OUR NETWORK

Padang Savana Kolok di Tanah Minang

Ketika mendengar kata padang savana maka yang terpikir di pikiran kita adalah hutan dengan banyaknya ilalang serta pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Namun sebenarnya apa arti dari padang savana? Untuk traveller ketahui bahwa padang savana merupakan padang rumput yang luas yang ditumbuhi beberapa jenis pohon yang letaknya menyebar biasanya terletak di wilayah tropis dan subtropis. Padang savana dipenuhi oleh semak – semak dan di sekelilingnya juga terdapat beberapa jenis pohon yang tumbuh seperti palem dan akasia.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia memiliki iklim tropis maka padang savana pasti ada di beberapa bagian wilayah negara Indonesia dan itu artinya para traveller tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Afrika untuk melihat padang savana. Keindahan padang savana yang membentang luas membuat banyaknya orang berdatangan untuk sekedar menikmati pemandangan, udara bahkan juga menjadikan padang savana ini sebagai tempat berfoto. Salah satu padang savana yang terdapat di Indonesia yakni Padang Savana Kolok yang letaknya ada di provinsi Sumatera Barat. Traveller pasti ingin tau kan seperti apa sih penampakan Padang Savana kolok? Yuk, simak beberapa info dan potret Padang Savana Kolok dibawah ini!

Sumber: Intagram @exploresawahlunto

LOKASI DAN AKSES MENUJU PADANG SAVANA KOLOK

Padang savana yang satu ini terletak di Desa Kolok, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat. Kota Sawah Lunto sendiri terletak 95 km di sebelah timur laut kota Padang. Padang Savana Kolok ini lebih tepatnya berada di area perbatasan antara Talawi dan Sulit Air. Daerah Talawi dengan Sulit Air sendiri berjarak 20 km. Jika traveller memulai perjalanan dari ibukota Sumatera Barat yakni kota Padang maka traveller membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 6 jam tergantung situasi jalanan saat itu. Traveller dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika traveller memilih untuk menggunakan kendaraan umum maka traveller bisa memilih moda transportasi bus. Namun perjalanan nya tidak langsung menuju Desa Kolok karena ada beberapa pemberhentian di beberapa terminal.

Cara pertama yaitu dari kota Padang traveller harus mencari bus yang menuju ke daerah Lakuak. Traveller dapat memilih bus Tranex untuk menuju kesana dengan estimasi biaya tiket bus sekitar Rp 25.000 dengan waktu tempuh 1 jam saja. Setelah traveller sampai di Lakuak maka selanjutnya carilah bus menuju Sawah Lunto. Bus tersebut beroperasi dari pagi hingga sore. Namun, jika traveller tidak menemukan bus langsung menuju Sawah Lunto maka dapat menggunakan bus lain yang menuju ke Solok lalu setelah traveller sampai di Solok maka lanjutkan dengan bus menuju Sawah Lunto selama kurang lebih 1,5 jam dan traveller cukup membayar Rp 20.000 saja.

Padang Savana Kolok yang Gersang Namun Memukau

Sumber: Instagram@exploresawahlunto

Padang Savana Kolok memang belum banyak diketahui oleh wisatawan asing namun jika kita perhatikan kembali ternyata Padang Savana Kolok tidak kalah saing dengan padang savana lainnya yang berada di wilayah Indonesia yang memang namanya sudah terdengar hingga mancanegara. Perjalanan menuju Padang Savana Kolok mungkin akan melelahkan tapi bagi para traveller sejati hal ini tentu bukan halangan demi bisa melihat padang savana yang ada di tanah Minang ini. Jalanan yang berdebu sudah pasti akan kita temui ketika kita hampir tiba di area padang savana tersebut. Padang Savana Kolok ini sangat luas dengan hamparan tumbuhan warna hijau yang dapat menyegarkan mata serta pepohonan yang tumbuh dengan lebat membuat traveller merasa seperti sedang berada di negara Afrika.

Sumber: Instagram @exploresawahlunto

Traveller dapat menikmati indahnya ilalang yang tumbuh di padang savana ini dan traveller pun pada umumnya tidak lupa untuk mengabadikan moment mereka dengan menjepret beberapa foto disana. Ilalang tinggi yang tumbuh di padang savana ini akan membentuk hamparan rumput hijau ketika musim hujan datang namun saat kemarau tiba maka ilalang akan menguning dan tampak kering. Walaupun keadaan tanah Minang yang tidak terlalu dingin namun akan tetap membuat traveller merasa sejuk jika traveller berada di padang savana ini lho!

Bagaimana traveller? Apakah traveller sudah membayangkan betapa memukaunya Padang Savana Kolok tersebut? Yuk, masukan Padang Savana Kolok ini ke list perjalanan wisata mu ya!

Comments

Loading...