OUR NETWORK

Bosan dengan Wisata Pantai? Yuk, Berwisata ke Danau Kemuning di Lampung Timur

Sumber Gambar: perempuanapril.com

Tahukah anda daerah Lampung bagian timur, tidak hanya terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas saja, namun ada banyak destinasi wisata keren lainnya yang bisa dikunjungi untuk menikmati panorama alam. Satu diantaranya yaitu Danau Kemuning.

Danau ini sebenarnya merupakan sumber air bersih bagi warga Sribawono dan sekitarnya yang menggunakan PDAM. Selain itu digunakan pula untuk mengairi ribuan hektar persawahan milik warga Kecamatan Mataram Varu dan Kecamatan Bandar sribawono, serta sebagai sumber air untuk daerah irigasi Way Curup yang lokasinya tidak terlalu jauh dari danau. Sebelum diubah menjadi tempat wisata seperti sekarang, dulunya danau ini sering didatangi para warga untuk mencuci baju, loh.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang Danau Kemuning? Berikut ulasan selengkapnya.

Keistimewaan Danau Kemuning

Sumber Gambar: Instagram @budy_embot

Danau Kemuning memiliki air yang begitu jernih. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu, udara di sekitaran danau juga sangat sejuk berkat tumbuhnya banyak pepohonan. Nah, pepohonan tersebut bisa anda pakai untuk bersantai sambil menikmati keindahan danau. Tak lupa beberapa bebatuan danau juga ikut berperan dalam menambah suasana alami di tempat ini. Fungsi bebatuan ini juga sama seperti pepohonan di sana, bisa dipakai untuk duduk oleh pengunjung sambil memandangi panorama Danau Kemuning yang mempesona.

Sumber Gambar: Instagram @m_ichwanurkiarazief

Tidak tahan hanya memandanginya saja? jangan khawatir di danau ini ada sebuah pintu keluar air dibendungan. Nah, anda bisa mandi di sana, guyuran airnya siap membawa anda seolah sedang berada di air terjun. Dijamin segar banget, deh.

Sumber Gambar: Instagram @lampung_gram

Apabila anda ingin menikmati panorama danau dengan lebih leluasa maka bisa juga menyewa sepeda air. Dengan menyewa sepeda air anda berkesempatan untuk mendatangi setiap sudut Danau Kemuning. Selain itu bentuk sepeda airnya juga unik, loh. Ada yang bentuknya bebek, paus dan lain-lain.  Lagian seru bukan jika berkeliling danau sambil mengayuh sepeda air, apalagi jika anda belum pernah mencoba sebelumnya. Jangan khawatir kulit akan gosong karena terpaan terik matahari, sebab sepeda airnya juga sudah dilengkapi dengan atap, kok.

Satu sepeda air bisa dinaiki oleh dua orang, ya. Aduh, cocok banget, deh, buat anda yang ingin quality time bersama pasangan. Jangan lupa mengabadikan moment saat menaiki sepeda air baik itu dengan ber-selfie atau menggunakan mini tripod. Tapi hati-hati ya, takutnya ponsel kesayangan anda jatuh ke danau ketika dipakai berfoto hihi. Bisa juga meminta teman untuk memfotokannya dari jauh sebagai alternatif solusi lainnya.

Sumber Gambar: Instagram @linnaranurendahhari

Seluruh fasilitas yang ada di Danau Kemuning bisa dinikmati dari mulai pukul 6 pagi sampai 6 sore. Setelah puas bermain sepeda, anda bisa mengunjungi salah satu spot yang selalu menjadi rebutan untuk berfoto. Yup, spot tersebut adalah jembatan di Danau Kemuning yang dicat berwarna warni. Paduan warnanya yang mencolok memberikan kesan fotogenik yang unik. Jangan sampai melewatkan foto di spot ini, ya.

Di area sekitar danau terdapat beberapa pondokan juga kantin. Jadi anda yang tidak membawa bekal, tidak perlu cemas akan kelaparan atau harus keluar Danau Kemuning dulu untuk mencari makaanan, sebab disini juga ada. Menu yang disediakan cukup beragam dari mulai yang ringan sampai yang berat. Namun biasanya yang menjadi favorit adalah memakan mie instan sambil meminum es kelapa muda segar.

Asyiknya lagi, nih, kantin di tempat ini posisinya menghadap ke arah danau jadi semakin menyenangkan, deh, karena sambil makan bisa juga sembari menikmati keindahan Danau Kemuning.

Akses Lokasi

Sumber Gambar: Instagram @diditdees

Danau Kemuning berada di Desa Sribawono, Kecamatan Bandar Sribawono. Tepatnya di Kabupaten Lampung Timur. Jika anda mengambil rute dari Kota Sukadana jaraknya sekitar 46 kilometer dengan estimasi waktu 1 jam. Aksesnya dapat ditempuh melalui jalan Lintas Timur Sumatera. Setelah itu dilanjutkan ke Simpang Sribawono.

Sementara apabila anda datang langsung dari Bandar Lampung jaraknya sekitar 72 KM dengan estimasi waktu tempuh 2 jam. Akses yang dapat ditempuh yakni melalui Jalan Tan Malaka atau Jl. Ir Sutami

Nah, untuk transportasi umum anda bisa memakai travel tujuan Lampung Timur. Tarifnya sekitar 50 ribu rupiah per penumpang. Hal yang mungkin sangat disayangkan dari akses ke Danau Kemuning adalah karena jalananya masih cukup rusak baik itu jika dari Bandar Lampung atau pun Sukadana. Semoga kedepannya pemerintah setempat lebih memperhatikan lagi fasilitas menuju objek wisata supaya memudahkan para pengunjung untuk pergi kesana. Jadi tidak ada lagi istilah, malas karena jalanan ke tempat wisata kurang bagus

Harga Tiket Masuk Danau Kemuning

Sumber Gambar: Instagram @lampungtimur

Berapa harga tiket masuk ke Danau Kemuning? Jangan khawatir, akan menguras kocek sebab sangat murah yaitu hanya 5000 ribu rupiah saja per orangnya. Jika anda datang dengan membawa kendaraan pribadi maka akan dikenai juga biaya parkir, yaitu 5000 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Apa masih ada biaya tambahan lainnya? Masih ada. Jika anda ingin menikmati beberapa fasilitas yang ada di Danau Kemuning seperti sewa ban harganya 10 ribu rupiah untuk anak-anak, sementara untuk dewasa 15 ribu rupiah. Jika ingin naik sepeda air tarifnya 20 ribu rupiah per 20 menit.

Demikianlah ulasan menarik tentang Danau Kemuning. Jika anda bosan berwisata pantai di Lampung Timur, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi danau indah ini. Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan tempat wisata keren lainnya hanya di wisato.id

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…