OUR NETWORK

Air Terjun Tangse, Air Terjun Unik di Tepi Jalan Aceh

Sumber: limakaki.com

Aceh memang menyimpan sejuta keindahan yang luar biasa, seakan-akan merepresentasikan keindahan alam Indonesia yang sesungguhnya. Dari sederet pantai yang eksotis hingga air terjun yang menawan semuanya ada di Aceh, provinsi yang berada di ujung barat Indonesia itu. Dari sekian banyak air terjun yang berada di Aceh, salah satunya adalah Air Terjun Tangse, yang terkenal unik. Karena memang lokasinya yang berada tepat di tepi jalan Beureuneun-Geumpang.

Lokasi Air Terjun Tangse

Secara administratif, lokasi Air Terjun Tangse berada di Jalan Beureuneun-Geumpang Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Bagi para pengunjung yang datang dari ibu kota kabupaten Pidie, Kota Sigli, mereka setidaknya harus menempuh perjalanan sejauh 70 kilometer atau selama 2 jam perjalanan darat. Jika datang dari ibu kota provinsi Aceh, Banda Aceh, maka mereka harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam.

Jalan menuju ke Air Terjun Tangse memang sudah diaspal, sehingga memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung. Akan tetapi para pengunjung juga tetap harus berhati-hati, karena jalan yang berkelok dan naik turun menuntut konsentrasi yang prima dari sang pengemudi. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cuaca jika akan berkunjung ke Air Terjun Tangse, karena jalanan yang berada di tepi tebing membuatnya rawan terjadi longsor ketika turun hujan.

Sumber: air terjun tangse

Selama di perjalanan, para pengunjung secara tidak langsung akan diajak menikmati keindahan Aceh yang sesungguhnya. Karena mereka akan melewati pemandangan alam yang menawan, dengan deretan pepohonan hijau yang rindang, perbukitan, hingga areal persawahan milik warga yang cukup luas. Oleh sebab itu, kamu dipastikan tak akan bosen meskipun harus melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Tangse.

Pesona Air Terjun Tangse

Sumber: steemkr.com/@rizalfachry

Air Terjun Tangse tak seperti air terjun pada umumnya, mengingat ketinggiannya hanya sekitar 5 meter. Meskipun demikian, air terjun ini tetap menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata. Air yang jatuh dari atas tebing batu seolah-olah menciptakan tirai air abadi, dan air yang jatuh menerpa bebatuan seakan menciptakan sebuah melodi yang mampu menghipnotis setiap pengunjung atau pengendara yang melewatinya. Kerika volume air sedang besar, Air Terjun Tangse akan terlihat semakin menawan, karena ada beberapa aliran air terjun baru yang terbentuk di kanan dan kiri aliran air terjun utama. Sementara itu, aliran Air Terjun Tangse sendiri bermuara di sungai yang ada di seberang jalan.

Sumber: Youtube @
Putra Samaindra channel

Untuk aliran airnya sendiri berasal dari sumber mata air pegunungan yang berada di atasnya, jadi tak mengherankan jika airnya sangat jernih dan segar. Bahkan saking jernihnya, para pengunjung atau pun pengendara yang lewat bisa langsung meminumnya. Akan tetapi mereka juga harus tetap berhati-hati, karena bebatuan yang ada di sekitar air terjun cukup licin, sehingga bisa membuat para pengunjung terpeleset ketika akan menuruninya untuk mengambil air.

Fasilitas di Air Terjun Tangse

Sumber: steemit.com

Soal fasilitas, bisa dibilang masih sangat minim. Karena di sekitar lokasi air terjun tak ditemukan toilet, mushalla, dan tempat parkir yang nyaman. Jika ingin menikmati suasana Air Terjun Tangse, biasanya para pengunjung akan memarkirkan kendaraannya berjajar di tepi jalan.

Akan tetapi para pengunjung tak perlu khawatir jika merasa lapar atau pun haus. Karena memang di sekitar lokasi Air Terjun Tangse terdapat banyak warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Jika ingin menginap, para pengunjung juga bisa memanfaatkan tempat penginapan yang lokasinya tak jauh dari Air Terjun Tangse.

Aktivitas di Air Terjun Tangse

Sumber: steemit.com

Tak banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Air Terjun Tangse, mengingat air terjun ini tak memiliki tempat yang luas karena terhalang oleh jalan raya. Kamu hanya bisa duduk bersantai di warung-warung yang ada di sekitar air terjun, sembari meminum kopi atau menyantap mie instan.

Jika musim durian tiba, kamu bisa menemukan banyak pedagang durian dadakan di sekitar Air Terjun Tangse. Karena memang durian sendiri adalah salah satu komoditas utama di kabupaten Pidie.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tangse

Kamu tak perlu membayar sepeser pun untuk menikmati keindahan Air Terjun Tangse, alias gratis. Karena memang lokasinya yang berada persis di tepi jalan membuat siapa pun bisa melihatnya secara jelas tanpa harus bersusah payah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…