OUR NETWORK

Air Terjun Sampuren Janji, Tempat Raja-Raja Batak Mengikat Janji

Bentang alam Indonesia memang mengesankan. Tidak hanya berupa lautan saja melainkan, perbukitan dan pegunungan yang menghasilkan pesona air terjun nan indah. Bila dilihat dari sabang sampai merauke, Ibu pertiwi mempunyai banyak sekali pesona air terjun mulai dari yang musiman hingga hadir di segala musim.

Sumber: Instagram @d_rajagukguk

Salah satunya adalah Air Terjun Sampuren Janji yang berada di Sumatera Utara ini. Hadir dengan berbagai macam keindahan. Tidak hanya soal alamnya saja melainkan, ada cerita yang bisa mengusik nurani kita semua. Tentang sejarah panjang raja-raja Batak.

Mengenal Air Terjun Janji

Sumber: Instagram @ree_doo_wan

Dari segi namanya saja sudah unik dan menarik. Apalagi, tempatnya yang ternyata berhadapan langsung dengan Danau Toba. Selain dengan pemandangan alamnya yang esoktis. alasan mengapa banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini adalah cerita mengenai 3 raja yang bersumpah dan berjanji.

Konon katanya, dahulu ada 3 kerajaan yaitu Marbun, Sinambela, dan Manulang. Ketiga rajanya tidak pernah akur sama sekali. Kemudian, mereka pun memutuskan mengadakan sebuah perjanjian damai satu dengan yang lainnya.

Setelah, perjanjian itu disepakati bersama air terjun ini pun muncul dengan sendirinya. Menariknya lagi, bila ketiga raja itu melanggarnya maka, air disini akan berhenti dengan sendirinya.

Bila dilihat dari segi sejarah, Air Terjun Janji adalah tempat untuk mengucap sumpah raja-raja di Batak sebelum mereka berangkat perang.

Alamat Dan Rute Lokasi

Sumber: Instagram @johannababan05

Air Terjun Janji Terletak di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Bagi anda yang berasal dari luar pulau sumatera, maka perjalanan pertama adalah menuju ke Medan. Bisa menggunakan jalur darat atau juga pesawat.

Bila menggunakan pesawat. Jarak dari Bandara Kualanamu menuju ke Air Terjun Janji kurang lebih 240 km atau membutuhkan waktu 6 jam 45 menit. Sayangnya menuju ke objek wisata ini kita harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena, belum ramahnya transportasi umum menuju ke objek wisata ini.

Sumber: Instagram @johnnysiahaan

Gunakan jalan tol medan untuk rute tercepat. Menuju ke pematang siantar kemudian, masuk ke jalan lintas tengah sumatera. Selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ke Jl. Raya Muara  menuju ke jl. Lintas sumatera di Tapian Nauli sejauh 20,2 km.

Lalu, arahkan kembali kendaraan anda menuju ke jalan Dolok Sanggul sejauh 11 km. Kemudian, masuk ke jalan Bakkara hingga anda sampai di Marbun Toroan, yang menjadi tempat Air Terjun Janji berada.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati semua panorama yang ada disini kita akan dikenakan biaya sebesar 8 ribu rupiah. Sementara itu, untuk biaya parkirnya sendiri kita akan dikenakan 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan kendaran bermotor, dan 10 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Panorama Air Terjun Janji

Sumber: Instagram @visit.northsumatra

Eloknya Air Terjun Janji bisa kita lihat dari ketinggiannya yang mencapai 50 meter. selain itu, disini juga terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Airnya yang jernih dan dingin membuat siapa pun tidak bisa menolaknya.

Perbukitan berupa pepohonan pun akan tersaji di depan mata yang membuat suasana dan nuansa di tempat ini seakan teduh nan meneduhakan. Kedamaian benar-benar bisa kita rasakan dan udara segar yang bisa kita hirup sepanjang waktu.

Sumber: Instagram @wonderlaketoba

Tidak hanya sampai disitu. Kolam renang alami ini ada 2, untuk laki-laki dan juga untuk perempuan. Jadi, jangan sampai salah berenang ya. Dari titik ini kita bisa melihat bagaimana eloknya Pulau Simamora yang tampak sedang melambaikan tangan itu.

Tetapi, ada satu hal yang harus kita perhatikan yaitu petunjuk untuk tidak mandi langsung di bawah air terjun. Karena sangat berbahaya, lantaran guyuran air yang cukup deras bisa-bisa saja airnya naik dan membuat anda tenggelam.

Tidak jauh dari sini, kita bisa menikmati sebuah tebing yang cukup curam dan berjajar bebatuan. Disini pula tumbuh pohon jeruk bali yang menawarkan aroma harum. Disini pula, kita bisa menemukan kolam-kolam kecil dengan debit air yang tidak terlalu besar.

Sumber: Instagram @devisimamora96

Air Terjun Sampuren Janji adalah keindahan alam Sumatera Utara yang tidak boleh anda lewatkan. Decak kagum yang tidak akan penah berhenti akan tercipta semenjak anda menginjakkan kaki disini. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan objek wisata ini dalam daftar wisata anda.

Comments

Loading...