OUR NETWORK

Memacu Diri di Atas Ketinggian Gunung Hawu

Sumber Gambar: jabar.tribunnews.com

Gunung Hawu, objek wisata di Bandung yang mungkin belum banyak dikenal oleh semua orang. Tempat ini memiliki panorama yang mengesankan dan membuat semua orang terpukau. Walaupun, kamu harus menyiapkan mental yang besar untuk bisa menikmatinya.

Mengenal Gunung Hawu

Tempat ini disebut juga dengan tebing 125. Dimana, dahulu sering digunakan sebagai para pecinta alam untuk panjat tebing. Bahkan, biasa dilakukan untuk latihan atlet-atlet nasional lho.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Nama Hawu sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah tempat untuk memasak. Kalau kamu berada di Desa Cidadap maka kamu bisa melihat bagaimana gunung ini terdapat sebuah lubang besar seperri tempat memasak warga.

Wahana Gunung Hawu

Sumber Gambar: brisik.id

Salah satu yang bisa kamu nikmati adalah rock climbing. Naik ke atas dengan semua peralatan yang sudah berstandar Internasional. Ada instruktur yang siap membantu kamu bisa naik menuju garis finis. Perlu diakui kalau melakukan rock climbing membutuhkan teknik khusus. Oleh karena itu, tidak heran kalau kamu harus membayar Rp100 ribu untuk sekali melakukan permainan ini.

Menariknya, disini kamu bisa belajar dengan orang-orang yang sudah handal di kelasnya. Ada beberapa paket yang ditawarkan mulai dari 15, 16, dan 17 meter. Tidak hanya belajar bagaimana teknik memanjat saja. Kamu juga akan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan trik agar aman selama memanjat.

Sumber Gambar: phinemo.com

Mau yang ekstrem lagi? Kamu bisa menikmati permainan high line. Berjalan di atas tali diantara dua tebing. Ketinggiannya kurang lebih 50 meter dari tanah. Atau kamu juga bisa bersantai di hammock tidur atau duduk di antara dua puncak yang menghadirkan keseruan maksimal. Jantung berdetak sangat kencang. Apalagi, angin yang berhembus cukup kencang yang membuat keseimbangan dan keberanian kamu benar-benar diuji.

Menariknya wahana hammock ini, kamu bisa melihat aktivitas para warga yang sedang menambang pegunungan kapur dari atas ketinggian 100 meter. Harga yang harus kamu bayar untuk bisa menikmatinya Rp125 ribu.

Sumber Gambar: jabar.tribunnews.com

Kalau kamu adalah pecinta sunrise, tempat ini menjadi yang paling disarankan. Konon, bagi yang sudah pernah pergi ke tempat ini pesona matahari terbitnya tidak kalah dengan yang ada di Gunung Bromo lho. Lekukan tebing dan menara telekomunikas menjadi latar belakang yang posisinya sangat tepat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi kawasan ini.

Mengenal Suku Badot

Nah, di sini kamu pasti akan mendengar Suku Badot. Mereka bukanlah suku asli kawasan ini. Merupakan sebuah komunitas yang berjuang melestarikan alam dan asrianya kawasan ini. Maklum saja, disini aktivitas pertambangan masih terus berjalan dan bisa-bisa merusak ekosistem yang ada. Oleh karena itu, suku badot bekerja penuh mempromosikan kawasa ini agar bisa berubah menjadi kawasan wisata favorit.

Kamu bisa melihat aktivitas penambangan ini saat siang hari. Semua mesin pertambangan terdengar haru. Karena, bisa jadi lubang hawu yang menjadi ciri khas hancur lebur dan semuanya tinggal kenangan semata.

Alamat dan Cara Menuju Ke Gunung Hawu

Gunung Hawu terletak di kawasan Kabupaten Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Menuju ke titik lokasi kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Bandung. Lanjutkan, kereta agar bisa sampai di Stasiun Padalarang.

Dari sini jarak menuju Gunung Hawu tinggal 18 menit atau 7 kilometer. Kalau naik ojek online kurang lebih Rp9 ribu rupiah. Bila kamu naik kendaraan pribadi. Rute yang harus kamu lalui adalah Jl. Cikampek – Padalarang. Ada banyak papan petunjuk yang bisa kamu manfaatkan agar bisa sampai disana. Atau bisa juga tanya ke warga sekitar yang sudah kenal dengan panorama wisata ini.

Kesimpulan

Menjaga alam memang tidak mudah. Apalagi, kepentingan manusia yang tidak bisa dicegah dan seakan tak mau peduli dengan kelestariannya. Padahal, alam yang dijaga akan memberi manfaat dan bila dirusak akan memberi murka yang dahsyat yang berdampak bagi siapa saja.

Gunung Hawu adalah pesona Jawa Barat yang tidak boleh kamu lupakan. Memang butuh keberanian besar untuk bisa mencapainya. Karena, saat kamu lihat ke bawah langsung tanah yang kalau jatuh mungkin bisa hancur lebur. Tetapi, keindahannya pasti bisa mengalahkan rasa takutmu.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…