in

Bendungan Irigasi Ule Jalan Kini Menjadi Destinasi Wisata Rekomended

Bendungan Irigasi Ule Jalan
Sumber Gambar: direktoripariwisata.id

Bendungan Irigasi Ule Jalan yang terletak di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya kini bisa dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata lho! Jika kamu bosan dengan wisata yang bernuansa seperti pantai atau pegunungan, maka tempat ini patut untuk dicoba. Berwisata di bendungan? Apa sih serunya?

Jangan salah, meskipun judulnya bendungan namun pemandangan yang disuguhkan sangan memukau lho. Perpaduan antara keindahan alam alami dan buatan akan menghadirkan pemandangan yang sangat sempurna. Terlebih lagi bendungan Ule Jalan ini sudah dibangun sejak tahun 1991 – 1993. Pasti suasananya sangat berkesan deh!

Manfaat Bendungan Irigasi Ule Jalan

 

Sebagai informasi, Kabupaten Nagan Raya adalah sebuah kabupaten yang terletak di kawasan pesisir Pantai Barat Aceh. Lokasinya yang berada di kawasan pesisir membuatnya memiliki banyak sekali wisata, terutama wisata bahari. Namun jika kamu sudah bosan liburan ke pantai atau ingin merasakan sensasi liburan lain yang menarik kamu bisa mencoba berkunjung ke Bendungan Irigasi Ule Jalan.

Bendungan yang memiliki ukuran cukup besar ini sudah dibangun pada tahun 1991-1993. Fungsi utama dibangunnya bendungan ini adalah untuk mengairi area persawahan di Nagan Raya. Dengan begitu kebutuhan pangan di kawasan Aceh Barat tetap bisa terpenuhi dengan baik. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk mengairi persawahan, keindahan panorama alamnya sangat luar biasa lho!

Di mulai dari pintu bendungan saja kamu akan menyaksikan keindahan yang ditawarkan. Ada juga air terjun yang bisa kamu temukan disini. Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan sumber pengairan, berikut ini beberapa manfaat lain dari bendungan yang wajib kamu ketahui.

  • Irigasi

Sesuai dengan namanya, bendungan ini memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi. Pada saat musim hujan, air hujan yang turun akan mengalir ke sungai-suangai. Nah, dengan adanya bendungan ini air hujan bisa ditampung agar bisa digunakan saat musim kemarau. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat terutama agar tetap bisa menyuplai air ke lahan pertanian pada saat musim kemarau.

  • Pengendali Banjir

Pada saat musim hujan, sungai-sungai dengan debit air besar akan membahayakan sebab bisa menyebabkan bencana alam banjir. Dengan adanya bendungan, kemungkinan terjadinya banjir dapat dikurangi. Air yang ditampung juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti pembangkit listrik tenaga air, budidaya perikanan, dan masih banyak lainnya.

  • Sebagai Destinasi Pariwisata

Dengan pemandangan yang menarik akan sangat sayang jika bendungan tidak dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Dengan menjadikan bendungan sebagai tempat wisata juga akan mendukung dan meningkatkan perekonomian wilayah sekitar lho! Akan ada banyak pihak yang diuntungkan.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui dari bendungan. Jadi bendungan bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis aktivitas. Jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Bendungan Ule Jalan, kamu akan bisa melakukan beragam jenis kegiatan yang seru dan menarik. Bendungan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Namun jangan lupa untuk selalu memberikan pengawasan kepada anak-anak saat sedang bermain ya!

Jika sudah lelah dan bosan berkeliling di Bendungan Irigasi Ule Jalan, kamu bisa mengunjungi air terjun. Air terjun yang ada di bendungan ini tidak terlalu tinggi dan memiliki lebar sekitar 50 meter. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kamu dapatkan disini. Kata siapa berlibur di bendungan sangat membosankan? Yuk buktikan sendiri betapa seru dan asyiknya liburan di bendungan, jangan lupa ajak keluarga dan orang tersayang ya!