in

Air Terjun Rayap Keindahan Maksimal di Kawasan Aceh Utara

Sumber Gambar: Google Maps @Agis Rizkillah

Air Terjun Rayap menjadi salah satu panorama terindah yang terletak di Desa Panton Rayeuk Sa, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Harus diakui keindahannya memang luar biasa.


Perlu diketahui bahwa, air terjun ini berasal dari Sungai Rayap. Kawasannya cukup asri dan sejuk tidak heran bila banyak orang yang datang untuk menikmati kesegarannya, terutama saat weekend.

Aliran sungai yang cukup deras melewati bongkahan batu, banyak masyarakat mandi di bawahnya. Hanya saja, patuhi aturan yang sudah dibuat oleh penduduk lokal ya, karena ada beberapa tempat aman tetapi, banyak juga yang kurang aman.

Demi menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena, beberapa batu tersebut juga terdapat batu tajam. Kondisi tersebut sangat membahayakan terutama untuk anak-anak. Harus diakui, untuk tata kelolanya hanya warga sekitar saja, belum pemerintah.

Tidak heran bila fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola seadanya. Karena, biaya yang terbatas. Oleh karena itu, persiapkan perbekalan seperti air minum dan makanan, biar setelah selesai tidak perlu bingung mencarinya. Hanya saja, jangan lupa dibawa kembali dan buang ke tempat sampah agar suaranya selalu asri.

Panorama Air Terjun Rayap

Sumber Gambar: Google Maps @Rafael Shalom

Walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi suasananya memang sangat mendukung. Apalagi, kalau datang sore hari, rasanya begitu nikmat. Melihat aliran derasnya yang turun. Pepohonannya membuat suasananya begitu rindang.

Tidak salah bila setiap sabtu dan minggu, pengunjung banyak yang datang dari berbagai daerah. salah satu keunggulan yang bisa dinikmati disini, bukan hanya bermain air. Kamu juga bisa membawa makanan sendiri dari rumah serta tikar.

kemudian, duduk bersama dan menyantap hidangan bersama. Tempat quality time terbaik yang dimiliki oleh Aceh Utara. Perlu diperhatikan jarak dari Kota Lhokseumawe sendiri kurang lebih 20 kilometer, atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam lamanya.

Menuju ke objek wisata ini kamu bisa menggunakan jalur dari Simpang Buloh menuju ke Simpang Pasar Buloh Beureughang. Tidak jauh dari situ kurang lebih 100 meter, ada sebuah jembatan kemudian belok ke kanan

Perjalanan melelahkan tersebut bisa terbayar lunas dan tuntas karena eloknya pemandangan di depan mata. Apalagi, pemerintah daerah sudah membenahi jalannya sehingga, kenyamanan dan keamanan semakin terjamin.

Untuk biaya tiket masuknya hanya cukup membayar parkir saja yaitu Rp10 ribu untuk mobil dan Rp5 ribu untuk motor. Kemudian, kamu harus berjalan hingga, akhirnya sampai di titik lokasi.

Suasana Air Terjun Rayap

Sumber Gambar: Google Maps @Mulia channel

Suara gemericik air dari aliran ini memang cukup keras dan deras. Dari airnya juga cukup jernih. Disini kamu juga bisa foto selfie sampai berendam. Bila ingin menikmati seluruh areanya disarankan datang saja pada weekday.

Sehingga, kondisi pengunjungnya tidak terlalu banyak. bagi kamu yang suka memancing, jangan lupa membawa peralatannya ya. Dimana, di bawah air terjun dengan aliran yang tenang ini ada banyak ikan yang bisa dipancing.

Menurut penuturan warga sekitar ada banyak ikan kerling atau sejenis air tawar yang sejujurnya sudah mulai langka ditemui. Suasana semakin menyenangkan bila kamu berkunjung sekitar pukul 4 sore.

Jika, setelah puas mandi, kamu bisa berjalan ke area parkir kemudian mandi disana. Bila musim penghujan tiba, kondisi air akan lebih deras daripada musim kemarau. Sebelum menutup perjumpaan, perlu diingat disini adalah kawasan Aceh.

Jadi, jangan heran bila saat kalian mandi, ada tempat masing-masing bagi perempuan dan laki-laki. Hal ini bertujuan untuk menegakkan syariat islam di lingkungan wisata Air Terjun Rayap, bagaimana cukup menarik bukan?

Air Terjun Rayap adalah keindahan Aceh Utara yang tiada duanya. panorama dan suasananya membuat siapa saja puas menikmati bermain air disini. Bagaimana kalau kamu? Sudah punya rencana berkunjung ke sini? Sensasinya menarik dan luar biasa.