in

Bundaran Pancasila, Wisata Murah Meriah di Kotawaringin

Sumber: Instagram@yosuasancaka

Mungkin bagi sebagian besar pemikiran orang, Kalimantan hanyalah pulau yang didominasi oleh hutan lebat khas negara tropis, atau mungkin pulau yang akan menjadi wilayah ibu kota baru Indonesia. Ya, memang seperti itu lah kondisi Kalimantan saat ini, walau pun secara perlahan luas hutan mulai berkurang drastis setiap tahun, akibat pembukaan lahan dan illegal loging. Tidak banyak yang tahu soal destinasi wisata di Kalimantan, walau pun sebenarnya di sana juga terdapat berbagai tempat yang cukup menawan dan menarik untuk dikunjungi, seperti Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Danau Sentarum, Bukit Kelam, Taman Nasional Tanjung Putting, Danau Labuan Cermin, hingga Pantai Melawi.

Ngomong-ngomong soal Kalimantan, tepatnya Kalimantan Tengah, terdapat sebuah kabupaten bernama Kotawaringin Barat, yang memiliki cukup banyak destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur keluarga. Salah satunya adalah Bundaran Pancasila, destinasi wisata murah meriah yang mulai terkenal di kalangan milenial. Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana.

Lokasi Bundaran Pancasila

Sumber: Instagram @earband

Bundaran Pancasila terletak di pusat Kotawaringin Barat, lebih tepatnya di Madurejo, Kecamatan Arut Selatan. Lokasinya yang cukup strategis membuat Bundaran Pancasila tidak pernah sepi pengunjung, baik itu di hari kerja atau pun hari libur. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bundaran Pancasila tidak perlu khawatir soal akses, lokasinya yang berada di tengah kota membuatnya mudah dijangkau dari berbagai penjuru, menggunakan berbagai jenis kendaraan atau pun angkutan umum.

Asal Usul Nama Bundaran Pancasila

Sumber: Instagram @rkevin_ramdhani

Dinamakan Bundaran Pancasila, karena tepat di tengah-tengah simpang lima jalan terdapat sebuah tugu berwarna putih yang menjulang tinggi, yang di mana puncaknya terdapat patung burung garuda dengan tameng lima sila Pancasila, yang menjadi dasar negara Indonesia. Di sekitar tugu juga terdapat aneka tanaman yang ditata rapi sedemikian rupa.

Lebih Mempesona dengan Taman Kota

Sumber: Instagram @arista.aryo

Daya Tarik Bundaran Pancasila semakin kuat, setelah pemerintah setempat membangun taman kota dengan tumbuhan dan bunga yang berwarna-warni. Taman kota tersebut juga bisa menjadi ruang terbuka hijau bagi warga Kotawaringin Barat, terutama masyarakat Pangkalan Bun. Pesona Bundaran Pancasila dan taman kota membuat tempat tersebut sering kali menjadi pusat kegiatan, entah itu kegiatan pemerintah, atau pun kegiatan sosial dan kemasyarakatan lainnya, bahkan tak jarang panggung artis ibu kota juga digelar di sekitar tempat tersebut. Pokoknya banyak kegiatan seru di Bundaran Pancasila!

Kemudian di akhir pekan, kawasan Bundaran Pancasila juga diadakan Car Free Day, yang bisa menjadi hiburan tersendiri dan tempat jogging bagi warga kota dengan segala kepadatan aktivitasnya. Selain itu, di sekitar Taman Kota juga terdapat berbagai permainan anak-anak, sehingga cocok untuk menjadi tempat berlibur keluarga. Fasilitas olahraga gratis juga tersedia di sekitar taman kota, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Di tengah-tengah taman juga terdapat monumen pesawat tempur, karena Pangkalan Bun sendiri lokasinya berdekatan dengan Lanud Militer Iskandar.

Malam yang Manis di Bundaran Pancasila

Sumber: INstagram @pramudya_jaka

Geliat kehidupan di Bundaran Pancasila tidak hanya terjadi saat matahari terbangun, ketika malam pun tempat yang satu ini tidak pernah beristirahat. Bahkan kawasan Bundaran Pancasila lebih ramai saat malam hari, yang mana di sana terdapat banyak para penjual makanan, layaknya kawasan wisata kuliner pada umumnya. Berbagai macam jajanan, makanan, dan minuman dengan harga yang ramah dikantong banyak tersedia di sana. Menyantap jajanan lezat, sembari menikmati suasana malam di Bundaran Pancasila akan menjadi aktivitas yang menarik, khususnya di malam minggu. Ditambah lagi angin di sekitar lokasi yang bertiup sepoi-sepoi, membuat suasana semakin syahdu.

Sumber: Photo by Syakhri Yanto

Pesona malam Bundaran Pancasila akan semakin menjadi-jadi, setelah dibangun air mancur dengan pencahayaan yang berwarna-warni. Biasanya banyak anak-anak kecil yang memanfaatkan air mancur tersebut untuk sekedar basah-basahan bermain air.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menghabiskan hari liburmu di Bundaran Pancasila? Walau pun murah meriah, namun kamu tidak akan dikecewakan oleh pesona dan daya tarik dari Bundaran Pancasila. Ingat, selalu jaga kebersihan di mana pun kaki kamu berpijak!

Selamat Berlibur!!!