OUR NETWORK

Bukit Mawar yang Mempesona di Banjarbaru

Source Image: Instagram@detikkalsel

Kalimantan kini tak lagi melulu soal hutan tropisnya yang lebat atau mungkin ribuan hektar kelapa sawitnya, karena kini di Pulau Borneo mulai bermunculan berbagai wisata alam yang cukup menarik. Dulu, wisata Kalimantan yang dikenal hanyalah Pulau Derawan, Danau Labuan Cermin, Danau Sentarum, Bukit Kelam, dan juga Pulau Kakaban, karena memang itu lah tempat-tempat yang sangat ikonik. Namun, seiring berjalannya waktu, Pulau Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan sudah mulai berbenah, sektor pariwisata mulai mendapat perhatian besar dari pemerintah setempat.

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Banjarbaru, kini ada salah satu destinasi wisata yang menarik, yaitu Bukit Mawar. Seperti namanya, bukit ini pun menyuguhkan keindahan yang sangat mempesona, cantik seperti bunga mawar itu sendiri. Apakah kamu pernah ke sana?

Lokasi Bukit Mawar

Sumber: Instagram @ceritabanjar_

Bukit Mawar berlokasi di Jonggol, Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dari ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin, lokasi Bukit Mawar berada 60 km di sebelah tenggara, bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit. Sementara dari Kota Banjarbaru, para wisatawan hanya butuh waktu tempuh selama 30 menit untuk sampai di Bukit Mawar.

Sumber: Instagram @akhmadmuhyin

Perjalanan menuju ke Bukit Mawar akan terasa sangat mengesankan, karena akan melewati kebun durian dan hutan pinus, sehingga bisa sedikit mengurangi rasa lelah. Namun, pada beberapa bagian kamu juga akan menemukan jalan terjal dan curam, sehingga butuh kewaspadaan yang cukup tinggi. Akses jalan menuju ke Bukit Mawar sudah cukup memadai, sehingga bisa dilalui dengan kendaraan roda dua atau bahkan empat, namun sayangnya tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkan wisatawan menuju ke lokasi.

Pesona Bukit Mawar

Sumber: phinemo.com

Di puncak Bukit Mawar, pandanganmu akan dimanjakan oleh areal perbukitan hijau, yang didominasi oleh hutan pinus. Udara di sana juga masih segar dan terasa menyejukkan, karena jauh dari polusi kendaraan atau pun pabrik, sehingga sangat cocok bagi warga perkotaan yang membutuh tempat rekreasi yang nyaman. Berkunjung ke Bukit Mawar juga kurang lengkap, tanpa mengabadikan setiap momen dalam jepretan kamera. Oh ya, di sana juga terdapat berbagai spot foto yang kekinian, dan tentunya sangat instagramable. Terdapat pula kebun bunga mawar, walau pun jumlahnya belum terlalu banyak, tapi cocok untuk menjadi latar belakang foto terbaikmu.

Menjelajah Hutan Pinus

Untuk kamu yang berjiwa petualang, menjelajah rimbunnya hutan pinus juga bisa menjadi pilihan. Ada dua pilihan untuk menjelajah hutan pinus di sekitar Bukit Mawar, pertama dan tentunya yang paling murah adalah dengan berjalan kaki, dan yang kedua dengan menyewa motor trail. Di dalam hutan pinus, kamu akan disuguhi suasana yang sangat sejuk, sekaligus memberikan kesan yang damai. Masih di sekitar hutan pinus, para pengunjung juga bisa mencoba wahana flying fox, yang sangat menguji adrenalin. Bagaimana, apakah kamu tertarik?

Susur Sungai Tabuk

Sumber: Instagram @qie_sovea

Puas menjelajah hutan pinus, kini saatnya kamu bersenang-senang di Sungai Tabuk, yang berada di Desa Kiram Bawah, masih satu lokasi dengan Bukit Mawar. Menariknya, kamu bisa menyusuri Sungai Tabuk dengan menggunakan bamboo rafting, yaitu sebuah sampan yang terbuat dari potongan pohon bamboo yang diikat. Tak perlu khawatir, karena dalam bamboo rafting kamu bisa ditemani oleh sang pemandu wisata.

Fasilitas di Bukit Mawar

Sumber: Instagram @qie_sovea

Fasilitas di sana bisa dibilang sudah cukup lengkap, yang mana para pengunjung bisa dengan mudah menemukan toilet atau pun tempat bersantai. Ada pula kolam renang, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berenang sembari merasakan kesegaran alam. Hanya saja di sekitar Bukit Mawar masih belum banyak ditemui kios-kios yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, atau pun yang menjual pernak-pernik khas Kota Banjar. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke Bukit Mawar, ada baiknya kamu telah mempersiapkan perbekalan dari rumah.

Sumber: Instagram @qie_sovea

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, telah disediakan pula villa dengan harga sewa yang cukup terjangkau. Bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan, bisa juga menyewa peralatan camping untuk mendirikan tenda di Bukit Mawar. Walau pun sederhana, berkemah di Bukit Mawar akan memberikan kesan tersendiri yang tak akan terlupakan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…