OUR NETWORK

Rumah Jendela Inspirasi, Tempat Wisata Unik di Bangka Belitung

Bangka Belitung, provinsi yang dahulu hanya dikenal sebagai penghasil timah kini mulai bertransformasi sebagai salah satu daerah dengan potensi wisata yang cukup besar. Hal ini didukung pula oleh keindahan alam Bangka Belitung yang memang sangat menawan, deretan pantai yang unik berhiaskan bongkahan batu granit raksasa dan puluhan pulau yang eksotis dengan air jernih seakan menjadi perhiasan utama bagi provinsi yang beribu kota di Pangkal Pinang tersebut. Air terjun yang cantik dengan suasana alam yang masih asri nan damai juga bisa dengan mudah kamu temukan di Bangka Belitung.

Tidak hanya itu, di Bangka Belitung juga memiliki banyak bangunan unik yang sangat ikonik. Meskipun sederhana bangunan-bangunan ini tetap memiliki daya tarik tersendiri karena keunikannya tersebut, salah satunya adalah Rumah Jendela Inspirasi. Berkunjung ke Rumah Jendela Inspirasi akan memberikanmu kesan yang berbeda terhadap Bangka Belitung.

Lokasi Rumah Jendela Inspirasi

Sumber: www.len-diary.com

Lokasi bangunan unik ini tak jauh dari Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang atau lebih tepatnya secara administratif berada di Jalan Haji Romawi Latief, Kacang Pedang, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Dari Alun-Alun Taman Merdeka kamu hanya perlu menempuh waktu perjalanan selama 5 menit dengan jarak kurang lebih 5 km untuk bisa sampai di Rumah Jendela Inspirasi.

Pesona Rumah Jendela Inspirasi

Sumber: www.len-diary.com

Rumah berlantai tiga ini sendiri dibangun dengan arsitektur yang cukup unik, di mana terdapat banyak jendela di lantai yang kedua dengan cat yang berwarna-warni. Saking banyaknya jendela yang terdapat di Rumah Jendela Inspirasi, banyak yang mengatakan bahwa bangunan dengan luas tanah sekitar 400 meter persegi itu juga disebut dengan Rumah 1000 Jendela. Rumah ini sebenarnya milik pribadi Bapak Rasio Ridho Sani selaku Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutana untuk tujuan pengembangan edukasi, seni, serta sosial budaya. Hanya saja beliau lebih sering tinggal di Jakarta yang kemudian membuat rumah ini dibuka untuk dijadikan sebagai wisata umum.

Sumber: Instagram@dita_belitong

Hal pertama yang ditemukan para pengunjung ketika pertama kali memasuki Rumah Jendela Inspirasi adalah keberadaan café yang terletak di lantai pertama. Dekorasi cafenya sendiri sangat unik dan terlihat begitu nyaman. Tidak hanya itu, masih di lantai pertama para pengunjung juga bisa melihat berbagai pajangan objek seni yang bernilai cukup tinggi. Mulai dari peralatan musik, lukisan yang menggantung di dinding, sepeda onthel, hingga barang-barang kuno khas Jawa bisa dilihat para pengunjung di lantai pertama.

Sumber: Instagram@maria_soebroto

Kemudian ketika memasuki lantai kedua, para pengunjung baru akan menemukan ruang perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup melimpah. Berbagai buku tentang ilmu pengetahuan hingga novel pun tersedia di sana, yang disusun sangat rapi di rak-rak buku. Di lantai dua inilah para pengunjung juga akan melihat banyak jendela-jendela yang dicat warna-warni. Kemudian ada juga grafity yang menjadi penghias di sebagian dinding di lantai dua.

Sumber: Instagram@elsaoktaviani1015

Di lantai ketiga yang merupakan rooftop para pengunjung akan menemukan ruangan yang sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Para pengunjung pun bisa sersantai sembari menikmati pemandangan di luar bangunan. Selain itu masih banyak juga sudut-sudut yang menarik dari Rumah Jendela Inspirasi, yang tentu saja akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Aktivitas di Rumah Jendela Inspirasi

Sumber: Instagram@doryntanmn

Melihat banyaknya sudut bangunan yang unik, berfoto di Rumah Jendela Inspirasi adalah sebuah keharusan. Oleh sebab itu persiapkan ruang penyimpanan yang besar sebelum berkunjung ke Rumah Jendela Inspirasi. Untuk yang ingin nongkrong di café juga bisa, akan tetapi para pengunjung hanya bisa membeli minumannya pada siang hari karena barista baru bertugas sekitar jam 1 siang. Membaca buku di perpus juga boleh, lumayan kan liburan sambil menambah wawasan.

Tiket Masuk Rumah Jendela Inspirasi

Jangan khawatir soal tiket masuk, karena untuk bisa menikmati keindahan setiap sudut dari Rumah Jendela Inspirasi para pengunjung hanya akan dipatok biaya masuk sebesar 3 ribu rupiah. Sangat murah bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera siapkan hari liburmu untuk berkunjung ke destinasi wisata unik yang satu ini. Selamat berlibur!

Comments

Loading...