in

Berpetualang ke Objek Wisata Air Terjun Manyandar

Air Terjun Manyandar
Air Terjun Manyandar

Pulau Kalimantan memang dikenal memiliki puluhan bahkan ratusan air terjun, hampir di setiap daerah di Kalimantan memiliki air terjun yang menjadi andalannya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kalimatan Selatan, disini kamu bisa menjumpai salah satu objek wisata air terjun yang sangat memikat hati yaitu Air Terjun Manyandar, air terjun ini terletak di Desa Uren, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Objek wisata ini sangat cocok bagi kamu yang sangat menyukai berlibur di tempat-tempat yang menyatu dengan alam.

Sumber Gambar: fullsrg.blogspot.com

Apalagi untuk kamu yang sangat menggemari kegiatan berpetualang, berlibur ke air terjun merupakan solusi yang terbaik. Untuk bisa menikmati keindahan di setiap air terjun memang membutuhkan waktu dan tenaga karena pasti akan melakukan perjalanan yang cukup melelahkan, namun di situlah letak keseruannya. Berlibur dengan nuansa berpetualang merupakan salah satu cara agar tubuh dan pikiran kita kembali segar.

Air terjun ini terletak tidak jauh dari Kota Paringin, Ibukota Kabupaten Balangan. Kamu hanya perlu menghabiskan waktu selama kurang lebih 1 jam untuk bisa sampai ke tempat ini. Air terjun ini masih tergolong ke dalam objek wisata yang masih sangat dikunjungi karena memang keberadaannya yang masih tersembunyi dan belum begitu terkenal. Namun kamu tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke air terjun ini, kamu bisa meminta bantuan kepada masyarakat setempat jika kamu kebingungan dan takut untuk tersesat. Masyarakat Desa Uren di Kecamatan Halong sangat ramah kepada para pengunjung dan pasti akan dengan senang hari membantumu untuk bisa sampai di tempat tujuan.

Apa Jalur Yang Ditempuh Cukup Sulit?

Sumber Gambar: syarifuddinp.blogspot.com

Jika kamu berangkat dari Kota Paringin, maka selama kurang lebih satu jam kamu akan sampai di Desa Uren tempat Air Terjun Manyandar berada. Jalur yang akan kamu lalui saat menuju Desa Uren tergolong mudah karena jalanan yang sudah diaspal dan tidak terlalu berkelok-kelok atau menanjak. Namun ketika kamu sudah sampai di Desa Uren, kamu masih perlu melanjutkan perjalanan kurang lebih sejauh 5 kilometer. Disinilah kamu akan menjumpai jalanan yang lumayan sulit, karena jalanan yang berbukit dan belum beraspal serta tidak jarang kamu akan melewati jalanan yang berlubang.

Sumber Gambar: fullsrg.blogspot.com

Jalur untuk bisa sampai ke objek wisata ini sangat disarankan untuk dilalui menggunakan kendaraan roda dua saja. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan kendaraan roda empat, kamu akan memerlukan waktu dan tenaga yang lebih ekstra mengingat jalanan yang belu di aspal serta berlubang. Setelah 5 kilometer dari Desa Ungaran kamu akan sampai di tempat dimana kamu akan memulai perjalanan dengan berjalan kaki. Kamu bisa menitipkan kendaraanmu di rumah-rumah penduduk setempat.

Saat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, kamu harus melewati bukit, hutan, dan sungai yang akan semakin menambah suasana berpetualang. Jalanan yang cukup menanjak akan membuatmu sedikit merasa lelah. Namun semua lelah yang kamu rasakan akan terganti dan terbayarkan oleh pemandangan Air Terjun Manyandar yang sudah menunggu untuk kamu nikmati.

Keindahan Air Terjun Yang Tersembunyi

Sumber Gambar: fullsrg.blogspot.com

Setelah kurang lebih selama satu jam melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, kamu akan merasakan hawa yang berbeda. Kamu akan merasakan udara yang sangat sejuk berbeda dengan hawa panas yang kamu rasakan sebelumnya. Jika kamu sudah merasakan udara yang sejuk serta pohon-pohon yang rindang, maka kamu sudah akan sampai di tempat tujuan. Disini kamu akan mendengar suara gemericik air yang berasal dari air terjun. Setelah sampai, kamu pasti akan terkesima dengan pemandangan yang ada di depan mata, keindahan Air Terjun Manyandar yang terdiri dari 9 tingkatan akan menghilangkan lelah yang kamu rasakan. Air yang jernih dan dingin akan memberikan kesejukan yang sangat luar biasa.