OUR NETWORK

Daftar Wisata Alam Pegunungan Bintang Paling Natural

Sumber Gambar: agolf.xyz

Indonesia timur yang sangat natural menjadikan tempat sempurna untuk traveling. Semua gambar yang diambil dari daerah Indonesia timur sangat eksotis dan natural. Sehingga tidak perlu menggunakan spesial natural untuk menghasilkan gambar yang sangat alami. Seperti hasil jepretan di tempat lainnya yang harus menggunakan spesial efek khusus supaya menghasilkan gambar yang natural perfect.

Puncak Mandala

Sumber: Instagram @shofyseptiana

Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua yang terletak di Pegunungan Bintang. Gunung ini juga mempunyai nama lain yaitu Julianatop. Nama tersebut digunakan pada masa kolonial Belanda. Gunung Mandala ini juga mempunyai suatu keunikan yang sangat jarang dijumpai di negara tropis, yaitu keberadaan salju.

Sumber: Instagram @bung_ucok

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat mustahil mempunyai daratan yang diselimuti salju. Namun hal tersebut terbantah dengan adanya puncak Mandala. Oleh karena itu, gunung ini sangat menyita perhatian bagi para pendaki. Sebelum memutuskan untuk menaklukkan puncak tertinggi kedua di Indonesia, harus mempersiapkan dana yang cukup. Sebab budget perjalanan menuju ke pegunungan bintang jauh lebih mahal dari pada perjalanan ke luar negeri. Selain persiapan fisik dan juga konsumsi yang cukup selama perjalanan.

Puncak Gunung Antares

Sumber: Instagram @wikipedia.indonesia

Daerah Papua mempunyai iklim yang sangat ekstrem, pasalnya ada beberapa daratan yang diselimuti salju. Keberadaan salju di negeri tropis sangat berbeda dengan negara yang pada dasarnya mempunyai iklim dingin yang hanya diselimuti salju selama beberapa bulan. Namun di daerah Papua salju sangat tidak mungkin untuk mencair. Karena panasnya musim kemarau tidak sanggup untuk mencairkan es. Sehingga kondisi cuaca di Indonesia sangat monoton dan tidak akan berubah. Di daerah pantai akan mengalami cuaca panas seutuhnya, dan sebaliknya di daerah pegunungan akan merasakan dingin yang terkadang bisa mencapai -0 derajat Celsius dan terkadang dihiasi salju. Karena faktor tersebut salah satu kondisi gunung terselimuti salju abadi, seperti Gunung Antares ataupun Cartensz.

Sumber: Instagram @beranjakdotcom

Gunung yang mempunyai tinggi sekitar ±3650 ini belum pernah dijamah oleh seorang pun, bahkan penduduk setempat. Perjalanan untuk mencapai puncak diperkirakan selama ±1 bulan. Hal ini mungkin dapat memicu motivasi untuk menjadi orang pertama yang menaklukkan puncak gunung Antares dengan salju abadi.

Sumber Air Panas Opatik

Daerah wisata ini masih berada di dalam satu kompleks dengan gunung Antares, sumber air panas opatik. Letak dari wisata ini tepat berada di kaki gunung Antares, tepatnya berada di kampung Mayuberi, distrik Ilaga Utara.

Sumber Gambar: news.detik.com

Pada mula sumber air panas sangat terpelosok dan tersembunyi dan tidak tersedia jalan yang menuju ke sumber air panas tersebut. Namun kini pemerintah daerah telah membuat jalan yang menuju ke tempat wisata tersebut, walaupun masih dengan kondisi seadanya. Maka dari itu waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata Opatik ketika musim kemarau. Sebab saat musim hujan jalanan akan penuh dengan air dan lumpur karena belum diaspal.

Dalam masyarakat setempat, telah muncul beberapa mitos bahwa sumber air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Walaupun belum terbukti secara ilmiah dan logika, mitos tersebut sangat dipercaya hingga kini. Sementara itu, sumber air panas Opatik mempunyai kandungan belerang yang cukup tinggi.

Kampung Wisata Mayuberi

Desa Mayuberi merupakan sebuah kampung yang masih mempertahankan adat dan istiadat Suku Dani. Letak kampung ini tidak jauh dari Sumber Air Panas Opatik. Dengan melakukan wisata budaya di kampung Mayuberi, dapat menyaksikan secara langsung kehidupan masyarakat setempat yang masih tergolong primitif.

