in

Desa Wisata Senaru Keindahan Sempurna di Lereng Rinjani

Sumber Gambar: Google Maps @Leong Ming Poh

Desa wisata Senaru menjadi pesona Indonesia di lereng Gunung Rinjani. Semua pendaki yang ingin naik ke puncak, pasti melewati wilayah ini terlebih dulu. Mengunjunginya menjadi pilihan paling tepat, karena mereka menyimpan berbagai macam keindahan, mulai dari alam sampai budaya.

Perlu diketahui, kawasan ini sangat terasa sekali unsur religi yang berbalut dengan tradisi turun-temurun. Kondisi itu dapat dilihat saat kamu menginjakkan kaki pertama kali disini. Rasanya, suasana masa lalu khas pedesaan masih sangat terasa.

Mereka tidak mau mengubah bentuk rumahnya menjadi modern, tetapi tetap bertahan dalam kesederhanaan dan tradisional. Inilah kunci utama, mengapa wisatawan saat berkunjung kesini, hatinya langsung terpikat.

Sejak nenek moyang, rumah adat penduduk Senaru selalu beratapkan rumbia, alas tanah serta pagar bedek. Saat masuk ke dalam rasanya sangat nyaman, seperti tempat sendiri, hal itu tidak lepas dari suasana pegunungan yang dingin dan sejuk.

Bangunan megah ala Desa wisata Senaru

Bukan hanya rumahnya saja, Kamu juga bisa melihat bangunan megah lainnya yang tidak kalah menawan dan eksotis. Bisa dijadikan sebagai inspirasi foto, seperti Bayan Beleq merupakan sebuah masjid bersejarah di kawasan Lombok.

Pembangunannya sendiri sejak abad ke 17. Berdiri di atas bukit, dimana sekelilingnya ada makam keluarga yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Pembangunannya juga memakai atap rumbia, dinding bambu, untuk pondasinya menggunakan susunan batu.

Konon katanya, Baya Beleq ini sendiri sudah berusia 300 tahun. Dari dulu sampai sekarang selalu digunakan sebagai tempat beribadah. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga bisa melihat rumah tetua adat namanya Gubug Karang Bajo.

Biasanya dihuni oleh para pemangku serta sesepuh dari adat setempat. Bila kamu datang, mereka akan mempersilahkan masuk ke tempat ini. Meminta izin dan melakukan berbagai ritual kecil.

Menuju ke Desa Wisata Senaru dan Akomodasi

Sumber Gambar: baliauthentique.com

Harus diakui menuju ke kawasan ini memang tidak mudah, membutuhkan perjuangan tinggi. Bagi wisatawan luar kota, disarankan untuk naik pesawat dan turun di Bandara Lombok selanjutnya, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Untuk peta menuju ke sana sudah lengkap, jadi ikuti saja petunjuknya pasti kamu akan sampai di lokasi tujuan. Waktu tempuhnya mencapai 2 hingga 3 jam lamanya. Bila terkena macet bisa sampai 5 jam.

Jangan berkunjung saat weekend, pasti kepadatan akan dirasakan. Karena, menempuh waktu yang tidak sedikit, lebih disarankan kamu mencari penginapan terlebih dahulu, dibandingkan dengan mengunjungi terlebih dulu.

Penginapan di sekitaran desa sudah cukup banyak. Ada homestay hingga hotel, untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp800 ribu sampai jutaan. Wisatawan sesuaikan saja dengan budgetnya berapa..

Perlu diketahui, masuk ke desa kamu akan dikenakan tiket masuk mulai dari Rp10 ribu saja. Disana, ada juga guide yang siap mengantarmu berkeliling dan menjawab segala pertanyaan, untuk harganya sendiri mulai dari Rp100 ribu.

Pesona Alam Desa Wisata Senaru

Bila sudah puas foto ke seluruh bangunan, rasanya ada yang kurang bila tidak berkunjung ke dua air terjun yang tersedia disini. Namanya adalah Sendang Gile, dimana untuk mencapainya wisatawan bisa mengikuti jalur pendakian.

Sumber Gambar: Google Maps @Tur ojak

Tenang, jalurnya sudah ada anak tangga, kurang lebih 500 an. Walau cukup melelahkan namun, setelah tiba disana rasa lelah hilang seketika. Apalagi, bila kamu percaya dengan mitos dimana, airnya mampu membuat kamu awet muda.

Untuk ketinggian Air Terjun Sendang Gile mencapai 600 meter, di bawahnya mengalir sungai yang mempunyai kedalaman sekitar 30 meter. Cukup dalam, oleh karena itu harus hati-hati saat berenang disini.

Air terjun yang kedua adalah Tiu Kelep, yang mempunyai ketinggian sekitat 45 meter. Debit airnya cukup deras, di bawahnya terdapat sebuah kolam yang biasa dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air, baik wisatawan atau warga sekitar.

Desa wisata Senaru menjadi tempat terbaik yang dapat dikunjungi saat pergi ke Lombok. Dimana, panoramanya begitu menggugah hati, membuat kamu malas untuk pulang. Apalagi, seluruh masyarakatnya, sangat ramah dan bersahaja.