OUR NETWORK

Danau Diatas dan Danau Dibawah, Danau Kembar di Sumatera Barat

Kalau diberi kesempatan untuk berlibur, tempat mana yang akan kamu kunjungi di Sumatera Barat? Saya yakin kamu pun pasti bimbang menentukan pilihannya, karena memang Sumatera Barat dianugrahi dengan bentang alam yang indah dan menawan. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia juga membuat Sumatera Barat memiliki deretan pantai yang eksotis, di sana juga terdapat banyak danau dengan panorama yang menyejukkan mata.

Sumber: Instagram @anggi.f.rnwn

Setidaknya ada lima danau cantik yang ada di Sumatera Barat, yakni Danau Maninjau, Danau Singkarak, Danau Diatas, Danau Dibawah, dan Danau Talang. Dari kelima danau tersebut, kecuali Danau Mainjau, semuanya berada di Kabupaten Solok. Jika Danau Singkarak terkenal akan keindahannya, lain halnya dengan Danau Diatas dan Danau Dibawah. Kedua danau tersebut cukup unik, karena lokasinya yang cukup berdekatan dan bentuknya hampir serupa. Jadi bukan hal yang aneh jika masyarakat menyebutnya sebagai Danau Kembar.

Lokasi Danau Kembar

Sumber: histori.id

Secara administratif lokasi Danau Kembar berada di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Danau Diatas sendiri terletak di tepi jalan Padang-Muara Labuh, sementara Danau Dibawah terletak di nagari Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya. Jika datang dari Kota Padang, para pengunjung bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Untuk transportasi umum para pengunjung dari Kota Padang bisa menumpangi bus menuju Alahan Panjang dengan jarak sekitar 60 km, dengan ongkos kurang lebih 20 ribu rupiah. Meskipun harus menempuh perjalanan panjang, namun pemandangan yang disajikan berupa hamparan perkebunan teh dan pegunungan dijamin tak akan membuatmu merasa bosan. Setelah sampai di Alahan Panjang bus akan berhenti di Pasar Simpang, dan dari sana kamu bisa menumpang ojek menuju ke Danau Kembar. Dari Simpang, kamu bisa mengambil jalan ke kanan menuju ke Danau Diatas atau ke simpang yang lainnya untuk menuju ke Danau Dibawah.

Sumber: Krist Setyawan /Shutterstock

Jika tidak ingin repot, para pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Danau Kembar. Akses jalan yang cukup bagus sangat memungkinkan para pengunjung untuk menggunakan kendaraan roda empat dan memarkirkannya di tepi danau, terutama di Danau Diatas.

Pesona Danau Kembar

Sumber: dronestagr.am

Meskipun dinamakan Danau Diatas dan Danau Dibawah, namun kedua danau tersebut memiliki bentuk dan berada di ketinggian yang hampir serupa. Menurut informasi Danau Diatas berada di ketinggian 1.600 mdpl dan Danau Dibawah berada di ketinggian 1.566 mdpl. Terlepas dari lokasi ketinggian danau, para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan Danau Kembar yang cukup menawan dengan ditemani oleh udara sejuk khas pegunungan. Jika dilihat dari kejauhan, Danau Kembar akan terlihat hijau dan asri karena memang kondisi alamnya yang masih alami.

Sumber: Instagram @kiwi_graphy

Namun tak banyak yang bisa kita lakukan di Danau Dibawah, karena memang danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang membuat para pengunjung tak bisa puas menyaksikan panorama alam di sekitar. Danau ini pun hanya bisa dinikmati panoramanya dari ketinggian. Namun untuk yang ingin bersantai di Danau Dibawah, telah disediakan gardu dengan atap bergonjong atau runcing. Sementara untuk menikmati keindahan Danau Diatas, telah disediakan tempat duduk yang cukup nyaman, dari sana para pengunjung juga bisa menyaksikan panorama alam dari Danau Kembar serta Gunung Talang dan Gunung Kerinci.

Tiket Masuk dan Fasilitas Danau Kembar

Sumber: sportourism.id

Untuk bisa menikmati keindahan dari Danu Diatas dan Danau Dibawah, para pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah untuk masing-masing danau. Bisa dibilang itu harga yang cukup terjangkau untuk bisa menikmati pemandangan alam yang sangat mengagumkan di Danau Kembar.

Tak jauh dari tempat parkir Danau Diatas, ada Convention Hall dengan kapasitas 800 orang yang menurut informasi disewakan seharga 200 ribu rupiah. Ada juga fasilitas tempat penginapan dengan tiga kamar lengkap dapur dan ruang tamu yang hanya disewakan seharga 250 ribu rupiah per malam. Untuk yang ingin menginap di cottage, di sana juga telah disediakan 10 cottage dengan harga sewa 100 ribu rupiah per malam. Menginap di sekitar Danau Kembar dijamin akan memberimu pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Bagaimana, apakah tertarik berkunjung ke Danau Kembar? Buruan siapkan waktu liburmu dan pesan akomodasi untuk menikmati Danau Diatas dan Danau Dibawah.

 

Sumber Featured Image: hipwee.com

Comments

Loading...