OUR NETWORK

Pulau Simamora, Kecil-Kecil Menggoda

Indonesia adalah negara kepulauan yang menyimpan berbagai macam potensi tersembunyi. keindahannya memang belum banyak wisatawan yang tahu. Sehingga, mengunjungi ibu pertiwi di setiap jengkalnya adalah sebuah kewajiban walau jauh dan penuh rintangan. Tetapi, hasil yang didapatkan tidak akan mengecewakan.

Seperti halnya, sebuah pesona yang tersembunyi di Sumatera Utara. Biasanya, mendengar nama wilayah ini banyak wisatawan akan menyebutkan Danau Toba sebagai sebuah destinasi menarik yang tidak boleh di tolak. Tetapi, tahu kah anda bahwa Danau yang terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Toba ini punya sisi lain yang menarik.

Mengenal Pulau Simamora

Sumber: Instagram @Dody Pasaribu

Bagi anda yang pernah mengunjungi Danau Toba. Pasti sudah tahu bila objek wisata ini mempunyai berbagai macam pulau mulai dari yang besar seperti Pulau samosir. Hingga, yang kecil sekaligus seperti Simamora.

Ciri khas utama yang langsung bisa kita dari lihat Pulau Simamora adalah gundukan hijau yang menawan. Seakan kehadiran wilayah ini menambah kecantikan akan alam sumatera utara. Banyak wisatawan yang melihat dan ingin menuju ke sana, pesona apa yang dihadirkan di tempat tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

Sumber: Instagram @efrildabas

Pulau Simamora yang menjadi incaran traveler sumatera ini terletak di Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Bagi anda yang ingin menuju ke objek wisata ini, perjalanan bisa dimulai dari medan menuju ke Pulau Simamora dengan jarak tempuh mencapai 214 km. Atau menempuh waktu kurang lebih 6 jam 45 menit.

Rute yang harus di tempuh melalui jalan Jamin Ginting sejauh 59,1 km atau tetap berada di jalan ini selama 2 jam 10 menit. Selanjutnya, masuklah ke jalan Barusjahe sejauh 19,3 km. lalu arahkan kendaraan menuju ke Jl. Besar kabanjahe merek sejauh 46 km.

Dari sini arahkan kembali kendaraan menuju ke Pelabuhan III sejauh 50,8km. Kemudian, ambil jalan Pollun-Persinggguran hingga 20,2 km. Lalu, anda akan sampai di tujuan menuju ke Pulau Simamora dilanjutkan dengan menggunakan perahu sampan.

Keindahan Pulau yang Ditawarkan

Sumber: Instagram @humbahashariini

Pulau Simamora adalah sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Bukan karena, kondisi wilayahnya yang kecil. Melainkan, topografi dari pulau ini sendiri yang kurang ramah untuk dihuni. Perbukitan dengan pepohonan dan bebatuan yang begitu banyak menghiasai kawasan ini.

Sehingga, saat anda mengunjunginya. Anda hanya bisa duduk di sampan dan melihat lebih dekat lagi pesona dari Simamora. Keindahan Pulau Simamora memang mengesankan nurani. Gundukan yang terlihat dari jauh mengingatkan kita akan sebuah gambar pemandangan anak-anak mengenai sebuah pulau. Apalagi, dengan langitnya yang biru mempesona. Waktu berkunjung yang paling tepat adalah pukul 9 hingga 10 pagi.

Sumber: Instagram @johnnysiahaan

Di waktu ini, kita akan disuguhkan dengan paparan cahaya matahari yang belum terlalu menyengat, menyinari kawasan ini. Pemandangan hijau akan tampak mengesankan. Sehingga, jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni. Agar setiap momen bisa kita nikmati dan diabadikan melalui foto serta gambar.

Restoran Batu Gaja

Sumber: Instagram @sabrinamanlu

Bisa di bilang tempat ini adalah titik awal menuju ke pulau yang terlihat di seberang. Dengan perahu sampan milik nelayan. Mereka sangat siap bila sewaktu-waktu dibutukan untuk mengantar anda menuju ke Pulau Simamora. Mengenai harga anda bisa menanyakannya sendiri dan nego sendiri.

Baiklah, mari kita menyimak ada menu makanan apa saja yang ditawakan oleh restaurant ini. Maklum saja, berkeliling menyusuri Pulau Simamora membuat perut terasa lapar. Sehingga, membutuhkan asupan gizi yang cukup agar bisa kembali bertenaga.

Ada beberapa aneka makanan laut yang disajikan disini. Mulai dari ikan nila, gurame, kerapu, cumi, udang dan masih banyak lagi. Dengan berbagai macam sajian seperti bakar dan juga goreng. Ada pula asam manis, sambal rica, serta olahan lainnya yang tidak kalah menggoda.

Menariknya di Batu Gaja ini, selain juga restaurant disini menyediakan penginapan berupa hotel dengan pemandangan Pulau Simamora. Mengesankan sekali bukan, menginap di sini, dan disaat mentari pagi datang kita langsung disambut dengan pemandangan eloknya, harga penginapan berariasi mulai dari 300 ribu.

Inilah keindahan Indonesia yang bisa ditemukan dari sudut sempit. Oleh karena itu, menjelajah Indonesia tidak akan pernah rugi. Jadi, kapan anda akan berkunjung ke Pulau Simamora. Ingat, Pulau ini menanti anda untuk dikunjungi.

Comments

Loading...