OUR NETWORK

Bukit Pangkuan, Bukit Cantik yang Menyimpan Cerita Memilukan

Pulau Belitung memang menawan, banyak keindahan alam yang bisa kamu temukan di pulau yang satu ini. Entah itu pantai yang unik berhiaskan batu granit raksasa, air terjun yang cantik, danau, hingga petbukitan yang menawan pun bisa kamu jumpai di Pulau Belitung. Jadi tidak perlu bingung untuk menghabiskan waktu di Belitung, karena kamu hanya tinggal pilih destinasi wisata alam sesuai dengan keinginanmu.

Sumber: Instagram @rezkiputranugraha

Jika ingin berwisata alam sambil melatih adrenalin, Bukit Pangkuan bisa menjadi opsi. Meskipun namanya belum dikenal luas, namun dijamin kamu tidak akan pernah menyesal berkunjung ke Bukit Pangkuan.

Lokasi Bukit Pangkuan

Sumber: Instagram@verdiansyah315

Menurut informasi, Bukit Pangkuan berada di Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Sampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Jika datang dari ibu kota Kabupaten Belitung Timur, para pengunjung harus menempuh perjalanan selama 50 menit dengan jarak tempuh sekitar 40 km untuk bisa sampai di Bukit Pangkuan. Sementara jika datang dari Kota Tanjung Pandan jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 52 km dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Asal Usul Bukit Pangkuan

Setelah sampai di Desa Mentawak, jangan malu bertanya kepada penduduk sekitar tentang lokasi Bukit Pangkuan. Jika didengar secara sekilas nama bukit ini memang cukup unik, yah ‘Bukit Pangkuan’. Namun siapa sangka dibalik nama tersebut tersimpan cerita yang cukup memilukan. Konon pada zaman dahulu ada sepasang kekasih yang melarikan diri di bukit tersebut karena hubungannya tidak direstui. Ketika berada di atas bukit, sang wanita meninggal tepat di pangkuan kekasihnya. Karena kejadian tersebut, tempat cantik yang satu ini dinamakan sebagai Bukit Pangkuan.

Daya Tarik Bukit Pangkuan

Sumber: Instagram@evyprilianasusanti

Meskipun menyimpan cerita yang cukup memilukan, namun berkunjung ke Bukit Pangkuan justru akan membuatmu merasa bahagia. Karena di sana kamu akan disuguhi pemandangan alam perbukitan yang cukup menawan ditemani oleh udara sejuk nan menyegarkan. Jika kamu melemparkan pandangan ke sebelah timur, kamu akan bisa melihat dengan jelas keindahan dari pegunungan di sekitarnya dan juga Danau Parit. Sementara di sebelah barat akan nampak pesona dari Gunung Tajam yang berdiri kokoh diselimuti oleh hutan yang lebat. Suasana di Bukit Pangkuan juga semakin terlihat asri dengan keberadaan taman-taman yang ditata sedemikian rupa ditambah dengan gazebo.

Sumber: Instagra, @florencia_wen

Tidak hanya itu, di Bukit Pangkuan juga terdapat beragam permainan yang bisa memacu adrenalin, seperti flying fox, ATV, trampolin, tali tinggi, hingga ayunan raksasa. Melihat suasana dan permainan yang ada, bisa dikatakan Bukit Pangkuan cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Kapan lagi bisa bermain outbond sambil menikmati pemandangan alam khas perbukitan hanya dalam satu kawasan. Usai lelah bermain outbond, para pengunjung juga bisa memanfaatkan kolam renang yang ada di Bukit Pangkuan. Namun jangan terkejut jika air kolam lumayan dingin, karena memang lokasi bukit ini sendiri berada pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Yang Bisa Kamu Lakukan di Bukit Pangkuan

Sumber: Instagram@bukit.pangkuan

Melihat banyaknya wahana, tentu kamu harus mencobanya satu persatu untuk memacu adrenalin. Untuk kamu yang berjiwa petualang tentu saja harus mencoba haigrope dengan 12 lintasan yang cukup menantang di ketinggian 15 meter. Pingin main ayunan? Nah kamu pun harus mencoba ayunan raksasa, yang di mana kamu akan diayunkan dari ketinggian sekitar 15 meter dari permukaan tanah. Memanfaatkan landscape yang cantik, berfoto ria atau selfie juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di Bukit Pangkuan.

Fasilitas di Bukit Pangkuan

Selain memiliki banyak wahana, Bukit Pangkuan juga memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Karena pihak pengelola sudah menyiapkan lahan parkir yang luas, toilet, kamar mandi, dan tempat ibadah yang juga cukup bersih. Di sana pun terdapat banyak warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan yang bisa menjadi teman untuk menghabiskan waktu di Bukit Pangkuan.

Harga Tiket Masuk dan Permainan di Bukit Pangkuan

Untuk bisa menikmati keindahan dari Bukit Pangkuan, para pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar 8 ribu rupiah per orang. Sementara untuk bisa mencoba berbagai wahana di sana, para pengunjung masih harus membayar biaya tambahan sebesar 20 hingga 35 ribu per wahana.

Comments

Loading...