Sumber Gambar: radartimikaonline.com

Setiap wisatawan yang berkunjung, akan disambut dengan ramah dan mereka akan langsung memperkenalkan adat istiadat khas Papua. Masyarakat setempat memang selalu menyediakan tempat atau homestay khusus bagi para wisatawan yang berkunjung. Dengan wisata budaya ini dapat merasakan sensasi kehidupan primitif yang masih hidup dengan cara berburu.

Eksplorasi Hutan Lumut Distrik Seram

Daerah Oksibil terdapat hamparan hutan luas yang masih sangat alami. Dalam hutan tersebut terdapat berbagai tumbuhan yang hidup dengan bebas. Bahkan dalam hutan tersebut banyak spesies tumbuhan langka yang tidak akan dijumpai di tempat lain.
Dari semua jenis tumbuhan langka yang ada, bunga anggrek hitam menjadi pusat perhatian. Sebab habitat bunga langka tersebut hanya dapat ditemukan di dalam hutan lumut distrik seram. Apalagi batang pepohonan diselimuti dengan lumut yang membuat kesan hutan sangat misterius.

Sungai Bawah Tanah Sibil

Keberadaan dari Sungai Bawah Tanah Sibil merupakan salah satu fenomena alam yang sangat langka. Sungai bawah tanah ini bukanlah merupakan sungai buatan, melainkan sungai alami tanpa campur tangan manusia. Sungai bawah tanah ini mengalir di sepanjang kota Oksibil.

Gua Sibil Buk

Kondisi dari Gua Sibil Bukk mempunyai panjang 2.313 meter dengan kedalaman 349 meter. Sementara tinggi gua ±50 meter dan lebar ±5 – 10 meter. Gua sibil buk tergolong gua yang jarang dieksplorasi, karena rute jalan menuju pegunungan bintang tergolong sulit dijangkau. Padahal gua ini merupakan tempat wisata caving terbaik karena masih sangat natural. Sayangnya gua ini belum dikelola dengan baik, maka dari itu masih mempunyai resiko tinggi terlebih lagi belum adanya akomodasi apapun untuk istirahat.

Mumi Papua

Sumber Gambar: bebaspedia.com

Pada dasarnya mumi Papua sama seperti mumi Mesir yang sangat disakralkan. Namun perbedaannya bentuk mumi Mesir dengan kondisi tubuh tegak, sedangkan di Papua dalam kondisi seperti berjongkok. Mumi tersebut sangat dilindungi dan harus meminta izin kepada kepala suku supaya dapat menyaksikan secara langsung mumi Papua.

Perkebunan Kopi Distrik Kiwirok

Sumber Gambar: Bukalapak

Kabupaten bintang yang terletak di dataran tinggi, membuat kondisi tanah memungkinkan untuk ditanam kopi. Kopi ini juga disebut dengan Kopi Kiwirok. Kopi ini termasuk ke dalam jenis kopi Arabica. Kelebihan dari Kopi Kiwirok dengan kopi lainnya terletak pada aroma kopi. Aroma Kopi Kiwirok sangat kuat namun lembut dan tidak terlalu menyengat. Kopi Kiwirok ini menjadi ciri khas dari pegunungan bintang dan telah dipasarkan secara online. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi kopi ini telah mempunyai situs resmi. Hal ini membuktikan kehidupan primitif di Papua juga turut serta dalam globalisasi Internet.

Puncak Jayawijaya / Cartensz Pyramid

Sumber Gamabar: gregmaud.com

Gunung ini menjadi salah satu kebanggaan dari pariwisata Indonesia, sebab gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua seAsia tenggara. Sementara peringkat gunung tertinggi pertama berada di Myanmar, yaitu Gunung Hkakabo.

Gunung yang mempunyai tinggi ±4884 meter di atas permukaan laut juga diselimuti salju abadi pada bagian puncaknya. Walaupun keberadaan gunung Jayawijaya merupakan kebanggaan, eksplorasi gunung ini tergolong cukup minim. Hal ini disebabkan cuaca yang sangat ekstream dengan suhu di bawah 0 derajat Cescius. Ketika berada di puncak, akan sering menjumpai hujan dan badai salju.

Selain itu jalur tracking sangat terjal dan mengerikan serta kadar oksigen yang cukup minim. Resiko tersesat pun sangat tinggi jika tidak didampingi dengan guide. Oleh karena itu persiapkan fisik yang matang sebelum menaklukkan puncak gunung Jayawijaya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…