OUR NETWORK

Goa Moliuano, Lubang di Perut Bumi yang Memiliki Air Terjun

Source Image: Instagram @jelajahsultra

Indonesia itu unik, sebuah negara yang memiliki begitu keanekaragaman dan dianugrahi dengan bentang alam yang sangat menawan. Tidak perlu jauh-jauh berlibur ke luar negeri, karena semua pesona alam yang kamu butuhkan telah tersedia di Bumi Pertiwi. Untuk kamu yang berada di Sulawesi Tenggara, di sana juga terdapat banyak tempat wisata alam yang menawan dan unik, salah satunya adalah Goa Moliuano.

Secara sekilas Goa Moliuano tidak jauh berbeda dengan goa pada umumnya. Namun, yang membuat goa ini unik adalah keberadaan air terjun di dalamnya. Kemudian stalagtit dan stalagmitnya juga masih aktif, sungguh luar biasa menawan.

Medan Berat Menuju ke Goa Moliuano

Sumber: ekspedisitenggara.com

Goa Moliuano berada di hulu Sungai Labeau, yang terletak di Desa Labeau, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara. Dari pusat Kabupaten Konawe Kepulauan, Langara, jarak menuju ke Desa Labeau sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan darat. Ada baiknya mengunjungi Desa Labeau dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua, karena akses jalan yang belum terlalu memadai. Sementara itu, apabila datang dari ibu kota Sulawesi Tenggara, Kendari, para wisatawan harus terlebih dahulu memacu kendaraan menuju ke pelabuhan, dan melanjutkan perjalanan dengan menumpangi KMP Bahteramas atau kapal Ferry menuju ke Pelabuhan Langara. Harga tiketnya sekitar 50 ribu rupiah dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 3 jam untuk sampai di Pelabuhan Langara.

Setibanya di Desa Labeau, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking menuju ke Goa Moliuano. Sepanjang perjalanan 15 menit pertama, kamu akan melewati areal persawahan dan perkebunan milik warga sekitar. Setelah itu, perjalananmu akan dilanjutkan dengan menyusuri Sungai Labeau dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Tidak perlu khawatir, karena Sungai Labeau tidak terlalu dalam sehingga aman untuk para wisatawan. Melihat rute yang harus ditempuh, menjadikan Goa Moliuano sangat cocok untuk dikunjungi bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta alam dan petualang.

Kondisi Goa Moliuano

Sumber: Instagram @jelajahsultra

Goa Moliuano memiliki mulut goa yang cukup besar, bahkan bisa terlihat dari kejauhan. Tidak ada semak belukar yang terlihat menutupi mulut goa, benar-benar bersih dan terlihat menawan. Di kanan dan kiri goa masih terdapat banyak pepohonan besar dengan daun yang rimbun, menandakan bahwa kondisi alam di sekitarnya masih sangat alami dan belum terjamah tangan-tangan usil manusia. Sementara itu, aliran Sungai Labeau yang menjadi teman selama perjalanan pun nampak bersumber dari mulut Goa Moliuano.

Goa Moliuano masih memiliki stalagtit dan stalagmit yang aktif, dan bisa bertambah panjang beberapa cm di setiap tahunnya. Namun, untuk bisa menikmati ornamen-ornamen di dalam goa, para pengunjung harus sedikit menggunakan otot dan keterampilan memanjat untuk bisa melewati bebatuan besar yang berada tepat di mulut Goa Moliuano.

Air Terjun di Dalam Goa

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daya tarik utama dari Goa Moliuano adalah keberadaan air terjun di dalamnya. Untuk menemukan air terjun tersebut, kamu harus masuk ke dalam goa kurang lebih hingga kedalaman 30 meter. Sesampainya di lokasi, kamu akan menemukan air terjun setinggi kurang lebih 10 meter, dengan air yang masih sangat jernih dan terasa menyegarkan. Aliran dari air terjun inilah yang menjadi hulu dari Sungai Labeau.

Rumah dari Kelelawar

Sumber: IndonesiaKaya.com

Tepat di sebelah kanan dan kiri air terjun, kamu akan menemukan ruangan yang cukup gelap. Nah, ruangan-ruangan itu lah yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Suara gemericik air terjun dan suara kelelawar akan senantiasa menemanimu di dalam Goa Moliuano. Oh ya, kondisi di dalam Goa Moliuano yang cukup gelap mengharuskanmu membawa senter atau sumber penerangan lainnya untuk bisa menikmati keindahannya.

Fasilitas di Goa Moliuano

Lokasinya yang berada di pedalaman hutan membuat Goa Moliuano tidak memiliki fasilitas pendukung di sekitarnya. Di sana kamu juga tidak akan menemukan toilet, yang sebenarnya menjadi fasilitas utama di tempat wisata alam. Tidak ada pula penginapan atau pun warung-warung sederhana yang menjual aneka minuman atau pun makanan ringan. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke Goa Moliuano pastikan kamu telah membawa perbekalan yang cukup.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…