OUR NETWORK

Gurun Pelawan, Padang Pasir di Tengah Rimbunnya Bangka Belitung

Tidak akan pernah ada habisnya membahas keindahan alam Bangka Belitung. Saking banyaknya wisata alam yang menarik, kamu pun dijamin bakal kebingungan untuk menentukan destinasi wisata ketika berkunjung ke provinsi yang beribu kota di Pangkal Pinang tersebut. Karena destinasi wisata alam di Bangka Belitung mayoritas memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya. Tentu kita sudah tahu bagaimana keunikan pantai di Bangka Belitung yang mayoritas dihiasi oleh bongkahan batu granit raksasa. Kini ada lagi destinasi wisata unik yang bernama Gurun Pelawan.

Tapi apakah memang ada gurun di Indonesia? Sebuah pertanyaan yang pasti akan terbersit di benakmu ketika pertama kali mendengar nama Gurun Pelawan. Percaya lah, berada di sana akan membuatmu seolah-olah berada di tengah-tengah gurun yang tandus khas Timur Tengah. Pokoknya unik banget tempat wisata yang satu ini.

Lokasi Gurun Pelawan

Sumber: Instagram@ericdecasia_

Lokasi Gurun Pelawan berada di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Cukup jauh memang dari bandara, karena dari sana kamu masih harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 50 menit untuk bisa sampai di Gurun Pelawan. Setelah keluar dari area bandara, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju ke Jl. Pulau Pelepas kemudian belok kiri menuju Jalan Minfo. Hingga sampai perempatan kamu harus mengambil arah menuju ke Jalan Pangkal Pinang – Namang hingga akhirnya menemukan petunjuk menuju ke Gurun Pelawan.

Untuk diketahui jika menggunakan fasilitas Google Maps untuk menuju ke Gurun Pelawan, para pengunjung biasanya akan diarahkan melalui rute yang memutar sehingga akan memakan waktu perjalanan yang lebih jauh. Jalan yang dilalui juga kurang bagus dan bergelombang. Oleh karena itu apabila memang membutuhkan bantuan Google Maps, ada baiknya arahkan tujuanmu ke Hutan Pelawan agar tidak memutar. Setelah sampai di Hutan Pelawan kamu hanya perlu lurus terus hingga kira-kira 800 meter untuk sampai di Gurun Pelawan.

Sejarah Terbentuknya Gurun Pelawan

Sumber: Instagram@bang_harlen

Meskipun dinamakan dengan ‘Gurun Pelawan’, namun tempat yang satu ini tidak benar-benar sebuah gurun pasir seperti yang berada di Timur Tengah. Karena pada awalnya tempat ini adalah bekas lokasi tambang inkonvensional di Namang, yang kemudian ditinggalkan begitu saja setelah semua kekayaan mineralnya dikeruk habis. Seiring berjalannya waktu dan dikarenakan proses alam, bekas lokasi tambang itu kemudian bertransformasi membentuk sebuah gurun yang cukup cantik dan eksotis.

Daya Tarik Gurun Pelawan

Sumber: Instagram@caswanassegaf

Ketika pertama kali tiba di Gurun Pelawan, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan berupa hamparan daratan luas dengan bentuk yang menyerupai gurun ditambah dengan beberapa danau kecil dengan air yang jernih di sekitarnya. Terdapat beberapa gundukan pasir bercampur dengan tanah liat yang sudah mengeras dan membentuk bukit-bukit yang cukup unik sehingga menambah kesan eksotis pemandangan. Karena bercampur dengan tanah liat, gundukan-gundukan tersebut berwarna merah kecoklatan yang membuatnya terlihat semakin cantik.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum ke Gurun Pelawan

Sumber: Instagram@viexn

Banyaknya landscape yang menawan di Gurun Pelawan membuatmu wajib menyiapkan memori penyimpanan yang besar agar bisa menampung semua foto-foto terbaikmu. Selain itu juga persiapkan kaca mata hitam, topi, atau pun payung ketika hendak berkunjung ke Gurun Pelawan. Karena layaknya gurun pada umumnya, cuaca di Gurun Pelawan juga sangat terik terlebih ketika di musim kemarau. Menggunakan sunblock juga bisa menjadi pilihan untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar terik matahari.

Fasilitas di Gurun Pelawan

Sumber: Instagram@mjmtourtravel

Meskipun memiliki pemandangan yang cukup cantik, namun fasilitas di Gurun Pelawan bisa dibilang kurang memadai. Hal yang harus dimaklumi karena memang destinasi wisata yang satu ini belum dikelola secara resmi. Kamu juga tidak akan menemukan pedagang makanan di sekitar Gurun Pelawan, sehingga mengharuskanmu untuk mempersiapkan semua perbekalan dari rumah.

Harga Tiket Masuk Gurun Pelawan

Karena belum dikelola, para pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk berkunjung ke Gurun Pelawan. Mereka hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan bermotor saja.
Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Gurun Pelawan? Kapan lagi main ke gurun di tengah-tengah hutan rimbun di Bangka Belitung.

Comments

Loading...