OUR NETWORK

Pulau Tikus, Si Mungil Yang Mempesona

Indonesia merupakan negara yang kaya akan segala sumber daya nya karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia  merupakan Negara Kepulauan atau bisa disebut sebagai Archipelagic State. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan negara kepulauan? Untuk traveller ketahui bahwa negara kepulauan merupakan suatu wilayah negara yang tidak hanya memiliki banyak pulau namun juga memiliki keragaman suku, adat istiadat, dan kebudayaan yang berada dalam satu wilayah di negara itu sendiri. Maka negara Indonesia masuk dalam klasifikasi negara kepulauan tersebut. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia karena Indonesia memiliki sekitar 17.508 pulau baik pulau besar maupun kecil yang terbentang mulai dari ujung Sumatera hingga ujung Papua. Pulau – pulau tersebut kini tak hanya dilirik untuk menjadi destinasi wisata lokal namun juga mulai merambah dan terdengar hingga ke telinga para pelancong dari negara lain. Dari sekian banyak Pulau di Indonesia memang harus diakui bahwa keberadaan nya sangat menguntungkan bagi Indonesia khususnya di bidang wisata bahari karena kepopuleran pulau tersebut maka banyak pelancong dari luar negeri turut datang untuk berlibur disana. Salah satu pulau yang masih jarang kita dengar namanya namun memiliki keindahan serta keeksotisan adalah Pulau Tikus di Bengkulu.

Sumber: Instagram @cakrabuana_tourtravel

Traveller tak perlu takut atau berpikir bahwa Pulau ini didiami oleh sekawanan tikus karena ternyata nama Pulau ini memiliki asal usul yang tak kalah unik. Konon, pulau ini dinamakan Pulau Tikus karena ukuran pulau ini yang kecil dan juga karena banyaknya jalan – jalan kecil atau biasa kita sebut sebagai ‘jalan tikus’ didalam pulau tersebut.

Perjalanan Menuju Pulau Tikus

Sumber: Instagram @rizqi_kusmadinata

Pulau Tikus terletak di perairan Pantai Bengkulu. Pulau ini merupakan pulau kecil yang luas nya hanya 100m persegi. Pulau Tikus masih merupakan bagian dari wilayah Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dan jaraknya hanya 10 km dari kota Bengkulu. Jika traveller ingin berkunjung maka bisa menggunakan jasa paket perjalanan wisata yang dapat ditemui di kota Bengkulu atau traveller dapat mencari penyedia jasa paket perjalanannya terlebih dahulu melalui internet.

Sumber: Instagram @okthaviana28

Namun jika traveller lebih memilih untuk mengandalkan kemampuan diri sendiri pun tak apa karena untuk menuju ke pulau ini pun tidak terlalu sulit. Dimulai dari kota Bengkulu maka langkah pertama yaitu traveller harus menuju Pantai Jakat atau bisa juga Pantai Tapak Paderi. Jika traveller memilih jalur dari Pantai Jakat maka waktu yang dibutuhkan dari kota Bengkulu menuju Pantai Jakat hanya sekitar 7 menit saja. Namun jika traveller memilih melewati jalur Pantai Tapak Paderi maka hanya dibutuhkan waktu 5 menit dari kota Bengkulu ke Pantai Tapak Paderi. Lalu dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Zakat maupun Pantai Tapak Paderi maka traveller bisa sampai ke Pulau Tikus. Dengan menyewa perahu nelayan untuk menyebrang dari Pantai Zakat ke Pulau Tikus dibutuhkan waktu 1 jam sedangkan jika dari Pantai Tapak Paderi waktu tempuh hanya 30 menit saja.

Estimasi Biaya Paket Perjalanan ke Pulau Tikus

Sumber: Instagram @rizkikuplek

Jika para traveller lebih memilih untuk mempermudah perjalanan menuju Pulau Tikus maka traveller dapat memilih untuk menggunakan jasa trip Pulau Tikus. Dengan menggunakan jasa ini maka traveller hanya perlu duduk dengan tenang hingga akhirnya sampai di Pulau Tikus karena penyedia jasa akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk traveller mulai dari transportasi pulang – pergi menuju pulau, pelampung, makan siang, asuransi perjalanan, tour guide dan dokumentasi serta ada tambahan biaya jika traveller ingin melakukan kegiatan snorkeling ketika tiba di Pulau Tikus. Untuk estimasi biayanya sekitar Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per orang tergantung dari jumlah peserta yang ikut.

Pesona Pulau Tikus

Sumber: Instagram @mardhatilla_suyuthie

Ketika traveller telah sampai di Pulau Tikus rasa yang pertama kali muncul pasti takjub dan terheran – heran ketika melihat pesona Pulau ini. Pasir putih yang masih bersih, jernihnya air dan indahnya batu karang pasti membuat traveller sangat kagum. Karena air nya yang terkesan masih sangat jernih maka tak heran jika traveller dapat melihat ikan – ikan dan biota laut di dalamnya. Pasir putih di Pulau Tikus teksturnya kasar karena masih bercampur dengan pecahan karang yang terbawa ombak.

Sumber: Instagram @hitzz.bengkulu

Nilai tambah yang menjadikan Pulau tikus terkesan mempesona yakni karena pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni sehingga traveller akan merasakan seperti memiliki pulau pribadi ketika sampai di Pulau Tikus ini. Pulau Tikus ini letaknya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia karena lokasinya pun terletak di gugus Pulau Sumatera.

Sumber: Instagram @wisatapulautikus_3putra

Jika traveller tidak ingin melakukan kegiatan snorkeling tak perlu takut bosan karena traveller dapat duduk sambil bersantai di bawah teduhnya pohon ketapang atau pohon kelapa yang tumbuh di tepian.

 

Sumber Featured Image: travel.tribunnews.com

Comments

Loading...