OUR NETWORK

Pantai Galon, Pantai Eksotis di Mandailing Natal

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat beruntung, karena dianugrahi pemandangan alam yang indah dan menawan. Bahkan di setiap daerah memiliki keindahan alam tersendiri, dan mungkin tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Salah satu contohnya adalah Jawa Timur, yang dimana pada provinsi itu terdapat Kawah Ijen dengan fenomena blue fire yang sangat langka dan hanya ada dua di dunia.

Sumber: Instagram @wisata_pantaibarat

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai keindahan alam dari Sumatera Utara, tepatnya yang dimiliki oleh kabupaten Mandailing Natal atau yang biasa disebut dengan Madina. Banyak tempat wisata alam yang menarik di Madina, terutama pantai. Hal yang tidak mengherankan, karena memang Madina adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah utara. Sehingga kabupaten ini memiliki banyak wisata pantai yang menawan, dengan total garis pantai mencapai 170 km. Dari sekian banyak pantai eksotis di Madina, salah satunya adalah Pantai Galon. Ya, kamu gak salah baca, memang demikian nama dari pantai yang satu ini, Pantai Galon.

Lokasi Pantai Galon

Sumber: wisatasimple.blogspot.com

Pantai Galon seakan sudah bukan nama yang asing lagi bagi warga Sumatera Utara, khususnya warga Madina. Secara administratif Pantai Galon berada di desa Natal, kecamatan Natal, kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Bagi para pengunjung yang datang dari ibu kota Madina, Panyabungan, maka mereka harus menempuh perjalanan darat sejauh 107 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 45 menit dalam kondisi lalu lintas normal.

Para pengunjung tidak akan kesulitan untuk menuju ke Pantai Galon, karena akses menuju ke lokasi cukup memadai. Jalan yang cukup luas dan sudah teraspal membuat para pengunjung bisa datang dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Pesona di Pantai Galon

Sumber: Instagram@mrizkyrkt

Setelah sampai di lokasi, para pengunjung akan langsung disambut dengan suara deburan ombak yang berkejar-kejaran untuk segera menepi ke bibir pantai. Angin yang berhembus semilir seakan langsung mendekap para pengunjung untuk segera turun dari kendaraan dan menuju ke area pantai.

Tak jauh dari lokasi parkir kendaraan, para pengunjung akan disuguhi hamparan pasir pantai dengan warna coklat kehitaman. Warna air laut di pantai ini pun cukup bersih, dan tidak memiliki ombak yang terlalu ganas. Karena memang ombak dari Samudera Hindia yang terkenal ganas itu sudah terhalau oleh pulau Lambak dan pulau Tanahmasa yang berada di seberang pantai.

Di tepi pantai tumbuh berjajar pepohonan rindang yang seakan siap melindungi para wisatawan dari teriknya sinar matahari. Pokoknya kamu dijamin tidak akan kecewa berlibur di Pantai Galon.

Aktivitas di Pantai Galon

Di Pantai Galon kamu bisa berenang dengan leluasa. Kontur pantainya yang landai dan ombak yang tidak terlalu ganas sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang atau mungkin hanya sekedar bermain air di tepi pantai. Kalau pun tidak ingin basah-basahan, duduk bersandar di gubuk yang berada di tepi pantai sembari menikmati semilir angin laut juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kalau kamu membawa kamera, hunting foto bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu di Pantai Galon.

Sumber: Instagram @roynasution007

Ombak yang bersahabat dan suasana yang masih nampak asri membuat pantai ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata warga Mandailing Natal. Pantai ini sering kali diserbu pengunjung ketika hari raya Idul Fitri.

Sumber: Instagram @aarti_lubis

Sementara itu, menurut informasi, waktu terbaik untuk menikmati Pantai Galon adalah di kala sore hari. Karena perpaduan cahaya kemerahan dengan birunya air laut akan menyajikan suasana yang romantis.

Harga Tiket Masuk Pantai Galon

Menurut informasi yang diperoleh, harga tiket masuk ke Pantai Galon sebesar 10.000 rupiah per orang dan harga tersebut berlaku setiap hari. Artinya tidak ada perbedaan harga tiket masuk saat hari kerja atau pun hari libur.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Pantai Galon? Jika belum, segera luangkan waktu dan pergilah berlibur di pantai yang satu ini. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan dan bersyukur karena tinggal di negara seindah Indonesia. Jadi gak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri, karena alam Indonesia sudah sangat indah dan menawan.

Comments

Loading...