OUR NETWORK

Cerita dari Air Terjun Kopea yang Misterius

Source Image: rhisdhan.blogspot.com

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki bentang alam yang mempesona dan layak untuk dinikmati, sekaligus dijaga kelestariannya. Tidak terkecuali di Sulawesi Tenggara, sebuah provinsi yang juga dianugrahi dengan berbagai keindahan alam, mulai dari pantai, air terjun, hingga pegunungan yang menyejukkan mata. Nah, apabila kamu berkunjung ke Kabupaten Konawe Kepulauan, jangan lupa untuk berkunjung ke Air Terjun Kopea. Tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang menawan, Air Terjun Kopea juga menyimpan cerita yang misterius. Lokasinya yang berada di kedalaman hutan semakin menambah kesan misterius dari air terjun yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Kopea

Secara administratif, Air Terjun Kopea terletak di Desa Lawey, Kecamatan Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara. Jaraknya kira-kira sekitar 33 km atau dengan waktu tempuh 45 menit hingga 1 jam perjalanan dari ibu kota Kabupaten Konawe Kepulauan, Langara. Apabila datang dari ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Kendari, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal laut dengan tiket seharga 40 ribu rupiah untuk 2 jam perjalanan laut, setelah sebelumnya menggunakan perjalanan darat menuju ke pelabuhan.

Sumber: rhisdhan.blogspot.com

Namun, untuk menuju ke Air Terjun Kopea para pengunjung harus melalui medan yang cukup terjal sejauh kurang lebih 7 km, dengan medan berbatu dan memiliki derajat kemiringan yang cukup lumayan. Oleh sebab itu, tidak bisa sembarang wisatawan yang bisa berkunjung ke Air Terjun Kopea, kecuali bagi para pecinta alam yang sudah terbiasa menghadapi medan terjal.

Cerita Misteri Air Terjun Kopea

Sumber: rhisdhan.blogspot.com

Menurut cerita yang beredar, Desa Lawey adalah sebuah desa terpencil di pedalaman hutan, yang dipercaya menjadi desa tertua di Pulau Wawonii. Masyarakat Desa Lawey pun sebagian besar memiliki kehidupan yang sederhana, dan berkebun adalah mata pencaharian utama penduduknya. Masyarakatnya pun hidup rukun, terlebih menurut kepercayaan penduduk di Desa Lawey, Air Terjun Kopea debit airnya sering tiba-tiba membesar apabila ada seseorang yang membuat keributan di sekitarnya.

Pesona Air Terjun Kopea

Sumber: rhisdhan.blogspot.com

Lokasinya yang jauh di kedalaman hutan membuat Air Terjun Kopea memiliki alam yang masih sangat alami, jauh dari sentuhan tangan manusia. Hal itu terbukti dari keberadaan batang pohon tumbang yang dibiarkan begitu saja di sekitar lokasi. Kemudian, di Air Terjun Kopea kamu juga akan mendapati udara yang masih sejuk, lengkap dengan suara serangga hutan dan burung-burung yang berkicau saling bersahutan. Air di sana juga masih sangat jernih dan terasa menyegarkan, karena berasal langsung dari sumber mata air di dalam hutan.

Sumber: rhisdhan.blogspot.com

Air Terjun Kopea sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 35 m, dengan tebing yang berwarna coklat kehitaman. Air terjun ini tidak jatuh secara bebas, melainkan jatuh secara perlahan setelah melewati tebing yang berundak. Suara gemericik airnya pun membuat suasana menjadi lebih syahdu, layaknya musik alami yang tidak pernah usang dimakan oleh waktu. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang sangat menyegarkan, dan selalu menggoda para pengunjung untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Aktivitas Seru di Air Terjun Kopea

Sumber: Detik Travel

Keberadaan kolam alami di Air Terjun Kopea membuat berlibur ke tempat ini belum lengkap apabila tidak coba berenang di dalamnya. Bagi mereka yang bernyali tinggi, lompat dari atas air terjun ke kolam akan menjadi aktivitas yang cukup menantang. Walau pun demikian, pada kenyataannya banyak wisatawan yang justru memilih untuk menikmati Air Terjun Kopea dengan cara melompat dari atas ketinggian ke kolam.

Sumber: rhisdhan.blogspot.com

Apabila tidak ingin basah-basahan, duduk bersantai di atas bebatuan juga bisa menjadi pilihan yang tepat di Air Terjun Kopea. Tidak jauh dari air terjun juga terdapat aliran sungai dengan dihiasi bebatuan raksasa yang berwarna coklat kehitaman.

Fasilitas di Air Terjun Kopea

Lokasinya yang berada di kedalaman hutan membuat Air Terjun Kopea tidak memiliki fasilitas umum untuk menunjang kunjungan wisatawan. Di sana tidak akan ditemukan toilet atau pun warung yang menjual aneka minuman dan makanan. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke Air Terjun Kopea pastikan kamu telah membawa perbekalan yang cukup, terutama air minum untuk menemanimu selama trekking.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…