in

Pantai Kalihiang, Eksotisme yang Tersembunyi di Balik Pulau Siau

Source Image: mapcarta.com

Indonesia memiliki banyak bentang alam yang sangat menawan, dan bahkan di antaranya tidak dimiliki oleh negara lainnya. Di Sulawesi, Bumi Pertiwi memiliki Taman Laut Olele dan Taman Laut Bunaken, yang menghadirkan surga tersembunyi di bawah laut, dengan terumbu karang dan ikan-ikan lucu yang berwarna-warni. Kemudian ada pula Gunung Api Bawah Laut Kawio, sebuah keajaiban alam yang tertancap di dasar lautan Sulawesi. Selain itu, Pulau Celebes juga memiliki deretan pantai eksotis yang tercecer di hampir setiap daerah, termasuk di Sulawesi Utara.

Bagi kamu yang berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan lupa untuk mampir di Pantai Kalihiang, yang disebut sebagai pantai tersembunyi di Kepulauan Sitaro. Ketenangan dan suasana yang damai mutlak akan kamu temukan di pantai yang satu ini.

Lokasi Pantai Kalihiang

Secara geografis Pantai Kalihiang berada di Pulau Siau lepas Laut Sulawesi. Sementara itu, ditinjau secara administratif Pantai Kalihiang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sitimsel, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau yang biasa disebut Sitaro, Sulawesi Utara. Dari pusat Kabupaten Sitaro, Ondong, jarak menuju ke Pantai Kalihiang masih sekitar 11 km dengan waktu perjalanan selama 30 hingga 45 menit. Sarana dan prasarana transportasi di Kabupaten Sitaro belum terlalu memadai, karena memang lokasinya yang jauh terpencil di tengah Laut Sulawesi. Oleh sebab itu, ada baiknya menggunakan kendaraan bermotor roda dua untuk menuju ke Pantai Kalihiang. Perjalanan menuju ke Pantai Kalihiang akan lebih sulit apabila kamu datang dari ibu kota Sulawesi Utara, Manado, karena untuk menuju ke lokasi harus menumpangi kapal laut yang di mana jadwal keberangkatannya tidak setiap hari dan bergantung dengan kondisi cuaca.

Sekilas Tentang Pulau Siau

Sumbe: wikimedia.org

Pulau Siau terletak di tengah Laut Sulawesi, dengan titik koordinat 02o 45’ 00’ Lintang Utara dan 125o 23’ 59” Bujur Timur. Pulau ini menjadi bagian dari Kabupaten Sitaro, dan memiliki satu gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Karangetang. Keberadaan gunung api tersebut membuat Pulau Siau memiliki tanah yang cukup subur, karena terkena abu hasil letusan gunung di masa lalu. Selain itu, Pulau Siau juga memiliki taman bawah laut yang menawan, lengkap dengan terumbu karang yang tumbuh dengan sehat. Pantai-pantai di Pulau Siau juga memiliki pemandangan yang eksotis dan layak untuk dikunjungi.

Pantai Kalihiang

Sumber: Instagram @fitvirgin

Pantai Kalihiang, begitulah namanya, sebuah pantai berpasir putih yang memiliki laut berwarna biru bersih. Uniknya, pantai yang satu ini tidak memiliki hamparan pasir putih yang luas layaknya pantai pada umumnya, kira-kira panjangnya hanya 1 km. Namun, disitulah yang membuat Pantai Kalihiang terlihat begitu unik. Ditambah lagi dengan keberadaan deretan perbukitan hijau yang berdiri gagah di seberang pantai, membuat pesona di Pantai Kalihiang terlihat lebih cantik dan menawan.

Sumber: Instagram @priskagbrl

Di sekitar pantai ada beberapa pepohonan rimbun, yang bisa menjadi tempat berteduh bagi para pengunjung dari teriknya sinar matahari. Kemudian di bagian sudut-sudut pantai juga terdapat bebatuan berwarna hitam yang membuat Pantai Kalihiang terlihat semakin manis.

Aktivitas Menarik di Pantai Kalihiang

Sumber: Instagram @merrych.wong

Berlibur ke pantai kurang lengkap apabila tidak bermain air dan merasakan kesegarannya. Ombak di Pantai kalihiang juga tidak terlalu besar, karena memang lokasinya yang berada di sebuah teluk. Apabila tidak ingin basah-basahan, duduk bersantai di bawah pepohonan rindang di tepi pantai juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di Pantai Kalihiang. Namun sayang, di Pantai Kalihiang kamu tidak bisa mendirikan tenda untuk berkemah, karena hamparan pasir pantainya yang tidak terlalu luas, dan dibalik pantainya kamu hanya akan menemukan pepohonan besar yang rindang.

Penginapan di Pantai Kalihiang

Sumber: Instagram @tiger_wood

Namun, untuk kamu yang ingin menikmati pesona Pantai Kalihiang lebih lama, tidak perlu khawatir. Tidak jauh dari lokasi pantai, kamu bisa menemukan tempat penginapan yang nyaman, yaitu Kalea Beach Resort, dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang memuaskan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berlibur di Pantai Kalihiang? Langsung saja siapkan hari liburmu untuk bisa bersenag-senang di Pantai Kalihiang, sebuah pantai tersembunyi di Pulau Siau di lepas Laut Sulawesi.