Camping Ground Sidempul Yang Awalnya Cuma Sebuah Jalur Pendakian

Banyak sekali tempat wisata yang ditemukan secara tidak sengaja akan tetapi pada akhirnya menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup populer seperti destinasi wisata yang akan kami bahas yang satu ini. Camping Ground Sidempul yang cukup dikenal sekarang ini merupakan sebuah destinasi wisata yang awalnya merupakan jalur pendakian yang sering dilewati untuk menuju puncak Sindoro.

Kemudian jalur pendakian ini diubah fungsinya menjadi sebuah camping ground yang kemudian menjadi sebuah camping ground yang cukup digemari oleh para pendaki dan bahkan mereka yang bukan seorang pendaki. Camping Ground Sidempul ini sendiri dikelola oleh Komunitas Pecinta Alam Sindoro atau juga yang lebih dikenal dengan Kompas yang mengubah fungsi dari pos 1 menjadi sebuah destinasi wisata.

Pada ulasan kali ini kami akan membahas segala sesuatunya yang perlu kalian ketahui mengenai Camping Ground Sidempul yang mungkin suatu hari kalian memutuskan untuk menghabiskan waktu akhir pekan kalian di sana. Untuk itu ikuti dan simak terus ulasan kami di bawah ini.

Lokasi Dan Alamat Camping Ground Sidempul

Untuk kalian yang memang ingin menghabiskan waktu akhir pekan kalian di camping ground ini dapat langsung mengunjungi camping ground ini yang berada di alamat Desa Banaran, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Lokasi dari camping ground ini sendiri berada di Perhutani setempat dan untuk mengaksesnya sendiri cukup mudah dan kalian bisa mencapai lokasi ini dengan menggunakan beberapa jalur, yang antara lain :

Dari Arah Temanggung – Magelang – Semarang

Jika kalian melalui jalur ini maka kalian dapat mengambil arah jalan menuju ke Parakan hingga kalian sampai pada Pasar Parakan kalian bisa mengambil arah menuju Bansari dan setelah sampai di arah Perempatan Desa Bansari lanjutkan ke Gapura Desa Bansari hingga menuju ke Camping Ground Sidempul.

Dari Arah Kledung – Wonosobo – Purwokerto

Jika kalian menuju lokasi camping ground dari arah Kledung – Wonosobo – Purwokerto kalian dapat mengambil arah Parakan dan sesampainya di daerah Pasar Darurat kalian kemudian mengambil jalur kiri menuju ke arah Bansari. Setelah itu lanjutkan perjalanan kalian ke Desa Bansari hingga sampai ke Gapura Desa Bansari yang kemudian dapat kalian lanjutkan ke arah camping ground.

Dari Arah Ngadirejo – Sukorejo – Kendal

Dan jika kalian yang menuju ke lokasi camping ground menggunakan jalur ini maka kalian dapat mengambil arah menuju ke Klimbungan setelah sampai di pertigaan kalian dapat mengambil arah kanan untuk menuju arah Sengon. Kalian dapat melaju terus hingga sampai ke daerah perempatan Sengon dan ambil arah kiri untuk menuju ke arah Bansari terus ke arah Desa Bansari dan setelah itu kalian lanjutkan perjalanan kalian ke Gapura Desa Bansari dan akhirnya Camping Ground Sidempul.

Fasilitas Dan Kegiatan Yang Disediakan Oleh Camping Ground Sidempul

Sumber : Google Maps @YUDA ARDIAN

Fasilitas yang ada di Camping Ground Sidempul ini sudah terhitung cukup lengkap jika kalian coba bandingkan dengan camping ground lainnya yang menawarkan kalian dengan harga yang cukup terjangkau. Kalian akan mendapatkan fasilitas seperti lahan parkir yang cukup luas karena kalian bisa mencapai lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi sehingga tidak perlu capek untuk mendaki.

Sumber Gambar: Google Maps @Sidempul Camping Ground Bansari

Tidak hanya itu kalian juga akan melihat sebuah sumber mata air yang ukurannya cukup besar dan juga sebuah Mushola yang memiliki desain yang cukup unik untuk digunakan para teman – teman kita yang Muslim menunaikan ibadah mereka. Mushola ini sendiri didesain dengan bentuk Dokar yang katanya merupakan pemberian seorang donatur sehingga dapat digunakan oleh kalian.

Disini juga banyak sekali spot – spot selfie yang terbuat dari bambu yang dimana cukup umum kalian temukan di destinasi wisata yang ada di daerah Temanggung sehingga membuat spot – spot selfie ini sendiri menjadi tidak unik. Padahal apabila camping ground ini memiliki spot selfie unik yang hanya dimiliki oleh camping ground ini maka akan membuat destinasi wisata ini memiliki nilai jual tambahan.

Buat kalian yang memang kebetulan ada di Temanggung rasanya tidak ada salahnya untuk mengunjungi Camping Ground Sidempul apalagi kalian yang memang menyenangi kegiatan mendaki dan juga berkemah.

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.