OUR NETWORK

Curug Cikanteh, Curug Dengan Tiga Tingkatan yang Mempesona

 

Jawa Barat adalah Provinsi yang layak untuk kamu kunjungi. Banyak tempat wisata yang menarik dan eksotis disini. Tidak hanya menawan di mata tetapi, juga dihati. Salah satu tempat yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Curug Cikanteh yang pesonanya tidak ada yang bisa mengalahkan.

Sumber: Instagram @ridadae20

Objek wisata ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Konon katanya menjadi cikal bakal terbentuknya Pulau Jawa. Suasananya sangat asri dan menyenangkan, cocok bagi kamu yang ingin pergi dari kepenatan dunia untuk sekejap

Mengenal Curug Cikanteh

Sumber: Instagram @ridadae20

Curug Cikanteh sendiri menjadi air terjun yang cukup unik. Mempunyai 3 tingkatan dalam satu area. Dimana, yang paling bawah ada disebut sodong, kemudian naik ke atas disebut dengan Ngelai. Sementara, untuk yang paling atas para warga menyebutnya Cikanteh.

Tinggi dari tempat ini kurang lebih 60 meter. Cukup tinggi dan menghadirkan debit-debit air yang cukup deras dan mengesankan. Disarankan kamu tidak terlalu dekat ke air terjun ini, bisa-bisa badanmu basah kuyup karena terkena percikan air ini.

Fasilitas dan Keindahan Curug Cikanteh

Sumber: Instagram @syaiful631

Keindahan Curug Cikanteh memang bisa terlihat sejak dari awal sampai akhir. Dengan berbagai macam fasilitas umum yang sangat baik. Seperti, toilet dan musholla yang terawat dengan baik. Ada juga warung-warung kecil yang bisa kamu temui yang menyediakan berbagai macam minuman mulai dari kemasan air mineral. Ada lagi berbagai macam menu makanan yang bisa menjadi tenaga untuk bisa sampai ke atas.

Terlepas dari berbagai fasilitas yang ada, kamu bisa menikmati pesona kolam alami yang airnya dingin dan menyegarkan. Kamu bisa berendam dan berenang sepuasnya disini.

Sumber: Instagram @chepybennington

Banyak komunitas fotografer yang sering datang mengunjungi kawasan ini. Karena, panorama alamnya yang benar-benar mengesankan. Semua yang ada di depan matamu seperti, sebuah lukisan yang menjadi nyata. Menariknya, kamu tidak akan ditarik iuran atau tiket masuk. Kecuali, harga parkir kurang lebih Rp 3 ribu untuk kendaraan bermotor, bila kamu naik mobil akan ditarik harga Rp10 ribu.

Alamat Dan Cara Menuju Ke Sana

Sumber: Instagram @balibatraveling_33

Curug cikanteh terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kamu bisa mengunjungi kawasan ini selama 24 jam tetapi, disarankan jam 5 sore kamu sudah harus keluar dari kawasan ini Maklum saja, Curug Cikanteh masuk ke dalam hutan yang gelap. Sehingga, waktu malam tidak ada penerangan yang memadai untuk kamu berjalan. Oleh karena itu, pulanglah sebelum senja datang.

Sumber: curugcikanteh.business.site

Nah, menuju ke kawasan paling atas kamu harus menaklukkan bebatuan-bebatuan yang cukup besar dan juga sedikit berat. Kanan dan kirinya adalah jurang yang cukup menganga. Selain itu ada juga tanaman liar khas yang jarang kamu temui. Perjalanan dari area parkir menuju ke titik lokasi kurang lebih 2 jam tergantung seberapa cepat kamu berjalan.

Tips Trek Ke Curug Cikanteh

Sumber: Instagram @ayodolan

Bagi kamu yang ingin menuju ke sana gunakan sepatu yang nyaman. Karena, kamu harus melintas sungai yang memiliki arus cukup deras. Jadi, harus berhati-hati sekali agar tidak lecet dan terjatuh.

Siapkan obat-obatan dari rumah. Karena, akan banyak ranting yang bisa saja mengenai kulitmu sehingga berdarah. Perhatikan pula signal handphone kamu karena, sangat susah berada disini.

Sumber: Instagram @yoedy_s

Menikmati malam di kawasan ini memang sangat dianjurkan. Jadi, kamu bisa mendirikan tenda tepat didepan air terjun. Tetapi, kamu harus bawa sendiri dari rumah. Usahakan bawa selimut dan jaket tebal, karena saat malam hari udara disini sangat dingin. Kamu juga bisa membawa kayu untuk api unggun dan cobalah bangun sekitar pukul 2 pagi. Bila beruntung kamu bisa melihat pesona milky way yang mengesankan mata.

Kesimpulan

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah sampah. Dimana, diharapkan kamu bisa membuang sampah pada tempatnya. Jadi, bawalah turun ke bawah. Jang dibuang sembarangan karena, bisa merusak keasrian kawasan.

Menariknya, para pedagang di sini sudah peduli dengan lingkungan lho. Mereka juga turut menjaga kelestarian alam sekitar dengan membawa plastik besar untuk sampah.

Curug Cikanteh adalah salah satu dari sekian banyak pariwisata di Jawa Barat yang cukup mengesankan. Kamu wajib mengunjunginya walaupun, hanya satu kali seumur hidup. Jadi, sudah siap menjelajah kawasan ini?

Comments

Loading...