatan untuk melihat komodo sangat besar. Pastikan bawa uang tunai ya atau saat di labuan bajo ambilah uang secukupnya. Karena, disini jarang  ditemukan ATM

Loh Liang menjadi salah satu akses paling tepat melihat Komodo. Sebenarnya, masih ada beberapa pulau lagi. Tetapi, di sekitarnya lebih ganas dan lebih banyak aturan yang wajib dipatuhi bila ingin selamat dari serangan hewan. Jadi, Sudah siap melihat hewan dinosaurus terakhir di muka bumi ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…