OUR NETWORK

Bukit Kapur Air Hitam, Tempat Instagramable di Pekanbaru

Banyak provinsi di Indonesia yang cukup beruntung karena dianugrahi dengan pemandangan alam yang sangat menawan, salah satunya adalah Riau. Provinsi yang beribu kota di Pekanbaru ini pun memiliki banyak tempat wisata alam yang menawan dan tentunya Instagramable, mulai dari air terjun, danau, hingga perbukitan. Di Pekanbaru juga banyak terdapat bangunan peninggalan sejarah yang masih terjaga keasliannya dan menyimpan banyak sejarah bangsa Indonesia, seperti Istana Siak hingga Candi Muara Takus.

Sumber: Instagram @ryoujilight2

Di sana pun terdapat tempat Instagramable yang terbentuk dari bekas aktivitas tambang, yakni Bukit Kapur Air Hitam. Saking cantiknya, tempat ini pun sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Bagaimana, penasaran kan dengan Bukit Kapur Air Hitam? Dari pada penasaran langsung saja simak ulasan yang berikut ini.

Lokasi Bukit Kapur Air Hitam

Sumber: Instagram@deni_nadin

Dinamakan Bukit Kapur Air Hitam bukan berarti air di bukit kapur ini berwarna hitam, melainkan karena lokasinya yang berada di wilayah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau. Lokasinya yang berada di jantung kota membuat tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu primdona bagi warga Riau, terutama Pekanbaru untuk menghabiskan hari libur mereka. Karena untuk menuju ke sana para wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 10 km dengan lama perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota Pekanbaru menuju ke wilayah Air Hitam.

Kondisi jalan yang cukup mulus semakin memudahkan para pengunjung untuk mendatangi lokasi wisata yang satu ini, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Pokoknya dijamin gak bakal bersusah payah untuk bisa menikmati tempat yang satu ini. Bagi kamu yang berasal dari luar daerah juga jangan takut untuk tersesat, karena sudah banyak petunjuk arah yang mengarahkan pengendara untuk menuju ke Bukit Kapur Air Hitam. Kamu juga bisa menggunakan google maps dari ponsel pintermu.

Pesona Bukit Kapur Air Hitam

Sumber: Instagram@robby_zulian

Setelah sampai di area parkir kendaraan, para pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan perbukitan kapur yang cantik dengan warna putih kemerahan. Terdapat juga beberapa lembah kapur yang seakan semakin mempercantik pemandangan. Areal perbukitan kapur yang cukup gersang dengan panas yang terik seakan tak menjadi penghalang bagi para pengunjung untuk tetap menikmati keindahan destinasi wisata yang satu ini.

Namun para pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati ketika mengunjungi tempat yang satu ini di kala musim penghujan. Karena di sana sering kali terbentuk kubangan air yang cukup dalam ketika hujan deras mengguyur.

Aktivitas di Bukit Kapur Air Hitam

Sumber: Instagram@riskafaridatul

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keindahan tempat yang satu ini sering kali dimanfaatkan sebagai lokasi foto pre-wedding. Namun bagi kamu yang masih single atau belum berencana untuk menghalalkan pasanganmu, berselfie ria di tempat yang satu ini dengan menggunakan kamera ponsel juga tak kalah menarik. Karena memang kontur bukit yang unik ditambah dengan warnanya yang putih kemerahan membuat tempat yang satu ini memiliki banyak spot foto dengan latar belakang yang unik dan cantik.

Fasilitas di Bukit Kapur Air Hitam

Karena memang belum dikelola secara resmi, tak banyak fasilitas yang bisa kamu temui di tempat wisata yang satu ini. Namun untuk kamu yang ke sana disarankan membawa payung atau topi serta kaca mata hitam untuk menghindari teriknya sengatan sinar matahari. Lokasinya yang berada di tengah-tengah perbukitan kapur juga membuatmu tak akan menemukan warung penjual makanan atau pun minuman ringan di sekitar lokasi untuk menunda lapar atau pun haus. Oleh sebab itu membawa perbekalan dari rumah lebih disarankan sebelum sampai di Bukit Kapur Air Hitam.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini? Kalau melihat keindahan yang disuguhkannya, bisa dibilang sangat disayangkan jika kamu ke Pekanbaru tanpa berkunjung ke Bukit Kapur Air Hitam. Pokoknya dijamin kamu gak bakal kecewa dengan pemandangan tempat yang satu ini.

Kalau pun kamu sudah berencana berlibur atau hunting foto di sana, jangan lupa untuk selalu menjaga alam dan kebersihan tempat sekitar.

Comments

Loading...