in

Bukit Doa Getsemani, Tempat Ibadah dengan View Terbaik di Maluku

Sumber Gambar: eddieliku.blogspot.com

Indonesia adalah negeri beragam, yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, budaya, dan agama. Berbicara soal agama, tanpa bermaksud menyinggung pihak mana pun, menurut catatan laman Wikipedia per 2018, Agama Islam masih menjadi kepercayaan yang mayoritas dianut oleh penduduk Indonesia, dengan persentase 86,7 persen, yang kemudian diikuti oleh Kristen Protestan dengan 7,6 persen di posisi kedua, dan Kristen Katolik dengan 3,12 persen penganut di urutan ketiga. Mayoritas pemeluk agama Kristen, baik Protestan atau Katolik berasal dari wilayah timur Indonesia, salah satunya di Maluku.

Oleh sebab itu, tak mengherankan jika di Maluku terdapat banyak tempat ibadah atau tempat doa bagi para pemeluk Kristiani. Nah, di Maluku ada salah satu tempat berdoa bagi umat Kristiani yang cukup terkenal, namanya Bukit Doa Getsemani, yang dikarenakan memiliki pemandangan begitu indah.

Lokasi Bukit Doa Getsemani

Sumber Gambar: dharapos.com

Secara administratif Bukit Doa Getsemani berlokasi di Jalan Wahanlay, Kota Wonreli, Kecamatan Pulau-pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Para penduduk di Kabupaten Maluku Barat Daya memang mayoritas beragama Nasrani, dengan persentase 95,4 persen memeluk Kristen Protestan dan 0,35 persen memeluku Kristen Katolik.

Untuk mencapai puncik Bukit Doa Getsemani, dari pusat Kota Wonreli, teman traveler hanya perlu menempuh jarak sejauh 5 km dengan perjalanan kurang lebih selama 10 menit. Cukup dekat bukan? Nah, sementara itu, secara geografis bukit doa yang cukup cantik ini berada di Pulau Kisar, sekitar 50 km dari Pantai Kiasar. Jadi, bagi teman traveler yang berkunjung ke Pantai Kiasar, jangan lupa untuk mampir dan berdoa di Bukit Doa Getsemani, biar hidup makin berkah!

Bukit Doa dengan Pemandangan yang Menyejukkan Mata

Sumber Gambar: dharapos.com

Selain untuk keperluan spiritual, berkunjung ke Bukit Doa Getsemani juga akan membuatmu takjub dengan keindahan alam Maluku. Bukit doa ini berada di atas perbukitan dengan latar belakang rerumputan hijau layaknya lapangan golf. Melempar pandangan lebih jauh, para pengunjung juga akan melihat betapa indahnya lautan biru, dan juga terlihat dengan samar-samar Pulau Timor bagian negara Republik Demokratik Timor Leste.

Dulunya Sebagai Tempat Penyembahan Berhala

Sumber Gambar: eddieliku.blogspot.com

Sebelum menjadi tempat ibadah bagi para pemeluk Nasrani seperti saat ini, siapa sangka bahwa dulunya Bukit Doa Getsemani adalah tempat penyembahan berhala. Bahkan, ada yang mengatakan apabila lokasi tersebut adalah tempat pergulatan kuasa-kuasa kegelapan dari berbagai penjuru dunia. Entah benar atau tidak, tapi cerita itu lah yang beredar di kalangan penduduk Pulau Kisar.

Akan tetapi, lambat laun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan modernisasi, masyarakat Pulau Kisar, terutama Kota Wonreli, mulai membersihkan tempat tersebut dari berhala dan menjadikannya sebagai tempat wisata religi seperti saat ini. Hampir setiap minggu dan hari-hari besar umat Kristiani, Bukit Doa Getsemani selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin beribadah dan juga berdoa, sekaligus berekreasi. Setelah berdoa, duduk-duduk di atas bukit sekitar Bukit Doa Getsemani, sembari memandangi lautan biru dan ditemani angin yang semilir akan membuatmu betah untuk berlama-lama di sana. Percaya deh!

Perjuangan Menuju ke Bukit Doa Getsemani

Akan tetapi, menuju ke puncak Bukit Doa Getsemani juga bukan perkara mudah. Para pengunjung harus menaiki bukit dan menitih beberapa anak tangga untuk bisa sampai di tempat yang suci sekaligus cantik tersebut. Apabila datang di siang hari, jangan lupa untuk membawa payung agar tak terpapar langsung sinar teriknya matahari. Untuk mencegah dehidrasi selama mendaki ke puncak Bukit Doa Getsemani, jangan lupa juga untuk membawa air mineral secukupnya, karena di sana juga tidak ada warung yang menjual minuman atau pun makanan ringan.

Yuk, Berkunjung ke Bukit Doa Getsemani

Bagaimana, pasti kamu tertarik berkunjung ke sana kan? Tunggu apa lagi, cari waktu yang tepat, dan segera pergi ke Pulau Kisar untuk berkunjung ke Bukit Doa Getsemani, tempat ibadah dengan view tercantik di Kabupaten Maluku Barat Daya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta kesucian tempat ibadah, dan jangan lupa untuk mengabadikan setiap momenmu di Bukit Doa Getsemani sebagai kenang-kenangan di masa mendatang.

Selamat Beribadah dan Berlibur!!!