OUR NETWORK

Rombo Terintik, Wisata Alami Kalimantan Barat yang wajib Dicoba

Sumber: ngenetyuk.com

Kawasan wisata di Kalimantan Barat memang masih terbatas. Berbeda dengan wisata di beberapa kota yang sudah punya nama seperti Yogyakarta, Bali, atau juga Lombok. Tetapi, bukan tidak mungkin tempat ini tidak mempunyai keindahan layaknya di surga. Bila masih tidak percaya cobalah berkunjung ke Rombo Terinting atau Air terjun Terinting yang berada di Kabupaten Landak.

Kamu pasti sepakat bila tempat ini mempunyai keindahan yang tidak kalah dengan yang lainnya. Dari segi udara, pasti sangat sejuk. Dari segi suasana sangat asri dan alami. Tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak mengunjunginya. Karena, panoramanya sungguh nyata.

Mengenal Rombo Terintik

Sumber: Instagram @poetra_moreng

Ketinggian air terjun ini mencapai 50 meter yang berada di ketinggian 500 – 600 mdpl. Dengan pemandangan yang berbeda dari biasanya. Dimana, kamu seperti berada di atas awan lho.Melihat perbukitan yang hijau. Rasanya tidak bisa membayangkan ada panorama semegah ini di Kalimantan barat.

Satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum pergi ke sini adalah fisik dan juga mental. Perjalanannya cukup jauh bisa ditempuh hampir 5 jam. Jadi, bagi kamu yang mempunyai jiwa petualang, tidak ada salahnya berkunjung ke sini. bagi kamu yang tidak, mengapa tidak mencoba pengalaman baru. Toh, banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari pengalaman baru tersebut.

Cara Menuju ke Air Terjun

Objek wisata ini terletak di Dusun Engkangin dan Dusun Jamu Desa Sempatung Lawuk, Kecamatan Air besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Bagi kamu yang berasal dari luar pulau kalimantan bisa masuk ke pontianak terlebih dahulu. kemudian, melanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Landak sekitar 5 jam lamanya.

Keindahan Rombo Terintik

Sumber: Instagram @pesonaairterjunindonesia

Ada hal yang cukup unik yang bisa kamu jadikan pengingat saat pulang kerumah. Dimana, kamu akan melihat debit air yang bagaikan sebuah tirai menghadap ke arah hutan dan juga kumpulan awan yang hampir bisa kamu lihat. Tidak heran bila ada yang menyebutnya sebagai Air Terjun diatas Awan.

Walaupun, menuju ke tempat ini sangat sulit. Namun, keindahan yang kamu dapatkan tidak akan setengah-setengah lho. Kamu bisa melihat pesona matahari terbit yang semakin elok, karena munculnya diantara celah pepohonan. Bila kamu beruntung, cobalah bangun pukul 2 pagi.

Sumber: ngenetyuk.com

Lihatlah ke atas langit dan nikmati pesona milky way yang sangat dekat. Seperti, hanya berjarak satu genggam saja. Mengapa bisa melihat milky way? Banyak wisatawan yang memutuskan untuk melakukan perjalanan pada sore hari sekitar pukul 3 sore.

Menginap disana, dan melanjutkan perjalanan setelah matahari terbit. Hal inilah yang membuat Rombo Terintik sedikit sepi dan ramai saat weekend saja. tetapi, hal itu membuat panoramanya semakin mengejutkan mata. Apalagi, pepohonan yang menjulang tinggi, yang mampu menghadirkan suasana yang syahdu.

Setibanya di titik lokasi kamu bisa menyaksikan semua keajaiban alam Kalimantan. Debit air yang cukup deras, ditambah hamparan bebatuan yang seakan menjadi salah satu background yang apik.

Tips Berkunjung Ke Rombo Terintik

Sumber: Instagram @ffabroo_

Baiklah, bagi kamu yang ingin pergi ke tempat ini ada beberapa tips yang bisa membantu kamu agar lancar selama perjalanan menuju ke atas. Pertama, perjalanan yang ditempuh bisa mencapai 7 jam. Jangan terpaku pada waktu, istirahatlah kalau memang lelah. Ada beberapa wisatawan yang pernah menempuhnya dalam waktu 13 jam lho.

Maklum saja, jalanan menanjak khas pendakian gunung membuat tenaga kamu akan terkuras. Kemudian, jangan lupa bawa tenda. karena, dengan waktu yang panjang tidak mungkin kamu datang langsung pulang lagi bukan? jangan lupa pula bawa perbekalan yang cukup.

Sumber: bocahsenjakalimantan.blogspot.com

Setidaknya stok makanan untuk dua hari satu malam. Kalau perjalanan turun biasanya maksimal hanya memerlukan waktu kurang lebih 5 jam saja. Carilah waktu yang tepat. Usahakan jangan musim penghujan. Trek yang akan kamu lalui sangat licin, lagi pula debit airnya juga sangat deras yang cenderung membahayakan kamu.

Kesimpulan

Air Terjun Terinting Salah satu bukti nyata bahwa pedalaman kalimantan masih menyembunyikan sejuta pesona indahnya. memang membutuhkan kekuatan yang besar dan perjuangan yang tidak mudah. tetapi, karena itulah perjalanan menuju ke tempat ini menjadi sangat menyenangkan. Jadi, sudah siap pergi ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…